Kamis, 24 September 2020


Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ )

Hari/tanggal : Kamis, 24 September 2020
Kelas : V
Tema 3 : Makanan Sehat
Subtema 2 : Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh
Pembelajaran :4

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!

Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!

Yuk kita simak video berikut ini!




Ayo Berdiskusi

Masih ingatkah kamu dengan gambar aktivitas pasar di atas? Ceritakan hasil pengamatanmu kepada teman sebangkumu. Menarik untuk dicermati bahwa dalam kehidupan kita sehari-hari, kita dikelilingi oleh orang-orang yang memiliki begitu banyak perbedaan. Akan tetapi semuanya saling bekerja sama.

Tuliskan alasan-alasan mengapa orang-orang yang memiliki perbedaan seperti perbedaan agama, suku bangsa, usia, dan pekerjaan dapat saling membantu dan bekerja sama?

1. Perbedaan tidak menghalangi upaya saling membantu dan bekerja sama karena tidak semua kebutuhan manusia dapat dipenuhi oleh diri sendiri.

2. Semua orang dapat saling bekerja sama sekalipun berbeda agama, suku, adat istiadat, dan pekerjaan, untuk memenuhi kebutuhan hidup bersama.

3. Manusia pada dasarnya adalan makhluk sosial yang selai membutuhkan manusia lain.

4. Bangsa Indonsia memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Media Cetak

Media Elektronik
Semua orang dapat saling bekerja sama sekalipun berbeda agama, suku, adat istiadat, dan pekerjaan, untuk memenuhi kebutuhan hidup bersama.

Perbedaan tidak menghalangi upaya saling membantu dan bekerja sama karena tidak semua kebutuhan manusia dapat dipenuhi oleh diri sendiri.


Manusia pada dasarnya adalan makhluk sosial yang membutuhkan manusia lain.

Bangsa Indonsia memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika.
Ayo Mengamati


Apa yang kamu lihat dari beberapa gambar di atas? Apakah hubungan semua gambar tersebut dengan gambar peta Indonesia? Jelaskan!

Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau. Dengan ribuan pulau yang dimilikinya, Indonesia memiliki keragaman budaya dan adat istiadat yang mewarnai kehidupan sehari-harinya. Oleh karena itu, kita sebagai anak bangsa seharusnya mampu saling menghargai dan menghormati perbedaan yang dimiliki dan menggunakannya sebagai modal pembangunan.

Ayo Membaca

Bangsa Indonesia memiliki sebuah semboyan yang luar biasa, yakni Bhinneka Tunggal Ika. Bhinneka Tunggal Ika memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu tujuan. Bahwasanya, sekalipun di Indonesia terdapat begitu banyak suku, agama, ras, adat istiadat, bahasa, dan lain-lain, semuanya bersatu sebagai saudara sebangsa dan setanah air.

Perbedaan dan keanekaragaman yang ada justru menjadi sebuah kekuatan yang pada akhirnya memperkaya sifat budaya bangsa Indonesia dan lebih memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Infused water atau spa water atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan air infus sedang menjadi tren kesehatan yang baru di luar negeri. Kini air infus juga merebak sampai di Indonesia.

Air infus ini adalah air bening yang telah diberi tambahan potongan buah atau herbal sehingga memberikan sensasi rasa air tertentu. Air infus bermanfaat bagi kesehatan. Secara teknis, air infus dibuat dengan memasukkan irisan buah-buahan ke dalam air putih, kemudian didiamkan beberapa jam sampai sari buahnya keluar dan air akan berubah rasanya. Namun, jangan hanya ikut-ikutan mengonsumsinya. Kenali dahulu manfaat dari bahan-bahan yang dimasukkan ke dalam air dalam botol tersebut. Dengan mengenali manfaat dari bahan-bahan yang digunakan, kita dapat memperoleh lebih banyak manfaat yang sesuai dengan kebutuhuan tubuh kita.

Minuman Kesehatan
Bahan-bahan:
• 5 sendok makan perasan jeruk nipis
• 1 2 sendok makan jeruk lemon (diperas/ diiris tipis-tipis)
• 1 buah timun di iris-iris
• 4 lembar daun mint (bila ada)
• 1 liter air putih

Cara Membuat:
• Jeruk nipis diperas dan sisihkan sebanyak 5 sendok makan.
• Jeruk lemon dibelah 2 dan diperas.
• Masukkan semua bahan ke dalam botol kaca berukuran 1 liter.
• Tutup rapat dan diamkan dalam lemari pendingin minimimal 6 jam dan paling lama 12 jam
. • Minuman berenergi siap dikonsumsi setelah 6 jam

Nah selama pandemic ini diharapkan kita semua dapat menjaga kesehatan salah satunya dengan banyak mengkonsumi makanan dan minuman yang sehat dan bergizi, kalian dapat membuat minuman kesehatan seperti contoh di atas dengan menggunakan bahan apa saja yang ada di rumah, misalnya dari buah jeruk, lemon, timun dll.

TUGAS

Latihan:

Kerjakan soal-soal di modul tematik yang dibagikan kemarin di halaman : 

49 (Muatan PPKN) nomor 1 s.d. 5 dan halaman 50-51 (Muatan IPS) Nomor 1 s.d. 5 

Tulis di buku latihanmu jawabannya saja dan jangan lupa di lembar latihanmu tulis nama lengkap dan nomor absensi di kelasmu jumlah soal 10 butir Pilihan ganda !


Contoh cara menulis jawaban soal-soal di modul tematik:

Nama       : Aulia

No.Absen : 1


Jawab:


Muatan PPKN

1. D. Makhluk bermartarbat

2. A. Rumah

dst...


Muatan IPS

1. ......

2. ......

dst...





 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar