MATERI AJAR KELAS 5
Hari/ Tanggal
Tema 1 : Organ Gerak Hewan dan ManusiaSub tema 1 : Organ Gerak Hewan
Pembelajaran : PPKN, IPS, Bahasa Indonesia
A. Tujuan Pembelajaran
- Dengan mengamatigambar peta, siswa dapat mengidentifikasi kondisi geografis pulau-pulau di Indonesia secara tepat.
- Dengan membuat informasi, siswa dapat menyebutkan kondisi geografis wilayah Indonesia secara benar.
- Dengan eskplorasi, siswa dapat mengidentifikasi perilaku-perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila-sila Pancasila secara benar.
Indonesia merupakan negara kepulauan yang paling besar di dunia karena jumlah pulaunya lebih dari 17 ribu yang terbentang dari Sabang sampai Merauke yaitu dari Pulau Miangas sampai ke Pulau Rote. Di antara pulau pulau yang ada di Indonesia tentu saja ada pulau yang besar dan juga ada pulau yang kecil.
Amatilah peta pada pembelajaran sebelumnya. Tuliskan kondisi geografis wilayah Indonesia, khususnya kondisi geografis pulau-pulau besar di Indonesia.
No. | Nama Pulau | Kondisi Geografis Berdasarkan Peta |
---|---|---|
1. |
| |
2. |
| |
3. |
| |
4. |
| |
5. |
| |
6. |
|
LATIHAN IPS
Ayo Membaca
Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan
Tidak ada perbedaan dalam prinsip gotong royong. Gotong royong adalah kerja bersama, memeras keringat secara bersama, dan perjuangan saling bantu membantu secara bersama. Gotong royong dilakukan demi mencapai tujuan bersama. Tidak mempedulikan agama, suku, ataupun golongan.
Prinsip-prinsip gotong royong sangat bermanfaat bagi pelaksanaan pembangunan nasional. Karena semua masyarakat merasa saling memiliki. Masyarakat juga merasa mempunyai tujuan yang sama, yakni terwujudnya kehidupan yang sejahtera. Dengan bergotong royong, segala program pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah akan dapat dilaksanakan dengan baik tanpa adanya gangguan yang disebabkan oleh ketidakharmonisan masyarakat.Ide pokok masing-masing paragraf pada teks “Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan”.Mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf.
No.
|
Paragraf
|
Ide Pokok
|
1.
|
Pargraf 1
|
Gotong royong
merupakan modal terwujudnya suasana masyarakat yang harmonis.
|
2.
|
Paragraf 2
|
Dalam gotong royong
tidak ada perbedaan antara yang satu dengan yang lain.
|
3.
|
Paragraf 3
|
Prinsip-prinsip
dalam gotong royong bisa menjadi modal pembangunan nasional.
|
Mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf.
Gotong royong dan musyawarah merupakan contoh perilaku yang mencerminkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.
Ide Pokok
|
Paragraf
|
Musyawarah mufakat
adalah nilai luhur bangsa yang harus terus diterapkan dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Musyawarah mufakat adalah nilai luhur bangsa yang harus terus di
terapkan dalam kehidupan sehari. Melalui musyawarah mufakat keputusan dapat
diambil secara bersama atas dasar saling menghargai dan menghormati. Melalui
musyawarah mufakat dapat menghindarkan dari sikap egois, sifat suka
memaksakan kehendak serta tidak menghargai atau menghormati pendapat orang
lain.
|
Kebebasan memeluk
agama atau kepercayaan adalah hak setiap warga negara.
|
Kebebasan memeluk agama atau kepercayaan adalah hak setiap warga
negara. Hak orang lain wajib kita hargai dengan cara saling menghormati dan
bekerja sama antarpemeluk agama yang berbeda-beda. Kita tidak boleh memaksakan
suatu agama dan keperyaaan kepada orang lain, kita harus saling menghormati
kebebasan dalam menjalankan ibadah.
|
Tugas
1. Kerjakan Latihan soal IPS berikut dengan cara mengklik link dibawah ini
https://forms.gle/TNnNo7gistX2yf167
https://forms.gle/TNnNo7gistX2yf167
2. Kerjakan soal dengan teliti stelah selasai kirimkan hasil skor latihan dengan cara screen shoot Nilai yang kalian peroleh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar