Materi Ajar Hari Jumat, 5B ebruari 2021
Tema 7 : Peristiwa dalam KehidupanSubtema 2 : Peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan
PB : 5,6
KD 3.5 B. Indonesia, 3.4 IPS, 3.3 , SBDP 3.5 MTK 3.5
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan membaca peristiwa menjelang dan sesudah pembacaan teks proklamasi
2. Siswa dapat memahami proses terjadinya peristiwa mencair
3. Siswa dapat menghitung rusuk kubus
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa
Anak-anak sudah siap belajar hari ini?
Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran
Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!
Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan
Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan
Perlawanan fisik dilakukan dengan kontak senjata. Adapun perjuangan dengan diplomasi dilakukan melalui meja-meja perundingan. Perlawanan fisik dilakukan di berbagai daerah, antara lain sebagai berikut.
1. Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, yang kemudian setiap tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan. Berawal dari tewasnya Jenderal Mallaby, pimpinan Sekutu. Adapun tokoh yang terlibat adalah Bung Tomo, Gubernur Suryo, dan Kolonel Sungkono.
2. Palagan Ambarawa, terjadi pada tanggal 15 Desember 1945 di Ambarawa, Jawa Tengah. Kemudian, setiap tanggal 15 Desember diperingati sebagai Hari Infantri Nasional. Insiden ini bermula dari Sekutu mempersenjatai tawanan yang sudah dibebaskan. Sekutu juga membebaskan orangorang Belanda secara sepihak. Adapun tokoh yang terlibat dalam peristiwa ini antara lain Kolonel Isdiman dan Kolonel Sudirman.
3. Bandung Lautan Api, terjadi pada tanggal 23 Maret 1946. Insiden ini bermula dari ultimatum Sekutu meminta senjata yang diperoleh dari tentara Jepang untuk diserahkan kepada Sekutu. Namun, rakyat Bandung menolaknya, bahkan membakar Kota Bandung agar tidak dikuasai Sekutu. Tokoh yang terlibat antara lain Moh. Toha, Abdul Haris Nasution, dan Suryadi Suryadarma.
4. Medan Area, terjadi pada tanggal 10 Desember 1945 karena orangorang Belanda menginjak-injak bendera Merah Putih. Tokoh yang terkenal adalah Ahmad Tahir.
5. Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta. Peristiwa ini dipicuIXagandakan bahwa TNI telah hancur. Tokoh yang terlibat antara lain Letkol. Suharto.
6. Belanda yang menduduki Kota Yogyakarta dan memprop dan Sultan Hamengkubuwono
Perjuangan secara diplomasi juga dilakukan dari perundingan satu ke perundingan yang lain.
1. Perundingan Linggarjati
Diadakan pada tanggal 10 November 1946 di Linggarjati, Cirebon, Jawa Barat. Dalam perundingan ini, Indonesia diwakili oleh Sutan Syahrir dan Belanda diwakili oleh Prof. Schermerhon. Hasil perjanjian ini sebagai berikut.
· Belanda hanya mengakui kekuasaan Republik Indonesia atas Jawa, Madura, dan Sumatra.
· Negara Indonesia Serikat terdiri dari Negara Republik Indonesia, Negara Indonesia Timur, dan Negara Kalimantan.
· Negara Indonesia Serikat dan Belanda merupakan satu uni dengan nama Uni Indonesia-Belanda yang diketuai Belanda. Namun, Belanda mengingkari perjanjian ini dan melancarkan Agresi Militer Belanda I pada tanggal 21 Juli 1947.
2. Perjanjian Renville
Perjanjian Renville diadakan pada tanggal 17 Januari 1948 di atas kapal USS Renville milik Amerika Serikat. Isi perjanjian .
· Belanda hanya mengakui daerah Republik Indonesia atas Jawa Tengah, Yogyakarta, sebagian kecil Jawa Barat, dan Sumatra.
· Semua pasukan RI harus ditarik mundur dari wilayah-wilayah yang diduduki Belanda.
· Belanda tetap berdaulat di seluruh wilayah Indonesia sampai diserahkan kepada Republik Indonesia Serikat (RIS) yang akan segera dibentuk. Namun, Belanda lagi-lagi mengingkari isi Perjanjian Renville dan melakukan Agresi Militer Belanda II pada tanggal 19 Desember
3. Perjanjian Roem Royen
Diadakan pada tanggal 17 April 1949 di Jakarta. Indonesia diwakili oleh Moh. Roem dan Belanda diwakili oleh Van Royen. Isi perjanjian ini sebagai berikut.
· Pemerintah Indonesia dikembalikan ke Yogyakarta.
· Menghentikan gerakan militer dan mengembalikan tawanan.Republik Indonesia sebagai bagian dari Negara Indonesia
Peristiwa Pengakuan Kedaulatan Republik Indonesia oleh Belanda
Tindak lanjut Perjanjian Roem Royen adalah diselenggarakannya Konferensi Meja Bundar atau yang disingkat dengan KMB. KMB dilaksanakan di Deen Haag, Belanda pada tanggal 23 Agustus-2 November 1949. Delegasi Belanda dipimpin olah Van Maarseven. Delegasi BFO atau Badan Musyawarah Negara-Negara Federal dipimpin oleh Sultan Hamid II.
Adapun hasil KMB sebagai berikut.
1. Belanda akan menyerahkan sepenuhnya kedaulatan kepada Republik Indonesia Serikat pada akhir bulan Desember 1949.
2. Penyelesaian masalah Irian Barat ditunda setahun kemudian setelah penyerahan kedaulatan pada Republik Indonesia Serikat.
3. Republik Indonesia Serikat dan Belanda membentuk Uni yang dipimpin oleh Ratu Belanda berdasarkan kerja sama sukarela dan sederajat.
4. Republik Indonesia Serikat harus membayar utang kepada Belanda sejak tahun 1942.
5. Pembubaran KNIL dan memasukkan anggota KNIL ke APRIS.
6. Kapal-kapal perang Belanda ditarik kembali dari Indonesia.
7. Konstitusi Republik Indonesia Serikat dipermaklumkan kepada Kerajaan Belanda
8. Selain itu, hasil KMB juga mengembalikan wilayah-wilayah Indonesia menjadi satu kesatuan, kecuali Irian Barat.Berikut wilayah Negara RIS
Sesuai hasil kesepakatan dalam KMB, pada tanggal 27 Desember 1949, diadakan upacara pengakuan kedaulatan dari Pemerintah Belanda kepada Republik Indonesia Serikat. Namun sebelumnya, pada tanggal 17 Desember 1949, diadakan pelantikan Presiden Republik Indonesia Serikat, yaitu Ir. Soekarno. Pada tanggal 20 Desember 1949, Drs. Moh. Hatta dilantik sebagai Perdana Menteri Republik Indonesia Serikat.
Konferensi Berteman dalam Keragaman
Jakarta 14-18 Oktober 2003
I. Tentang Keragaman Agama
Kami Tahu:
· Perbedaan agama janganlah dijadikan alasan terjadinya pertengkaran dan perpecahan.
· Bertegur sapa, senyum, dan adil harus dilakukan kepada siapa pun walaupun berbeda agama.
· Agama itu mengajarkan kebaikan.
· Perbedaan agama itu anugerah dari Tuhan karena di sanalah kita bisa mengisi, saling berbagi, dan saling menolong.
Untuk Itu:
Di rumah kami bisa:
· Berbagi cerita tentang keragaman agama kepada adik, kakak, ayah, dan ibu.
· Memperkukuh iman dengan menjalankan ibadah yang kami anut dengan sebaik-baiknya.
· Tetap percaya pada agama yang kami anut sepenuhnya dengan tetap bertoleransi pada agama lain agar persatuan antarumat beragama tetap terjaga.
Di sekolah kami bisa:
· Tidak mempermasalahkan agama yang dianut teman-teman.
· Tidak bertengkar hanya karena agama.
· Memberikan kesempatan teman-teman melakukan ibadah.
· Bertegur sapa dan senyum dengan semua teman meskipun berbeda agama.
· Mendamaikan teman yang berselisih karena perbedaan agama.
· Berteman dengan siapa pun, dengan latar belakang agama yang berbeda sekalipun.
II. Tentang Keragaman Budaya
Kami Tahu:
· Indonesia memiliki suku dan budaya yang beragam.
· Bahwa setiap budaya memiliki ciri tersendiri.
· Tiap daerah mempunyai senjata tradisional, rumah adat, tarian, pakaian, permainan, dan makanan yang wajib kami hargai dan hormati.
· Pengetahuan kami tentang kebudayaan orang lain masih sangat terbatas.
· Kami pun belum begitu jelas tentang kebudayaan milik daerah sendiri.
Kami tahu ada masalah
· Orang lebih senang membanggakan daerah sendiri.
· Orang sering merasa budayanya paling baik.
· Orang sering merasa daerahnya punya kelebihan lebih baik dari yang lain.
Padahal, beragam itu indah, sebab jika semua daerah sama, tidak akan menarik.
Untuk itu:
Di rumah kami bisa:
· Belajar dan bermain dengan teman dan sahabat pena dari macam-macam daerah.
· Berlatih menari macam-macam tarian, seperti Kecak, Gending Sriwijaya, tari Baris, Serimpi.Belajar bersama ayah, ibu, adik, atau kakak melalui radio, tv, dan buku.
· Mengajak tetangga untuk bermain congklak, petak umpet, engklek, enggrang, gobak sodor, dan permainan lainnya.
· Mengajak teman yang baru pindah dari daerah lain untuk bercerita dan bermain bersama.
· Mengajak bermain dan belajar bersama teman yang cacat.
Di sekolah kami bisa:
· Mengajak teman untuk tidak mengatakan “ih” terhadap budaya lain.
· Meminjam buku dari perpustakaan tentang macam-macam budaya.
· Membaca cerita-cerita daerah dan bermain dengan teman-teman.
· Mengajak teman untuk menyapa dan bermain dengan teman baru.
Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ )
Hari/tanggal : JUMAT, 5 FEBRUARI 2021
Kelas : V
Materi :Rusuk Bangun ruang Kubus
Tujuan : Siswa dapat menentukan rusuk kubus satuan
Matematika
Untuk lebih jelasnya simak gambar tabel bilangan pangkat tiga dasar, bilangan kubik, akar pangkat tiga dan hasil akar pangkat tiga seperti di bawah ini ...
Jika dijabarkan lebih terperinci, maka bilangan pangkat tiga dan bilangan kubik dasar seperti di bawah ini :
13=1 x 1 x 1 = 1
23=2 x 2 x 2 = 8
33=3 x 3 x 3 = 27
43=4 x 4 x 4 = 64
53=5 x 5 x 5 = 125
53=6 x 6 x 6 = 216
73=7 x 7 x 7 = 343
83=8 x 8 x 8 = 512
93=9 x 9 x 9 = 729
103=10 x 10 x 10 = 1.000
Bilangan yang di dapat dari hasil perkalian berulang sebanyak tiga kali disebut bilangan kubik. Dan apabila bilangan kubik itu di akarkan dengan akar pangkat tiga maka hasilnya adalah bilangan yang dipakai pada perkalian berulang tadi. Contoh akar pangkat tiga dari 512 adalah 8.
Dan inilah yang harus dihafal
13=1
23=8
33=27
43=64
53=125
63=216
73=343
83=512
93=729
103=1.000
Mencari Akar Pangkat Tiga pada Bilangan Besar
Sekarang kita akan mencari akar pangkat tiga jika bilangan kubiknya lebih dari 1.000. Adakah cara mudah untuk mencarinya? Jawabnya, jelas ada dan sangat mudah karena kita tidak harus menghitung. Kita hanya melihat angka satuan dari bilangan pangkat tiga dan angka satuan bilangan kubik serta pasangannya.
Angka satuan 1 pasangannya adalah 1
Angka satuan 2 pasangannya adalah 8
Angka satuan 3 pasangannya adalah 7
Angka satuan 4 pasangannya adalah 4
Angka satuan 5 pasangannya adalah 5
Angka satuan 6 pasangannya adalah 6
Angka satuan 7 pasangannya adalah 3
Angka satuan 8 pasangannya adalah 2
Angka satuan 9 pasangannya adalah 9
Angka satuan 0 pasangannya adalah 0
Untuk mencari akar pangkat tiga dari bilangan kubik di atas 1000, kita gunakan trik jitu yaitu dengan memasang-masangkan atau menjodoh-jodohkan. Istilah dalam Bahasa Jawa menggathuk-gathukkan bilangan pangkat tiga dan satuan bilangan kubik. Dan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
• Pisahkan 3 angka dari belakang/ kanan.
• Cari bilangan pangkat 3 yang bilangan kubiknya kurang atau sama dengan bilangan di depannya/kirinya.
• Abaikan 3 angka yang dipisahkan tadi. Lihat satuan bilangan kubik (angka paling belakang) kemudian cari pasangannya.
Contoh Soal 1
a. Tentukan3√6.859
Jadi3√6859 = 19
Contoh Soal 2
b. Tentukan3√54.872
Jadi3√54.872 = 38
Contoh Soal 3
Sebuah kubus diketahui volumenya 389.017 cm3. Berapakah panjang rusuknya?
Jawab :
Rusuk =3√389.017
Jadi, panjang rusuk kubus adalah 73 cm.
LATIHAN MATEMATIKA HALAMAN 164 DI BUKU CETAK MATEMATIKA!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar