Rabu, 23 September 2020

 Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ )

Hari/tanggal : Rabu, 23 September 2020
Kelas : V
Tema 3 : Makanan Sehat
Subtema 2 : Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh
Pembelajaran : 3

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!

Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!

Sebelum memulai KBM kita hari ini yuk kita simak video materi tematik pada hari ini di link berikut ini!


10 Contoh Kegiatan Pasar Yang Harus Kamu Ketahui
10 Contoh Kegiatan Pasar Yang Harus Kamu Ketahui

Pasar merupakan salah satu tempat yang padat dengan interaksi sosial. Ada banyak pihak yang tumpah ruah di pasar dan melakukan aktivitas masing-masing. Oleh karena itu, tak heran jika pasar didaulat sebagai salah satu tempat yang sangat kaya dengan keberagaman.

Apa Itu Pasar?
Pasar dalam ilmu ekonomi adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi ekonomi. Pasar tidak menunjuk pada lokasi atau tempat tertentu, karena pasar tidak mempunyai batas geografis. Dalam hal ini, pasar merujuk pada semua kegiatan penawaran dan permintaan untuk tenaga kerja, modal, surat berharga, dan uang.
Fungsi Pasar

1. Sarana Distribusi
Sebagai sarana distribusi, pasar berfungsi untuk memperlancar proses penyaluran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.

2. Menetapkan Nilai
Pasar akan menetapkan harga suatu barang atau jasa tertentu sesuai dengan permintaan dan penawaran yang terjadi di pasar yang telah disepakati oleh produsen dan konsumen.

3. Sarana Promosi
Pasar juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat bagi produsen untuk memasarkan hasil produksi mereka kepada calon konsumen (pembeli).

Jenis-jenis Pasar
1. Pasar Barang (Output)
Pasar barang adalah pasar yang memperjualbelikan barang dan jasa yang merupakan output (hasil) dari kegiatan produksi. Pasar output memiliki dua struktur, yaitu:
Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna 
seringkali disebut sebagai bentuk struktur pasar yang paling ideal. Pasar persaingan sempurna memiliki banyak pembeli dan penjual sehingga harga pasar tidak dapat dipengaruhi oleh perseorangan.

Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Pasar persaingan tidak sempurna adalah saat satu atau beberapa ciri-ciri pasar persaingan sempurna tidak terpenuhi. Bentuk-bentuk pasar persaingan tidak sempurna yaitu pasar monopoli, oligopoli, pasar persaingan monopolisitik, pasar monopsoni, dan pasar oligopsoni.

2. Pasar Sumber Daya (Input)
Pasar input adalah pasar yang memperjualbelikan faktor produksi yang dibutuhkan oleh produsen. Permintaan akan sumber daya atau faktor produksi ini hadir dari pihak produsen sebagai modal untuk memproduksi barang dan jasa. Faktor produksi dalam pasar input yaitu pasar sumber daya alam, pasar sumber daya manusia (tenaga kerja), pasar sumber daya modal, dan pasar sumber daya kewirausahaan.

Contoh Kegiatan di pasar secara umum sebagai berikut:

  1. Masyarakat membeli barang dari penjual.
  2. Masyarakat saling berinteraksi ketika membeli barang.
  3. Masyarakat menawar harga barang dengan penjual
  4. Pensuplai barang mengirim barang kepada penjual.
  5. Penjaga kebersihan menawarkan jasa kebersihan di pasar.
  6. Kuli angkut mengangkat barang dari satu tempat ke tempat lain.
  7. Tukang becak membawa pembeli berpindah dari satu tempat ke tempat lain.
    Pengelola pasar melakukan pemeriksaan berkala.
  8. Penjual memeriksa ketersediaan barang jualan mereka.
    Pemulung mengambil sisa-sisa barang jualan para penjual.

Hari ini tugas kalian hanya membaca dan menyimak video yang ada di blog bu guru, dan untuk tugas video pembuatan oralit pada hari Senin kemarin bagi siswa yang belum masih bu guru tunggu kirimannya ya nak! Selamat Mengerjakan!


Jangan lupa rapikan alat-alat belajar kalian sendiri dan ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! 

Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.

Terima kasih.

WASSALAMUALAIKUM WR.WB.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar