Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ )
Hari/tanggal : Senin, 21 September 2020
Kelas : V
Tema 3 : Makanan Sehat
Subtema 2 : Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh
Pembelajaran :1
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!
Bacalah percakapan di bawah ini dengan cermat!
Dayu : “Semalam aku melihat iklan tentang obat sakit perut baru untuk anak-anak di televisi, lho!”
Udin : “Wah, sudah ada iklan baru lagi? Sepertinya itu produk baru, ya?”
Dayu : “Betul! Iklan itu menarik karena iklannya dibuat seperti film.”
Lani : “Ternyata media iklan itu bermacam-macam, ya! Kalau kamu, suka iklan di media cetak seperti di koran dan majalah atau media elektronik?”
Udin : “Kalau aku lebih suka media elektronik karena gambarnya dapat bergerak dan ada suaranya. Jadi lebih seru!”
Lani : “Kalau aku suka kedua-duanya. Sekalipun iklan di media elektronik memang terdengar lebih seru, tetapi iklan di media cetak juga banyak yang bagus. Gambar-gambar yang dipergunakan memiliki warna yang cerah dan kalimat iklannya juga bagus-bagus.”
Dari percakapan di atas, tuliskan perbedaan antara iklan media cetak dan iklan media elektronik. Samakan pendapatmu dengan pendapat temanmu. Apabila kamu menemukan pendapat yang berbeda lengkapi pendapatmu dengan pendapat temanmu.
Perbedaan antara iklan elektronik dan iklan media cetak.
Iklan elektronik :
· Iklan tidak tertulis
· Iklan hanya sekilas dan berlangsung pada saat itu saja
· Persuasi menyentuh perasaan / emosi
· Bahasa yang dipakai formal dan non formal
· Kalimat singkat, padat dan jelas
Iklan Media cetak :
· Iklan tertulis
· Bisa disimpan dan dibaca kapan saja
· Persuasi menyentuh rasio/ pikiran
· Bahasa yang digunakan formal
· Kalimat dapat panjang dan terperinci
Selain perbedaannya, ada juga persamaan yaitu keduanya punya tujuan yang sama yaitu memberikan informasi atau promosi kepada khalayak tentang suatu produk/jasa .
Masih ingat cerita Dayu dengan magnya? Coba kamu ulas kembali penyebab seseorang dapat terserang mag.
Banyak orang berpikir bahwa penyakit mag hanya bisa diderita oleh orang dewasa.Ternyata anak-anak pun bisa terkena mag. Apa penyebabnya? Apakah gejala mag yang dialami anak-anak sama dengan yang dialami orang dewasa? Pada anak-anak yang mudah memproduksi gas pada lambungnya, memiliki pantangan makanan. Misalnya, tidak boleh makan pedas dan asam. Mereka harus banyak makan sayur dan buah, serta tidak boleh terlalu banyak makan mie instan. Oleh sebab itu, anak-anak perlu terus diingatkan untuk selalu menjaga apa yang mereka makan.
Selain gangguan mag, sistem pencernaan kita dapat mengalami gangguan lainnya. Ada beberapa faktor yang menyenyebabkan gangguan tersebut, misalnya mengonsumsi makanan tidak sehat dan pola makan yang tidak teratur.
Ayo Berdiskusi!
Diskusikanlah peta pikiran mengenai berbagai macam gangguan umum dari sistem pencernaan manusia. Peta pikiran tersebut harus dapat mencakup beberapa hal berikut.
· Keterangan mengenai setiap gangguan sistem pencernaan.
· Penyebab gangguan tersebut.
· Gejala dari gangguan tersebut.
· Cara mengatasi gangguan tersebut.
Perhatikan poster tentang diare di bawah ini!
Untuk lebih jelasnya pertemuan kita hari ini kalian bisa menyimak video di link berikut ini:
Sediakan semua bahan dan alat yang diperlukan dan ikuti langkah-langkah pembuatannya dengan cermat.
Bahan-bahan yang dibutuhkan:
1. 1/4 sendok teh garam
2. 1 sendok teh gula pasir
3. 1 gelas air hangat/panas
4. (Pisang atau jeruk) secukupnya untuk menambah kalium dan rasa jika ada.
Dokumentasikan cara pembuatan oralit mu dan kirimkan video atau foto kegiatanmu kepada gurumu, Untuk kegiatan unjuk kerja ini ibu memberikan waktu sampai hari Rabu, tanggal 23 September 2020 ya nak selamat mencoba!
untuk lebih jelasnya kamu bisa simak video cara pembuatan oralit yang didemonstrasikan oleh bapak/ibu guru berikut ini!
OK anak-anak seperti informasi sebelumnya bahwa hari ini kita penilaian evaluasi daring tematik, untuk mengerjakannya silahkan klik link berikut ini!
1. IPA
https://forms.gle/LxRjXZiS3ASJWDVm7
2. IPS
https://forms.gle/o9CG2Vme2FuVgMFp6
3. PPKN
https://forms.gle/Wj12CRvLQjE94H8DA
Jangan lupa rapikan alat-alat belajar kalian sendiri dan ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini!
Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.
Terima kasih.
WASSALAMUALAIKUM WR.WB.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar