Minggu, 19 Januari 2020


MATERI AJAR KELAS 6

Hari/ Tanggal : Senin, 20 Januari 2020
Tema 7           : Kepemimpinan
Sub Tema 1    : Pemimpin di Sekitarku
PB                  : 1
Muatan           : Bahasa Indonesia, IPA

Mengenal Pidato
Salah satu kemampuan yang sebaiknya dimiliki pemimpin adalah pandai berpidato.  Pidato adalah berbicara di depan banyak orang atau masyarakat.  Pidato dilakukan untuk menyampaikan suatu informasi kepada orang banyak.

Saat berpidato diperlukan adanya orator dan audiensi.  Orator adalah orang yang berpidato sedangkan Audiensi adalah orang yang mendengarkan pidato.
Teks pidato biasanya berisi suatu tema.  Sebelum melakukan pidato, seorang orator akan membuat konsep, konsep adalah gambaran mengenai hal-hal yang akan disampaikan saat pidato.

Menentukan Konsep Pidato
  • Menentukan tema pidato
  • Pembicara
  • Pendengar
  • Tempat
  • Urutan Isi Pidato
  1. Pembukaan
  2. Memotivasi warga
  3. Menjelaskan pentingnya kesehatan
  4. Mengajak seluruh masyarakat untuk berperan serta
  5. Penutup
Ayo Berlatih
Bacalah sebuah teks pidato dengan cermat! setelah itu jawablah pertanyaan brikut!
1. Siapa yang berperan sebagai orator?
2. Siapa yang berperan sebagai Audiensi?
3. Tulislah informasi-informasi yang berkaitan dengan teks pidato tersebut dalam bentuk peta pikiran

IPA
Amatilah gambar berikut.

 Apa perbedaan fisik laki-laki sebelum dan setelah masa pubertas? Diskusikan bersama teman sekelompokmu, lalu bacakan hasilnya di depan kelompok-kelompok lain.
Perubahan fisik selama masa pubertas kemungkinan akan mempengaruhi kegiatanmu sehari-hari. Mungkin kamu akan merasakan sedikit ketidak- nyamanan. 

Cara Menyikapi Masa Pubertas
Berikut beberapa cara menyikapi masa pubertas yang akan kamu alami.
1. Menjaga kebersihan tubuh.
Dalam masa pubertas, aktivitas kelenjar minyak dan kelenjar keringat meningkat. Akibatnya, wajah mudah berjerawat dan tubuh berbau kurang sedap. Mandilah dua kali sehari dan kenakan pakaian yang mudah menyerap keringat. Apabila keringatmu berlebih, bersihkan tubuhmu dan gantilah pakaianmu. Pakaian yang lembap oleh keringat menjadi sarang kuman. Kuman dapat menyebabkan bau tidak sedap dan menimbulkan penyakit kulit.

2. Menjaga kesehatan dengan memilih makanan sehat dan berolahraga.
Makanan diperlukan untuk pertumbuhan badan. Pilihlah makanan yang berasal dari bahan-bahan segar dan diolah dengan cara yang sehat, misalnya tanpa pengawet, pemanis buatan, atau penyedap rasa. Perbanyak pula minum air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang keluar berupa keringat.

3. Hati-hati dalam bergaul dengan lawan jenis.
Pada masa puber, organ reproduksi telah aktif. Oleh karena itu, sebaiknya kamu bergaul dengan lawan jenis dalam batas yang wajar. Hindari berdua-duaan antara laki-laki dan perempuan.

4. Memilih bacaan dan tontonan yang sesuai umur.
Saat ini akses untuk bacaan dan tontonan dengan mudah dapat kita peroleh. Namun, pilihlah bacaan dan tontonan yang baik, menambah wawasan, dan sesuai umurmu. Hindari membaca bacaan dan menonton tontonan dewasa.

5. Rajin beribadah sesuai agama masing-masing.
Dengan rajin beribadah, kita mendekatkan diri kepada Tuhan. Kita akan mematuhi aturan-aturan agama untuk berperilaku dan berbuat sesuai tuntunan agama.

Ayo Berkreasi
  Dari pembelajaran pada tema 6, kamu telah mengetahui masa pubertas. Kamu juga telah mengetahui cara menyikapi masa pubertas. Coba, buatlah rencana karya berisi cara menyikapi masa pubertas. Kerjakan bersama kelompokmu. Kamu dapat membuat poster atau buklet sederhana.


Sub Tema 1    : Pemimpin di Sekitarku
PB                  : 2
Muatan           : SBdP, Bahasa Indonesia, IPA

Tangga Nada dan Interval Nada
Nada merupakan bunyi yang beraturan serta memiliki tinggi dan rendah yang berbeda-beda.  Nada- nada yang disusun berdasarkan tinggi dan rendahnya secara berurutan membentuk tangga nada.
Salah satu jenis interval nada adalah tangga nada diatonis mayor. Tangga nada diatonis mayor adalah tangga nada yang memiliki rangkaian tujuh nada serta lagu bersifat riang gembira dan bersemangat biasanya diawali dengan nada Do. 
Lagu yang menggunakan tangga nada diatonis mayor diantaranya adalah lagu Ibu KIta Kartini, Hari Merdeka, Garuda Pancasila, Maju Tak Gentar

Tanda Tempo Pada Lagu
Tempo adalah cepat dan lambatnya lagu saat dinyanyikan.  Tempo biasanya ditulis dalam bentuk tanda atau istilah.  Ada bebebrapa tanda tempo pada lagu perhatikantabel berikut!


Ayo Bernyanyi

  Pelajarilah lagu “Ibu Kita Kartini” sampai kamu dapat menyanyikan dengan baik dan benar. Kemudian, nyanyikan bersama teman-temanmu. Jika perlu, diiringi dengan alat musik yang ada di sekitarmu. Perhatikan keselarasan suara dan musiknya (jika kalian menggunakan iringan).


Amatilah bacaan teks pidato berikut.

  Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Yang saya hormati teman–teman dan para hadirin semua. Hari ini merupakan hari yang bersejarah bagi kita semua. Tanggal 21 April adalah momen yang harus selalu kita syukuri. Kita mengenang perjuangan seorang pahlawan di masa lalu yang berusaha menjadikan perempuan mempunyai hak yang sama dengan kaum laki–laki.
  Puji syukur marilah senantiasa kita ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia dan kesehatan sehingga kita masih dapat memperingati dan memaknai peringatan Hari Kartini tahun ini. Kita semua tahu, bahwa sosok R.A. Kartini memang sosok yang sangat mulia dengan kesabaran dan keteguhannya berjuang untuk harkat kaum wanita dan pendidikan Indonesia.
  Semangat dan ketekunan Ibu Kartini akhirnya membuahkan hasil. Beliau sukses mendirikan sebuah sekolah wanita dan mengajarkan ilmu pengetahuan dan keterampilan-keterampilan untuk meningkatkan peran wanita.
  Hari Kartini diperingati setiap tahun. Sebaiknya, kegiatan ini bukan hanya sebagai seremonial, namun kita harus memaknai peringatan Hari Kartini. Dengan memahami makna Hari Kartini, para wanita Indonesia terus berupaya meningkatkan perannya demi kemajuan bangsa dan negara tanpa melupakan kodratnya sebagai seorang wanita.
  Semoga dengan peringatan ini, akan muncul Kartini–Kartini generasi baru untuk terus berjuang, baik sebagai pejuang hak wanita maupun sebagai pondasi penting dalam kemajuan Negara Indonesia di berbagai aspek. Seperti lirik lagu yang diciptakan oleh W.R. Soepratman “Ibu kita Kartini, Putri sejati, Putri Indonesia, Harum namanya”. Meskipun Ibu Kartini sudah tidak ada, tetapi namanya dan perjuangannya dapat terus dinikmati hingga sekarang. Semoga kita dapat menjaga hasil jerih payah perjuangan Ibu Kartini dan meneruskan perjuangan beliau dalam kehidupan. Sekian pidato dari saya. Mohon maaf jika ada kekurangan dan kesalahan. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Ayo Berdiskusi Lakukan bersama kelompokmu.

1. Bacalah teks pidato di atas.
2. Identifikasilah info-info berikut.
  •     - Pembicara pidato
  •     - Pendengar pidato
  •     -Tempat pidato
  •     - Suasana saat disampaikannya pidato
  •     - Poin-poin penting isi pidato
3. Sampaikan hasil diskusi kelompokmu di hadapan kelompok-kelompok lain dan guru. Lakukan bergantian. Jika ada perbedaan dengan hasil diskusi kelompok lain, diskusikan bersama-sama guru.

IPA
Amatilah gambar berikut.

  Apa perbedaan fisik perempuan sebelum dan setelah masa pubertas? Diskusikan bersama teman sekelompokmu, lalu bacakan hasilnya di depan kelompok-kelompok lain.

  Ayo Berkreasi
  Pada Pembelajaran 1 kamu telah menuliskan rencana pembuatan karya poster/ buklet tentang cara menyikapi masa pubertas dengan memperhatikan ciri- cirinya. Sekarang, wujudkan karyamu dengan membuat karya poster/buklet tersebut. Kerjakan dengan sungguh-sungguh dan sebaik mungkin. Selamat berkarya.





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar