Kamis, 09 Januari 2020

MATERI AJAR KELAS 6

Hari/ Tanggal : Jumat,  10 Januari 2020
Tema 6           : Menuju Masyarakat Sejahtera
Sub Tema 2    : Membangun Masyarakat Sejahtera
PB                  : 3
Muatan           : Bahasa Indonesia,IPS, PPKN

Menentukan Kalimat Utama dan Gagasan Utama

Ayo Membaca
Manfaat Pemenuhan Hak sebagai Warga Negara Indonesia

  Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban. Hak dan kewajiban hendaknya dilakukan secara seimbang. Artinya dalam melaksanakan hak tidak lupa juga melaksanakan kewajiban sebagai warga negara. Bahkan kewajiban hendaknya dilakukan terlebih dahulu daripada hak. Banyak manfaat yang dapat dirasakan warga negara Indonesia atas terpenuhinya hak yang dimiliki. Salah satu contoh manfaat yang diperoleh dari pemenuhan hak atas pendidikan dan pengajaran yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan salah satu tujuan nasional bangsa Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 alinea empat.
  Manfaat lain bisa dipahami berdasarkan pemenuhan hak warga negara. Contohnya manfaat atas pemenuhan hak mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan. Pemenuhan hak ini sangat bermanfaat bagi peningkatan perekonomian warga negara Indonesia dan mengurangi jumlah pengangguran.
  Adapun pemenuhan hak atas perlindungan hukum jelas akan bermanfaat bagi terwujudnya keamanan, ke- adilan, dan keteraturan dalam ke hidupan bermasyarakat, ber bang sa, dan bernegara. Dengan demikian, akan tercipta ke hidupan yang harmonis antar warga negara Indonesia dan antara warga negara dengan pemerintah.
  Untuk pemenuhan hak atas perolehan fasilitas pelayanan kesehatan sangat bermanfaat dalam menciptakan kesejahteraan umum. Masyarakat yang sehat dapat menjalankan segala kegiatan untuk pemenuhan kebutuhan hidup sehingga tercipta keasejahteraan umum. Menciptakan kesejahteraan umum ini juga merupakan salah satu tujuan nasional Indonesia.

Ayo Berlatih 

Di Atas telah disajikan bacaan nonfiksi yang terdiri atas lima paragraf

  Bacalah kembali dengan cermat teks nonfiksi di atas. Selanjutnya, kerjakan perintah berikut!
  1. Tuliskan kalimat utama pada setiap paragraf.
  2. Tuliskan gagasan utama pada setiap paragraf.
  3. Tuliskan gagasan utama dari teks nonfiksi berdasarkan gagasan utama setiap paragraf.
  4. Tuliskan hasilnya dalam bentuk tabel seperti contoh berikut.











Upaya Mempertahankan Kemerdekaan

Kemerdekaan adalah hak setiap bangsa. Indonesia telah berhasil meraih kemerdekaan. Kemerdekaan tersebut diraih dengan penuh perjuangan. Oleh karena itu, kita wajib mempertahankan kemerdekaan. Mempertahankan kemerdekaan dapat dilakukan dengan berbagai upaya. 

Berikut ini adalah contoh upaya mempertahankan kemerdekaan.
1. Bersedia membela tanah air. 
2. Menaati peraturan yang berlaku. 
3. Berkompetisi dalam meraih prestasi. 
4. Bela jar dengan giat, tekun, dan raj in. 
5. Menjaga keamanan dan ketertiban umum. 
6. Menggunakan produk buatan dalam negeri. 
7. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia. 
8. Menggunakan sumber daya a lam dengan bijak. 
9. Menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 
10. Melestarikan budaya daerah sebagai akar budaya nasional. 

Ayo Mengamati

  Lakukan pengamatan terhadap perilaku warga masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu. Identifikasilah perilaku warga masyarakat yang men- cerminkan sikap mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Tuliskan hasil pengamatanmu dan presentasikan secara lisan di depan kelas.







Sub Tema 2    : Membangun Masyarakat Sejahtera
PB                  : 4
Muatan           : IPA, Bahasa Indonesia, SBdP

Menentukan Tahapan Pertumbuhan dan Perkembangan

Ayo Berlatih

  Sudahkah Kamu Masuk Masa Pubertas? Masa pubertas dapat dibedakan dengan masa kanak-kanak atau anak-anak. Untuk mengetahui kamu saat ini sudah memasuki masa pubertas atau masih anak-anak, dapat kamu lakukan dengan menjawab secara jujur pertanyaan- pertanyaan dalam tabel berikut. Isi tabel dengan tanda centang (√) pada kolom yang tersedia. Untuk kolom kesimpulan isi berdasarkan jawaban atas lima pertanyaan yang tersedia. Jika jawaban lebih banyak pada kolom “Sudah” berarti kesimpulannya kamu sudah memasuki masa pubertas. Sebaliknya, jika jawaban lebih banyak pada kolom “Belum” berarti kamu masih anak-anak (kanak-kanak).
Membandingkan lnformasi Sebelum dan Sesudah Membaca Teks Nonftksi 

Ayo Membaca  

Tari Klana Topeng


  Tari Klana Topeng merupakan bentuk karya tari tunggal. Tari ini berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Tari Klana Topeng pada umumnya ditarikan oleh penari putra. Tema yang menjadi sumber tarian ini mengambil dari cerita panji. Cerita itu tentang Raja Klana Sewandana yang sedang jatuh cinta.
  Gerak-gerik tarinya menggambarkan Prabu Klana yang sedang menghias diri. Ada gerak mengatur rambut. Ada gerak menghias kumis.
  Ada gerak menata pakaian. Ada juga gerak sedang bercermin. Iringan yang mengiringi tarian yaitu seperangkat gamelan Jawa.
  Penari saat mempertunjukkan Tari Klana Topeng menggunakan busana, di antaranya celana, kain, sabuk, selendang, penutup kepala, hiasan dada, hiasan tangan, dan hiasan kaki. Tari Klana Topeng ditarikan kurang lebih selama lima belas menit. Penari menggunakan topeng selama menarikan Tari Klana Topeng. Pemakaian topeng oleh penari secara terus menerus selama menarikan tarian ini sehingga membuat kagum para penonton. Penari tetap bersemangat dan lincah dalam bergerak meskipun memakai topeng

Ayo Berlatih
Kamu telah membaca dengan cermat teks nonfiksi berjudul Tari Klana Topeng

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.
1. Informasi apakah yang kamu harapkan ketika kamu baru membaca judul teks nonfiksi (Tari Klana 
    Topeng)?
2. Sesuaikah antara harapan informasi yang kamu peroleh ketika baru membaca judul teks nonfiksi 
    dengan informasi yang kamu peroleh setelah membaca teks nonfiksi berjudul Tari Klana Topeng?
3. Informasi apakah yang kamu peroleh setelah membaca teks nonfiksi berjudul Tari Klana Topeng?

 Tuliskan hasil perbandingan informasi yang kamu harapkan ketika kamu baru membaca judul teks nonfiksi dan informasi yang kamu dapat setelah membaca teks nonfiksi. Selanjutnya, presentasikan secara lisan di depan kelas. Lakukan secara bergantian dengan temanmu.

Ayo Mengamati

Apakah kamu pernah memperagakan karya tari bentuk tunggal? Karya tari apa yang pernah kamu peragakan? Amatilah gerak tari kreasi bentuk tunggal berikut.
1. Melangkah maju, kepala menengok mengikuti langkah kaki.

2. Mengangkat kaki kanan diangkat, lalu ditapakkan.
 Kemudian, kaki kanan ditapakkan ke samping, lalu jinjit di belakang kaki kiri. 
   Perhatikan sikap tangan pada gambar berikut.


  
Ayo Berlatih 
Berlatihlah memperagakan gerak-gerak tari kreasi bentuk tunggal di atas.
Sebelum bergerak siapkan properti tari berupa tongkat. Setelah melakukan latihan memperagakan gerak tari tersebut, ungkapkan pendapatmu mengenai gerakan. Apakah gerak tari di atas sulit diperagakan? Tuliskan dalam kolom berikut.

Ayo Mengamati
  Buatlah kelompok terdiri atas 5 anak. Lakukan pengamatan terhadap sebuah tarian kreasi daerah bersama teman satu kelompokmu. Cermati tahapan penampilan karya tari kreasi daerah tersebut. Tuliskan unsur-unsur tari dari tarian yang kamu amati.
Dalam membawakan tari tunggal, kita bisa menggunakan properti. Properti merupakan perlengkapan yang digunakan oleh penari ketika mementaskan sebuah tarian.
Ayo, kita perhatikan properti dalam tari tunggal berikut.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar