Selasa, 18 Februari 2020

Hari/Tanggal : Rabu, 19 Februari 2020

MATAHARI PUSAT SISTEM TATA SURYA
KELAS 6 TEMA 9 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 5

Matahari terbit di timur dan terbenam di sebelah barat setiap hari. Tidak pernah berubah hingga kini. Apa saja yang kamu amati ketika matahari terbit dan tenggelam? Adakah perbedaan yang kamu lihat dan rasakan ketika kamu menyaksikan peristiwa alam itu?

Buatlah paling sedikit dua pertanyaan yang berhubungan dengan peristiwa alam tersebut!

Mengapa matahari terbit dari timur?
Mengapa jika malam hari suasana menjadi gelap?

Ayo Berdiskusi
Peristiwa terbit dan tenggelamnya matahari merupakan salah satu peristiwa alam. Kedua peristiwa tersebut menunjukkan keteratura yang terus berlangsung hingga saat ini. Bersama dengan teman sebangkumu, diskusikan hal-hal berikut ini:

1. Adakah keteraturan peristiwa alam yang kamu amati selain peristiwa Matahari terbit dan tenggelam tersebut?
Jawaban :
Ada. Diantaranya rotasi Bumi yang selalu teratur arah rotasinya. Peredaran planet-planet yang teratur pada jalur orbitnya. Keteraturan arah revolusi bulan terhadap Bumi. Keteraturan rotasi satelit-satelit planet lainnya terhadap planetnya masing-masing, dan sebagainya.

2. Bagaimana kamu menjelaskan makna keteraturan?
Jawaban :
Keteraturan adalah suatu kesamaan keadaan/kegiatan, atau suatu proses yang terjadi beberapa kali/berulang dimana proses tersebut terjadi secara baik/rapi/teratur


3. Bagaimana keteraturan memberikan manfaat kepada manusia?
Jawaban :
Keteraturan peredaran benda langit pada orbitnya memberi manfaat bagi manusia terutama dalam menentukan arah/posisi melalui rasi bintang
Keteraturan rasi bintang digunakan manusia untuk menentukan waktu yang tepat untuk memulai masa tanam/menggarap sawah
Keteraturan angin darat dan angin laut bermanfaat bagi manusia saat melaut
Adanya keteraturan siklus air bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia
Adanya keteraturan siklus siang dan malam bermanfaat bagi manusia dalam menentukan waktu beraktivitas dan waktu istirahat

4. Keteraturan seperti apa yang kamu harapkan terjadi di sekitarmu?
Jawaban :
Keteraturan dalam bersosialisasi/berinteraksi antar manusia
Keteraturan dalam berinteraksi dengan alam/lingkungan

5. Bagaimana memastikan terjadinya keteraturan di dalam kehidupan pribadimu?
Jawaban :
Dengan berkomitmen/berdisiplin melaksanakan segala hal yang sudah menjadi kewajiban saya dan menyeimbangankan kewajiban tersebut dengan hak saya, sehingga terjadi keteraturan.

6. Bagaimana memastikan terjadinya keteraturan dalam hidup bermasyarakat?
Jawaban :
Keteraturan dalam masyarakat akan terjadi apabila setiap individu melaksanakan kewajiban dan menerima haknya sesuai ketentuan/seimbang

Jelaskanlah hasil diskusimu dengan menggunakan peta pikiran. Lalu, presentasikanlah di dalam kelompok kecil di dalam kelas. Catatlah hal-hal menarik dan baru dari hasil diskusi dengan teman-temanmu. Tuliskanlah beberapa pertanyaan yang muncul pada saat diskusi tersebut.

Bacalah kembali artikel tentang "Mengenal Tata Surya" pada pembelajaran 2. Bacaan "Matahari Pusat Sistem Tata Surya". Melalu dua bacaan tersebut, kita dapat melakukan pengelompokan sifat-sifat anggota tata surya

Bersama dengan teman sekelompokmu, lakukan pengelompokan anggota tata surya dengan melengkapi tabel berikut.

Urutkan planet di dalam tata surya dari yang terdekat hingga terjauh dari matahari.
Urutkan planet dari yang terpanas hingga yang terdingin
urutan planet terpanas-terdingin
Urutkan planet yang melakukan rotasi paling cepat hingga yang paling lambat
Urutan planet berdasarkan kecepatan rotasi
Urutkan planet yang melakukan revolusi dari yang paling cepat ke yang paling lambat
urutan planet berdasarkan kecepatan revolusi
Perbedaan dan persamaan antara planet dalam dan planet luar
Perbedaan dan persamaan planet dalam dan planet luar
Kesimpulan apakah yang kamu dapatkan dari kegiatan pembelajaran di atas?
Adakah pertanyaan yang kamu miliki sehubungan dengan keteraturan dalam tata surya setelah melakukan kegiatan tersebut?
Mengapa letak orbit (garis edar) tiap planet itu berbeda?

Ayo Menulis
Lengkapi diagram berikut ini setelah kamu membaca cerita fiksi di atas!
Jawaban: Judul Cerita : Masih adda Waktu, Arya!
Pengarang: Diana Karitas
Watak Tokoh Utama : Sayang Saudara, Rela berkorban demi keteraturan
Watak Tokoh Tambahan : Sayang anak, Bijaksana
Gambar Tempat peristiwa : 
Gambaran tempat peristiwa adalah di tempat pembelian tiket gedung bioskop, dimana terjadi antrian yang cukup panjang.
Antre tiket bioskop (bangka.tribunnews.com)
Hubungan antara Tokoh Utama dan Tokoh Tambahan
Hubungan keluarga, antara ayah dan anaknya
Isi Cerita
Arya senang sekali karena hendak menonton film bersama ayahnya di bioskop. Namun kegembiraannya mulai memudar begitu mengetahui banyaknya penonton yang ingin melihat film tersebut, yang menyebabkan terjadinya antrian yang cukup panjang. Arya pun mulai murung, dia sempat berpikir seandainya tadi sepeda kakaknya tidak rusak, dana ayah tidak memperbaiki sepeda kakaknya, mungkin ia dan ayah bisa datang lebih awal, sehingga tidak perlu mengantri lama. Mengetahui hal tersebut ayah Arya menasihatinya dan Arya bisa memahaminya. Tiba-tiba terdengar suara anak perempuan yang kesakitan perutnya. Mengetahui hal tersebut Arya berinisiatif untuk mempersilahkan anak perempuan dan orang tua tersebut untuk lebih dahulu daripada Arya untuk membeli tiket. Arya berpikir, jika dia tidak mengalah, maka akan timbul suasana tidak teratur di antrean akibat sakitnya anak perempuan tersebut. Arya ingin memastikan semua tetap teratur dan dapat melakukan kegiatan sesuai dengan yang telah direncanakan. Ayah bangga dengan keputusan Arya tersebut.

Apa yang terjadi jika Arya tidak cepat mempersilakan orang dibelakangnya mengambil antreannya? Lanjutkan cerita di atas dengan menggunakan imajinasimu. Lalu, tulislah hasil pengembangan ceritamu ke dalam sebuah paragraf.

Arya senang sekali karena hendak menonton film bersama ayahnya di bioskop. Namun ia jadi murung setelah melihat antrean pembelian tiket yang cukup panjang. Arya sempat berpikir seandainya ayahnya tidak memperbaiki sepeda kakaknya yang rusak, mungkin mereka bisa datang lebih awal dan tidak antre terlalu lama. Ayah menasihati Arya, namun Arya tetap cemberut. Tiba-tiba anak perempuan yang antre dibelakang Arya mengeluh perutnya sakit, karena kebelet untuk ke toilet untuk buang air besar. Namun Arya tidak peduli, karena sebentar lagi adalah gilirannya setelah menunggu lama. Akibat dari tindakan Arya tersebut adalah anak perempuan yang masih kecil itu akhirnya buang air besar di tempat, karena tidak tertahankan. Tentu saja peristiwa tersebut menimbulkan kekacauan, antrean yang rapi jadi rusak, karena beberapa orang yang dekat dengan peristiwa menyingkir menjauh, mengetahui itu beberapa orang berniat menerobos antrean, dan hal ini menimbulkan pertengkaran di kalangan calon pembeli tiket. Untuk menghindari kekacauan dan pertengkaran lebih parah, maka pihak bioskop menutup sementara tiket pembelian, sehingga tidak ada calon pembeli tiket yang bisa dilayani, termasuk Arya. Arya menjadi menyesal atas tindakannya tersebut.

PENTINGNYA PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA
TEMA 9 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 6 

Perhatikan gambar kegiatan berikut ini dengan saksama. Lalu, diskusikan pendapatmu dengan teman sekelompokmu tentang peristiwa dalam gambar dengan upaya keteraturan yang diupayakan masyarakat
Gambar 1 menunjukkan tentang keteraturan yang terjadi saat pengunjung kebun binatang sedang antri untuk membeli tiket. Tidak ada desak-desakan untuk saling mendahului antar pengunjung yang ingin membeli tiket, sehingga tidak terjadi konflik diantara mereka. Dengan tidak ada/berkurangnya konflik, maka diharapkan akan muncul persatuan dan kesatuan di kalangan masyarakat

Gambar 2 menunjukkan keteraturan dalam berbaris saat siswa mengikuti kegiatan upacara/kegiatan yang lain. Dengan adanya keteraturan tersebut maka diharapkan akan muncul kebersamaan dan kekeluargaan tanpa adanya diskriminasi, sehingga akan muncul sikap persamaan derajat, yang pada akhirnya akan menimbulkan sikap persatuan dan kesatuan di kalangan siswa.

Ayo Berdiskusi
A. Bersama kelompokmu, lakukanlah kegiatan sebagai berikut :
Bacalah kembali bacaan "Pentingnya persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia" dengan saksama. Tentukan beberapa informasi-informasi penting yang terdapat di dalam bacaan.
Gunakan tabel berikut ini untuk mengingat ide-ide pokok dari bacaan tersebut.
Diskusikan bersama dengan kelompokmu peristiwa-peristiwa yang terjadi yang menunjukkan pentingnya persatuan dan kesatuan bagi diri sendiri, masyarakat serta bangsa dan negara. Kamu dapat menggunakan berbagai sumber informasi untuk menjelaskan peristiwa tersebut
Presentasikan hasil diskusimu di depan kelas dengan memberikan kesempatan kelompok lain untuk memberikan pertanyaan berdasarkan presentasimu.
B. Dari hasil diskusi dan presentasi dari kelompokmu dan kelompok lain, catatlah hal-hal menarik dan tuliskanlah pertanyaan yang berhubungan dengan isi presentasi tersebut. Catat dan tuliskanlah di tempat yang tersedia.
Hal menarik :
Pentingnya persatuan dan kesatuan
Keteraturan
Budaya antri
Gotong royong
Peran sikap jujur

Pertanyaanku :
Mengapa persatuan dan kesatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia?
Apa sebab keteraturan di sebagian besar masyarakat masih kurang?
Mengapa budaya antri di negara Indonesia masih sangat rendah dibandingkan dengan negara lain?
Apa yang dimaksud dari gotong royong?
Mengapa sikap jujur sangat penting dalam membangun persatuan dan kesatuan bangsa?

Lengkapi diagram berikut ini!


Tuliskan ringkasanmu di sini

Wina mendapat tugas menulis cerpen yang harus segera dikumpulkan esok hari. Untuk mempersingkat waktu, Wina menyalin cerpen dari majalah lama. Esok paginya Wina mengumpulkan tugasnya kepada Boy, si ketua kelas. Tera sebagai teman sebangku menyarankan agar Wina tidak melakukan plagiat.

Ketika Ibu Indi sebagai guru membagikan tugas menulis cerpen yang sudah diperiksan, bu Indi memberi penghargaan kepada Wina berkat tulisan cerpennya yang bagus dan meminta Wina maju ke depan untuk membacakan cerpennya. Wina kemudian berkata jujur kepada bu Indi dan semua teman-temannya kalau karya cerpennya adalah hasil menyalin dari cerpen majalah lama. Bu Indi dengan bijaksana tidak marah, tetapi tetap memberi hukuman yang adil kepada Wina untuk membuat cerpen lagi untuk dikumpulkan esok harinya, dan Wina dengan senang hati menerima hukuman tersebut.

B. Lengkapilah tabel berikut ini berdasarkan cerita di atas. Jelaskan setiap tokoh tambahan yang ada di dalam cerita dengan wataknya sesuai dengan imajinasimu berdasarkan cerita di atas.

Senin, 17 Februari 2020

Hari/Tanggal : Selasa, 18 Februari 2020

MODERNISASI DALAM MASYARAKAT INDONESIA
KELAS 6 TEMA 9 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3 


Amatilah dengan saksama gambar-gambar di halaman 26. Lalu, diskusikan dengan temanmu dengan mengikuti kegiatan berikut:

  1. Sebutkan nama dan kegunakan benda-benda tersebut!
  2. Jelaskan di mana kamu menjumpai benda-benda tersebut!
  3. Urutkanlah benda-benda tersebut, dari yang paling sering ke yang paling jarang kamu lihat dan gunakan
  4. Tentukan benda-benda mana saja yang sampaik sekarang ada di rumahmu dan masih digunakan
  5. Pilihlah satu benda dari benda-benda di atas yang paling kamu inginkan dan jelaskan alasanmu!

Nomor 1 :
Nama : Alat bajak tradisional
Kegunaan : Mengolah tanah pertanian/sawah
Tempat menjumpai : Lahan pertanian/sawah

Nomor 2 :
Nama : Mesin bajak/alat bajak modern
Kegunaan : Mengolah tanah pertanian/sawah
Tempat menjumpai : Lahan pertanian/sawah

Nomor 3 :
Nama : Mesin ketik
Kegunaan : Membuat catatan/tulisan
Tempat menjumpai : Perkantoran

Nomor 4 :
Nama : Laptop
Kegunaan : Membuat catata/tulisan
Tempat menjumpai : Perkantoran, rumah

Nomor 5 :
Nama : Setrika arang/Setrika tradisional
Kegunaan : Merapikan baju/menghilangkan kerutan pakaian
Tempat menjumpai : Rumah

Nomor 6 :
Nama : Setrika listrik/Setrika modern
Kegunaan : Merapikan baju/menghilangkan kerutan pakaian
Tempat menjumpai : rumah

Nomor 7 :
Nama : Telepon
Kegunaan : Sebagai sarana komunikasi
Tempat menjumpai : perkantoran, rumah, dan tempat lainnya

Nomor 8 :
Nama : Handphone/Telepon genggam
Kegunaan : Sebagai sarana komunikasi
Tempat menjumpai : Individu/orang yang mempunyai/di berbagai tempat

Urutan dari yang paling sering ke yang paling jarang dilihat dan digunakan :
Handphone, Setrika listrik, Laptop, Mesin bajak, Telepon, Mesin ketik, Alat bajak tradisional, Setrika arang.
Benda yang ada di rumah dan masih digunakan :
Handphone, Setrika listrik, Laptop

Benda yang paling diinginkan :
Alternatif 1 :
Laptop, karena banyak kegunaannya, serta membantu mempermudah aktivitas dan mempercepat kegiatan
Alternatif 2 :
Handphone, karena sebagai sarana komunikasi yang dibutuhkan setiap hari, membantu aktivitas
Kamu telah membaca dan mengetahui tentang masyarakat modern.
Bersama dengan teman dalam kelompok tentukan ciri-ciri masyarakat modern dari bacaan di atas. Lalu, gambarlah atau carilah gambar yang sesuai untuk menjelaskan ciri masyarakat modern tersebut. Buatlah tabel untuk menjelaskan hasil diskusimu. Lalu, presentasikanlah hasil diskusimu di depan kelas dengan percaya diri.

Menghargai Waktu


Percaya Diri


Tabel hasil diskusi

Ayo Berlatih
Lakukanlah kegiatan ini secara berpasangan. Lakukanlah wawancara terhadap orang tua atau kakek nenekmu tentang cara hidup mereka ketika mereka seusia kamu. Sebagai pewancara, kamu harus mencari tahu bagaimana cara mereka melakukan kegiatan belajar di rumah dan di sekolah. Apa saja yang mereka lakukan pada saat hari libur atau ketika tidak bersekolah. Apa saja yang mereka gunakan untuk melakukan kegiatan-kegiatan tersebut. Lalu, ringkaslah hasil wawancaramu untuk dibandingkan dengan kegiatan yang sama yang kamu lakukan saat ini. Catatlah hasil wawancaramu dengan menggunakan tabel berikut. Perhatikan contoh

Nama Narasumber : . . . . . (Kakek)
Nama Pewancara : . . . . . (siswa)
Usia Narasumber : 60 Tahun
Tempat Wawancara : Rumah kakek
Buatlah sebuah tulisan dalam satu paragraf untuk membuat kesimpulan dari wawancara tersebut.

Perhatikan baik-baik cerita fiksi di atas untuk menjawab beberapa pertanyaan berikut
1. Bagaimana menurutmu cerita fiksi di atas? Apakah kamu menyukai ceritanya? Mengapa?
Cerita yang sangat bagus. Saya menyukainya cerita tersebut. Karena cerita tersebut menceritakan tentang salah satu manfaat pemakaian ilmu pengetahuan/teknologi modern yang menjadi salah satu ciri dari masyarakat modern
2. Masih ingatkah kamu tentang tokoh utama dan tokoh tambahan dalam sebuah cerita fiksi? Menurutmu apakah perbedaan keduanya?
Ya, Perbedaannya adalah tokoh utama merupakan tokoh yang banyak diceritakan di dalam sebuah cerita, sedang tokoh tambahan merupakan tokoh yang mendukung tokoh utama
3. Bagaimanakah caramu untuk menentukan tokoh utama dan tokoh tambahan dari cerita tersebut?
Tokoh utama dan tokoh tambahan biasanya ditentukan dengan melihat seberapa sering sang tokoh muncul dalam cerita atau dialog di dalam cerita tersebut. Kita juga dapat menentukannya dengan melihat jalan cerita, dan tentang siapa cerita tersebut. Tokoh tambahan biasanya mendukung tokoh utama, peran tokoh tambahan salah satunya untuk memperjelas watak tokoh utama.
Ayo Menulis
Berdasarkan cerita fiksi Si Hitam, lakukanlah kegiatan berikut ini
1. Gunakan diagram di bawah ini untuk menjelaskan tentang tokoh utama dan tokoh tambahan dalam cerita si Hitam
2. Jelaskan gambar tersebut dengan menuliskan beberapa kata kunci tentang sifat dan ciri fisiknya dan mengapa kamu menggambarkannya demikian. Gunakan dua kotak berikut untuk mengerjakannya!

 
Buatlah sebuah ringkasan dari cerita Si Hitam dalam satu paragraf. Tuliskanlah di tempat yang telah tersedia berikut ini
Kak Irma baru saja pulang sekolah. Ia mendapati adiknya yang bernama Rina menangis. Kak Irma segera menanyakan sebab Rina menangis. Rina menangis karena tidak mendapati kucingnya yang bernama si Hitam ada di rumah, dan Rina kuatir jika si Hitam tidak pulang kembali. Segera Kak Irma menuju ke dalam untuk mencetak foto si Hitam yang ada di telepon genggamnya melalui printer, dan segera meminta Rina untuk menyebarkan foto si Hitam yang sudah selesai dicetak bersama dengan teman-teman Rina. Kak Irma juga menghubungi teman-temannya untuk mencari keberadaan si Hitam. Beberapa jam kemudian telepon genggam Kak Irma berbunyi dan salah satu kenalannya memberitahukan keberadaan si Hitam dan kenalannya tersebut akan mengantarkan si Hitam pulang. Rina tentu gembira dan bersyukur karena berkat teknologi permasalahannya terselesaikan.

Jawablah pertanyaan berikut ini
1. Apa makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika?
Bhinneka Tunggal Ika memiliki makna meskipun berbeda-beda tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia adalah satu kesatuan yang utuh yang tidak dapat dipisahkan
2. Bagaimana peran semboyan Bhinneka Tunggal Ika dalam upaya meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa?
Bhinneka Tunggal Ika menjadi semboyan atau moto bangsa Indonesia dan menjadi bagian dari lambang Negara Indonesia. Hal ini dimaksudkan agar bangsa Indonesia yang beragam ini terus mengingat pentingya persatuan dan kesatuan bangsa sebagai bangsa yang utuh dan berdaulat
3. Mengapa persatuan dan kesatuan bangsa dianggap penting bahkan oleh nenek moyang kita?
Sejak dahulu, bangsa Indonesia yang tinggal dalam daerah kepulauan memiliki keragaman dalam budaya, agama, suku, bahasa dan adat istiadat. Keharmonisan dalam perbedaan/keragaman itu bisa terwujud bila ada persatuan dan kesatuan.
4. Bersama dengan temanmu, carilah sebuah peristiwa dari koran atau majalah. Peristiwa tersebut yang menjelaskan peristiwa yang dapat memengaruhi makna persatuan dan kesatuan bangsa di dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Jelaskanlah judul peristiwa, tempat peristiwa, sumber berita dan gambar, dan makna persatuan dan kesatuan melalui gambar tersebut. Jelaskanlah hasil pemikiranmu di depan kelas dengan percaya diri

Judul Peristiwa:
Memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa lewat "Harmoni Indonesia 2018"
Tempat Peristiwa :
Area Taman Cikapayang, Jalan Ir. H. Djuanda, Bandung
Sumber berita :
Universitas Padjadjaran : http://www.unpad.ac.id/2018/08/memperkuat-persatuan-dan-kesatuan-bangsa-lewat-harmoni-indonesia-2018/
 
Makna persatuan dan kesatuan.
Dengan kegiatan Harmoni Indonesia 2018, semangat persatuan, kerukunan, dan kebangsaan bisa diperkuat dan agar asset terbesar bangsa Indonesia yaitu persatuan dan nasionalisme tetap terjaga

Ayo Berlatih
Lakukanlah kegiatan berikut ini di dalam kelompok yang terdiri atas 3 orang
1. Perhatikan kembali cerita fiksi berjudul si Hitam. Bacalah dengan saksama. Lalu, carilah peristiwa persatuan dan kesatuan yang ada dalam cerita tersebut.
Kak Irma bersatu dengan Rina bahu membahu mencari cara menemukan si Hitam. Rina dan teman-teman Rina menyebarkan gambar si Hitam.
2. Gambarkanlah peristiwa dalam cerita tersebut sesuai dengan imajinasimu dalam kertas karton ukuran A4 yang dibagi dua
3. Pada bagian samping gambar, buatlah sebuah gambar lain yang menceritakan peristiwa persatuan dan kesatuan yang terjadi di sekolahmu
4. Gunakan gambar tersebut untuk menceritakannya di depan kelompok lain
Persatuan dan kesatuan dalam ruang lingkup yang kecil atau sederhana terdapat dalam keluarga. Bagaimana antara kakak dan adik tercipta persatuan dan kesatuan, agar tercipta kerukunan dan keharmonisan dalam keluarga.
Persatuan dan kesatuan juga bisa diciptakan di lingkungan sekolah, terutama saat bersama-sama mendapat tugas kelompok, bagaimana tugas dibagi masing-masing anggota kelompok. Tanpa persatuan dalam kelompok belajar, maka tugas yang diterima akan sulit terselesaikan dengan baik.

DAMPAK SOSIAL MODERNISASI  PEMBELAJARAN 4 SUBTEMA 1 TEMA  9

Ayo Mencoba
Lakukan kegiata berikut ini dengan memperhatikan instruksi yang diberikan
A. Membuat Peta Pikiran
Dengan menggunakan bacaan di atas dan juga menggunakan sumber informasi lainnya yang sesuai, buatlah sebuah peta pikiran. Peta pikiranmu sebaiknya memuat beberapa hal berikut ini :
Dampak modernisasi terhadap masyarakat, baik dampak positif maupun dampak yang merugikan yang perlu diwaspadai
Menjelaskan contoh setiap dampak yang disebutkan dalam artikel. Contoh lain dapat didapatkan dari sumber informasi lain yang sesuai
Tulisan dan gambar keseluruhan harus jelas dan mudah dibaca. Kamu dapat menggunakan pensil warna atau spidol untuk memperjelas dan membuatnya menarik

B. Membuat kliping dampak modernisasi secara sosial
Kamu telah memahami dampak modernisasi dari artikel dan kegiatan sebelumnya. Sekarang buatlah kliping mengenai hal tersebut.

Lakukanlah kegiatan ini secara berpasangan. Kumpulkanlah paling sedikit dua artikel dan gambar dari surat kabar, majalah, atau media lainnya. Carilah artikel dan gambar yang menjelaskan dampak modernisasi terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. Sebelumnya, bacalah perintah pembuatannya berikut ini.

Gunakanlah surat kabar, majalah, atau media lain sebagai sumbernya.
Jelaskan artikel tersebut dengan menggunakan kata tanya : di mana, siapa, mengapa, kapan,dan bagaimana
Jangan lupa mencantumkan sumbernya
Buatlah klipingmu semenarik mungkin agar mengundang orang lain untuk membacanya. Tuliskan dengan kalimat sederhana bagaimana artikel dan gambar tersebut menjelaskan dampak modernisasi secara sosial
Artikel :
Dampak Jejaring Sosial terhadap Perubahan Sosial Masyarakat
A. Perkembangan Jejaring Sosial
Pada awal abad yang baru ini, peradaban dunia dibawa ke dalam situasi yang paradoks. Di satu sisi, globalisasi telah melahirkan kesadaran manusia sebagai penghuni satu bumi. Sekat ruang dan waktu terasa sirna dihempas gelombang teknologi yang merambah dunia, akselarasi informasi dan komunikasi yang tak lagi mampu dihambat, yang semuanya itu menciptakan fenomena yang mengglobal. Namun di sisi lain, globalisasi pun telah merangsang munculnya kecenderungan lokalisasi, seperti munculnya aliansi regionalisme ekonomi, menguatnya kesadaran etnik, serta pencarian jati diri dari berbagai komunitas, beserta faham-faham yang menyertainya seperti gerakan fundamentalisme agama, militansi etnik, solidaritas teritorial dan berbagai fenomena komunitas lainnya.
Dalam realitas kebangsaan Indonesia, fenomena global juga memberikan dampak terhadap paradigma masyarakat. Pada satu sisi fenomena ini mendorong masyarakat untuk mencapai kesejahteraan hidup dalam kehidupan sebagai satu bangsa. Namun, pada sisi yang lain, bangsa ini telah memasuki ruang-ruang kepentingan komunitas, kelompok, dan kepentingan primordialisme lainnya yang merasuk dalam berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu kehidupan politik, ekonomi, sosial, budaya dan masyarakat.
Tak dapat dipungkiri bahwa bangsa Indonesia telah cukup lama berdaya upaya untuk menggagas demokrasi. Banyak pihak berpendapat bahwa demokrasi berakar pada nilai-nilai budaya bangsa, karenanya demokrasi bukanlah sesuatu yang baru bagi Indonesia, akan tetapi realitas yang ada adalah bahwa bangsa ini belum berhasil merumuskan konsep demokrasi yang substansial. Pembangunan demokrasi sangat erat kaitannya dengan partisipasi aktif masyarakat sebagai subjek dari demokrasi tersebut. Masyarakat harus memiliki kesadaran dan kepekaan untuk memainkan perannya dalam mendorong terjadinya pembangunan yang adil dan merata bagi segenap rakyat Indonesia.
Dalam perjalanan waktu, masyarakat Indonesia harus menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman yang ada sekarang ini. Perkembangan teknologi informasi, akulturasi budaya, ekonomi global, dan banyak perkembangan zaman lainnya seharusnya tidak menjadi hambatan masyarakat dalam menjalankan perannya melakukan perubahan bagi dirinya dan lingkungan sekitarnya. Masyarakat harus bersifat dinamis menyesuaikan diri dengan zaman, namun tetap mengedepankan aturan dan norma-norma yang berlaku di Indonesia. Sehingga walaupun mengikuti perkembangan yang terjadi di dunia, masyarakat tetap menjunjung tinggi kultur khas dari bangsa Indonesia.

Masyarakat Indonesia sekarang ini sudah mulai fasih memberdayakan teknologi informasi. Masyarakat menggunakan media sosial untuk berbagai aktivitas seperti bisnis online, publikasi kegiatan, menyampaikan gagasan, ataupun sekedar bertegur sapa dengan teman dan kolega. Kecenderungan masyarakat saat ini juga lebih suka sesuatu yang instan, cepat, dan tidak menghabiskan waktu. Fenomenanya dapat kita lihat bersama. Masyarakat yang dulu lebih senang berlama-lama membaca koran cetak, sekarang ini sudah cukup puas dengan membaca berita di twitter ataupun membaca koran secara digital sambil naik angkutan umum ke tempat kerja/kampus. Kita dapat melihat di angkutan umum seperti busway, angkot, kereta, dan angkutan massal lainnya, masyarakat menggunakan waktu perjalanannya untuk berselancar di dunia maya. Bahkan tidak jarang dalam sela-sela aktivitas kerja ataupun belajar, masyarakat menyempatkan diri untuk berjejaring sosial.

Saat ini telah banyak jasa jejaring sosial yang tersedia untuk diakses oleh masyarakat. Mulai dari Friendster yang ramai digunakan oleh masyarakat Indonesia di tahun 2002-2006, dilanjutkan dengan Facebook, MySpace, YouTube, Flickr, Twitter, dan lainnya. Setiap jejaring sosial menyediakan fasilitas yang unik dan berbeda-beda. Beberapa contohnya antara lain:

Friendster
Friendster merupakan salah satu jejaring sosial pertama yang populer di Indonesia. Jejaring sosial ini menawarkan konten dimana pengguna bisa membuat sebuah profil yang bisa terhubung ke profil orang lain. Kita dapat mengunggah foto ataupun menuliskan aktivitas kita di profil yang kita buat. Jejaring sosial ini populer pada awal tahun 2002 hingga 2006.

YouTube
YouTube adalah sebuah situs yang menyediakan konten untuk berbagi video, audio, berita, dan lainnya. Kita dapat mencari, mengunggah, ataupun mengunduh berbagai jenis data di website ini. Umumnya masyarakat menggunakan jejaring sosial ini untuk berbagi video dan berita.

Facebook
Facebook adalah jejaring sosial paling populer yang masih digunakan masyarakat hingga saat ini. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg pada tahun 2004. Jejaring sosial ini menawarkan konten dan fasilitas yang lebih lengkap dari jejaring sosial lainnya. Fasilitas yang diandalkan dari jejaring ini antara lain konten chat, berbagi foto dan video, beragam permainan Facebook, ataupun dapat berbagi status maupun catatan (note). Saat ini ada lebih dari 600 juta orang di dunia yang menggunakan Facebook dan Indonesia merupakan salah satu negara penyumbang pengguna terbanyak.

Twitter
Twitter adalah jejaring sosial yang menfokuskan diri pada micro-blogging. Namun fokus ini menjadi keunggulan tersendiri dari Twitter. Twitter memungkinkan kita untuk mengikuti (follow) teman maupun orang lain yang ingin kita ketahui aktivitasnya. Kita juga dapat berbagi informasi terkini melalui jejaring ini. Twitter banyak digunakan oleh tokoh-tokoh masyarakat maupun artis untuk menyampaikan aktivitasnya maupun pemikiran-pemikiran dari tokoh-tokoh tersebut. Bahkan berbagai situs baik situs berita, lembaga pemerintahan, perusahaan, dan lainnya menggunakan media ini untuk menyampaikan aktivitasnya.

Change.org
Change.org adalah jejaring sosial yang digunakan sebagai wadah bagi masyarakat untuk memberikan petisi terkait suatu kondisi ataupun permasalahan. Banyak digunakan oleh masyarakat global untuk mengangkat isu-isu yang terjadi di lingkungan dunia. Masyarakat Indonesia sendiri mulai menggunakannya pada tahun 2010. Banyak permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat yang kemudian diangkat melalui media ini seperti terkait ekosistem Gunung Leuser, stop mobil murah, dan kampanye-kampanye lainnya.

B. Perubahan Sosial
Fenomena belakangan ini, Gerakan-gerakan di Timur Tengah, Brasil, dan negara-negara lainnya yang merintis terjadinya perubahan sosial diawali dengan gerakan di media sosial. Diskusi-diskusi yang selama ini dilakukan secara bertatap mata di dunia nyata juga mulai beralih ke dunia maya. Oleh karena itu, di era sekarang ini media sosial telah menjadi salah satu ujung tombak gerakan pemikiran dalam mendorong terjadinya perubahan sosial di tengah masyarakat.

Berbagai lembaga seperti lembaga pemerintah, perusahaan, lembaga masyarakat seperti NGO dan LSM mengganggap teknologi informasi ini penting sehingga memiliki pengurus/pegawai di bidang komunikasi. Mereka memiliki tugas untuk rutin mengunggah setiap informasi aktivitas dan data terkait tugas dan tanggung jawab dari lembaga tersebut. Harapannya masyarakat ataupun pendukung lembaga tersebut akan mendapatkan perkembangan aktivitas lembaga tersebut secara update.

Saat ini, informasi bisa diakses oleh masyarakat dengan cepat. Berita yang terjadi di pulau bahkan belahan dunia lain dapat diketahui hanya dalam hitungan menit bahkan detik. Ini jauh berbeda dengan era sebelum perkembangan teknologi informasi dimana informasi ataupun berita baru bisa diketahui setelah menunggu beberapa hari, minggu, bahkan bulan. Kondisi ini memberikan pengaruh terhadap perubahan sosial. Masyarakat, baik di perkotaan maupun perdesaan, ataupun di pusat maupun daerah dapat mengetahui setiap informasi dan berita yang terjadi di tengah masyarakat dalam waktu yang cepat. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh gerakan sosial di Brazil dan Timur Tengah, dan beberapa kali juga dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia.

Masyarakat Indonesia mulai memberdayakan jejaring sosial untuk melakukan advokasi dan kampanye terhadap berbagai permasalahan masyarakat maupun kebijakan yang tidak sesuai dengan kehendak masyarakat. Dalam prakteknya, beberapa kampanye dan advokasi yang dilakukan dengan jejaring sosial berhasil mencapai tujuannya. Kita dapat mengingat kampanye “koin untuk Prita” yang didukung oleh ribuan masyarakat yang bahkan tidak pernah kenal ataupun bertemu dengan Prita. Begitu juga sekarang ini banyak kampanye yang sedang dijalankan, baik melalui media Facebook, Twitter, Change.org, dan lainnya.

Dalam artikel koran Kompas bulan November lalu, dituliskan topik tentang Demokrasi Digital. Terdapat tiga pembagian generasi sesuai dengan perkembangan zaman. Adapun pembagian tersebut antara lain:
Generasi X = lahir pada tahun 1966 – 1976 (konservatif)
Generasi Y = lahir pada tahun 1977 – 1994 (transisi)
Generasi Z = lahir pada tahun 1995 – 2005 (baru/ICT)
Saat ini yang menjadi pemimpin di Indonesia dalam berbagai bidang (sosial, politik, budaya, dan lain-lain) masih generasi X. Sementara itu, generasi Y yang adalah generasi transisi teknologi sudah mulai masuk ke dalam sistem. Dan dalam waktu yang tidak lama, generasi Z juga akan segera masuk ke dalam sistem. Hal ini akan berdampak terhadap kondisi sosial masyarakat. Tingkat pendidikan masyarakat Indonesia belum merata, termasuk dalam hal pemahaman terkait pemanfaatan teknologi informasi, khususnya jejaring sosial. Oleh karena itu, pemerintah maupun stake holder di dalam masyarakat harus menyikapi perkembangan ini dengan seksama agar perkembangan teknologi ini dapat membawa manfaat terhadap perkembangan pembangunan masyarakat dan bukannya mudarat.

C. Dampak Negatif Jejaring Sosial
Dampak negatif dari jejaring sosial ini adalah pemanfaatan jejaring sosial yang tidak sesuai dengan fungsinya. Berbagai aksi kejahatan dapat terjadi melalui jejaring sosial. Maraknya penipuan melalui media sosial, pencemaran nama baik, pencurian identitas, peredaran narkoba, akses pornografi dan pornoaksi, serta beragam tindak kejahatan lainnya. Selain itu penggunaan jejaring sosial yang tidak sesuai dengan umur juga memberikan dampak terhadap mental masyarakat, khususnya anak-anak. Anak-anak yang terlalu cepat mengakses jejaring sosial dan kurang mendapat pembinaan dari guru ataupun orangtua akan membuat anak tersebut cenderung anti sosial. Anak tersebut akan lebih senang bersosial melalui jejaring sosial ketimbang melalui aktivitas pertemanan di dunia nyata. Selain itu anak yang mudah mengakses jejaring sosial akan lebih rawan terkena aktivitas kejahatan di dunia maya seperti mengakses situs pornografi, pencurian anak, dan lainnya.

Dalam aktivitas gerakan sosial, penggunaan jejaring sosial juga memberikan dampak negatif. Masyarakat lebih berani berkomentar di media sosial, namun tapi tidak berani mempertanggungjawabkan pendapatnya di dunia nyata. Tidak jarang jejaring sosial digunakan untuk mencemarkan nama baik individu maupun institusi. Beberapa pelaku terorisme juga mengaku belajar merakit bom melalui jejaring sosial. Gerakan-gerakan primordial, anti SARA juga berkembang melalui jejaring sosial. Banyak situs dan akun-akun dunia maya yang menghina suku, agama, ataupun golongan lainnya. Apabila tidak ada hukum yang mengatur pemanfaatan media teknologi informasi ini, dikuatirkan hal ini akan membawa dampak negatif terhadap masyarakat bahkan mengganggu keamanan, ketertiban, dan kedamaian di tengah masyarakat.

Untuk mengatasi berbagai permasalahan yang timbul dari penyalahgunaan teknologi informasi, termasuk jejaring sosial, pemerintah mengeluarkan UU No. 11 Tahun 2008 yang berisikan tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Terdapat sanksi baik pidana maupun uang terhadap berbagai pelanggaran yang ditimbulkan dari penyalahgunakan teknologi informasi ini. Sudah terdapat beberapa tindak pidana yang ditujukan kepada pelanggar UU No. 18 Tahun 2008. Dengan adanya undang-undang ini diharapkan dapat menjadi batasan bagi masyarakat yang bebas memanfaatkan jejaring sosial ini.

Namun, selain lewat pendekatan peraturan untuk menangani penyalahgunaan jejaring sosial, pemerintah dan berbagai lembaga masyarakat perlu melakukan pelatihan dan lokakarya bagi masyarakat sebagai langkah pencegahan, mulai dari tingkat anak-anak, remaja, hingga orang tua. Dengan ini, masyarakat akan mengerti bagaimana menggunakan teknologi informasi dan jejaring sosial yang baik dan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat. Dengan adanya pendidikan ini, harapannya jejaring sosial dapat mendukung terjadinya perubahan sosial yang positif dalam masyarakat sehingga dapat lebih cepat mencapai pembangunan yang dicita-citakan.
sumber :
https://www.kompasiana.com/sahatmps/54f7baf0a33311be208b4756/dampak-jejaring-sosial-terhadap-perubahan-sosial-masyarakat
Kata tanya :
Kapan Facebook didirikan? (tahun 2004)
Bagaimana jejaring sosial bisa memberi dampak negatif? ( berbagai aksi kejahatan dapat terjadi melalui jejaring sosial, seperti pencemaran nama baik, pencurian identitas, peredaran narkoba, dan lain-lain)
Di mana tempat masyarakat dalam melakukan aktivitas jejaring sosial? (di dunia maya/ online)
Siapa contoh individu yang berhasil memakai jejaring sosial untuk kampanye dan advokasi? (Prita dengan program kampanye "Koin untuk Prita")
Mengapa lembaga pemerintah, perusahaan, lembaga masyarakat menganggap teknologi informasi penting? (Karena lembaga/organisasi tersebut berharap masyarakat ataupun pendukung lembaga tersebut akan mendapatkan perkembangan lembaga tersebut secara update)

Pada tempat yang disediakan, tuliskan isi cerita dari cerita fiksi di atas.
Watak Tokoh Utama : Antusias, bertanggung jawab
Watak Tokoh Tambahan : Bijaksana, sabar
Gambar Tempat Peristiwa : Rumah Rino
Hubungan antara Tokoh Utama dan Tokoh Tambahan : Hubungan keluarga/Hubungan kakak beradik

Isi Cerita :
Rino berpikir keras saat pulang sekolah, ia mendapat tugas dari gurunya untuk membuat proyek sekolah. Kakaknya yang bernama Argia bertanya kepada Rino tentang masalah yang sedang dihadapi. Rino kemudian bercerita kepada kakaknya. Kakaknya yang baik segera membantu permasalahan yang dihadapi Rino dengan memanfaatkan internet, yaitu tentang berbagai cara membuat barang-barang yang diperlukan Rino untuk dijual di sekolah dalam kegiatan proyek sekolah. Kakak Rino juga menasihati agar Rino bijaksana dalam menggunakan internet.

Bersama dengan teman sebangkumu jawablah beberapa pertanyaan berikut ini.
1. Apa makna persatuan dan kesatuan bangsa dari bacaan tersebut?
Makna persatuan dan kesatuannya adalah Negara Indonesia sebagai bentuk persatuan dari kumpulan suku-suku di Indonesia yang beragam dan mendiami wilayah geografis pulau-pulau di Indonesia.

Makna persatuan dan kesatuan juga diartikan rasa senasib dan sepenanggungan sebagai bangsa yang bermukim di dalam wilayah Indonesia
Makna persatuan dan kesatuan juga berarti semangat bagi para pemuda bangsa yang berikrar dalam Sumpah Pemuda

2. Apa makna persatuan bangsa menurutmu sendiri?
Perbedaan-perbedaan yang ada tidak menjadi sumber perpecahan, tetapi justru menjadi sumber persatuan bangsa. Persatuan dan kesatuan menjalin rasa kebersamaan dan saling melengkapi antara satu dengan yang lain.
3. Bagaimana persatuan dan kesatuan bangsa diupayakan oleh para pendiri bangsa?
Diawali dengan berdirinya Budi Utomo tahun 1908, sebagai organisasi persatuan pertama di Indonesia, dilanjutkan dengan ikrar Sumpah Pemuda tahun 1928 dan puncaknya adalah adanya Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia tanggal 17 Agustus 1945

4. Bagaimana makna persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia saat ini? Berikan beberapa contoh!
Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia saat ini terus dipelihara, karena sangat penting bagi bangsa Indonesia yang memiliki ratusan suku dan adat budaya. Dengan tetap adanya persatuan maka rasa kebersamaan, sikap toleransi, kekeluargaan dan saling melengkapi akan tetap terjaga.

Contoh :
Mempelajari seni budaya dan kearifan lokal demi menjaga budaya Indonesia dari pengaruh gempuran budaya asing
Menjalin silaturahmi dengan kerabat dan warga sekitar
Tidak membeda-bedakan suku, ras, ataupun agama yang akan membuat perpecahan

5. Carilah satu berita utama tentang peristiwa yang terjadi di Indonesia. Berita utama tersebut berkaitan dengan persatuan dan kesatuan bangsa. Bacalah berita utama tersebut dengan saksama. Diskusikan dengan teman sebangkumu tentang makna persatuan dan kesatuan yang ada di dalam berita utama tersebut.

Wakil Presiden RI Yusuf Kalla mengatakan kekuatan yang dimiliki Negara Kesatuan Republik Indonesia justru karena ada perbedaan dan keberagaman dalam Bhinneka Tunggal Ika.

"Kekuatan bangsa ini justru karena perbedaannya. Kita melihat bagaiman keragaman itu menjadi indah dan menguatkan bangsa ini" kata wapres saat menghadiri Pesta Bolon Simbolon 2017 di Jakarta, Sabtu 8 Juli 2017

Wapres mengatakan, meski Indonesia terdiri dari beragam suku, bahasa, adat istiadat, dan kebudayaan yang berbeda namun tetap bersatu dalam memperjuangkan NKRI

"Coba bayangkan kalau negeri ini pecah belah, orang Batak ke Jawa harus pakai paspor, orang Sulawesi mau ke Jawa juga harus pakai paspor untuk mengunjungi satu sama lain" tambah dia

Wapres mengatakan, acara Pesta Horja Adat Batak yang merupakan prosesi ritual adat kebesaran masayrakat Batak yang dilakukan sejak dahulu membuktikan bahwa begitu beragamnya suku-suku, kebiasaan dan adat istiadat di tanah air.

"Di sini kita berada di keluarga suku Batak yang dinamis dan kadang-kadang meledak-ledak yang kalau berbicara terus terang, juga perantau. Kita juga punya suku Padang yang selalu indah dalam berbahasa santun dengan segala kearifannya" katanya

Ada juga suku Jawa yang tenang, NTT yang suka merantau dan pekerja keras dan Sulawesi yang merupakan kampung halaman asal Wapres Yusuf Kalla dengan keterbukaannya yang hampir sama dengan suku Batak.

Menurut wapres perbedaan karakteristik suku-suku di Tanah Air itulah yang juga menjadi kekuatan bangsa dan bersama-sama berjuang membangun negara yang maju dan adil

Wapres hadir dalam acara tersebut meresmikan Pesta Bolon Simbolon 2017. Saat tiba di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta. Wapres disambut upacara adat Batak yang diakhiri dengan disampirkannya ulos ke punggung Wapres Kalla

Minggu, 16 Februari 2020

Hari/Tanggal : Senin, 17 Februari 2020

KELAS 6 TEMA 9 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1

KETERATURAN YANG MENAKJUBKAN

Tahukah kamu apa yang kamu rasakan di Bumi dengan adanya revolusi Bumi terhadap Matahari?
  • Perbedaan lama siang-malam
  • Perubahan rasi bintang
  • Gerak semu tahunan Matahari
  • Perubahan musim


1. Perhatikan dengan saksama gambar sistem tata surya pada halaman sebelumnya. Namailah setiap planet yang terdapat dalam tata surya secara berurutan.

Nama Planet dalam Tata Surya berdasarkan urutan dari Matahari
Buatlah sebuah laporan pengamatan dari kegiatan di atas dengan menggunakan bentuk laporan sebagai berikut:

Judul Kegiatan :  Mengenal Tata Surya
Tujuan Pengamatan :
Mengetahui atau mengenal sistem tata surya dan cara kerja anggota sistem tata surya, serta ciri khusus masing-masing planet
Metode :  Membaca
Hasil Pengamatan :
Sistem tata surya menjadikan Matahari sebagai pusat. Matahari adalah sebuah bintang raksasa yang sangat panas seperti bola pijar. Planet yang terdekat dengan Matahari adalah Merkurius, terlihat dari Bumi sesaat setelah Matahari terbenam, atau sebelum Matahari terbit. Merkurius melesat cepat mengelilingi Matahari, namun lambat dalam berotasi. Planet Venus merupakan planet terdekat dengan Bumi. Venus lebih panas dibandingkan Merkurius karena adanya lapisan atmosfer yang tebal. Venus menjadi planet paling terang diantara planet lain. Venus berotasi searah jarum jam. Bumi disebut juga planet Biru karena sebagian besar Bumi berupa lautan. Planet Mars dijuluki planet merah. Disebut-sebut paling menyerupai Bumi. Planet Jupiter adalah planet terbesar dalam tata surya. Planet Jupiter merupakan planet yang sebagian besar terdiri atas gas. Memiliki bintik merah yang ternyata merupakan badai raksasa. Planet Saturnus memiliki cincin yang melingkari tubuhnya. Salah satu satelit yang paling terkenal mengelilingi Saturnus adalah Titan. Planet Uranus berputar miring karena porosnya yang hampir sejajar dengan orbitnya. Planet ini sangat dingin, yaitu sekitar minus 212 derajat celcius. Planet yang berada di urutan paling jauh dari Matahari adalah planet Neptunus. Planet ini tampak berwarna biru gelap. Terdiri atas gumpalan gas. Salah satu satelit yang mengelilingi Neptunus bergerak berlawanan arah dengan satelit-satelit dan planet-planet lainnya.
Kesimpulan :
Karakteristik dari planet-planet dalam tata surya berbeda-beda. Masing-masing mempunyai ciri khas sendiri. Ada planet yang mirip dengan Bumi yaitu planet Mars.

7. Urutkan planet-planet tersebut berdasarkan ukurannya dari yang terkecil hingga yang terbesar berdasarkan gambar yang tersedia di halaman sebelumnya.
Nama Planet dalam Tata Surya berdasarkan ukurannya

8. Berdasarkan tabel di atas, jawablah pertanyaan berikut ini!
    a. Apakah nama planet yang terletak paling dekat dengan Matahari?
    Jawaban : Merkurius
    b. Apakah nama planet yang terletak paling jauh dari Matahari?
    Jawaban : Neptunus
    c. Apakah nama planet yang memiliki ukuran paling kecil dalam sistem tata surya?
    Jawaban : Merkurius
    d. Apakah nama planet yang memiliki ukuran paling besar dalam sistem tata surya?
    Jawaban : Jupiter
    e. Apakah nama planet yang mengalami revolusi paling cepat? Mengapa?
    Jawaban :
    Merkurius. Karena letak Merkurius paling dekat dengan Matahari sehingga waktu yang  
    diperlukannya untuk mengelilingi Matahari menjadi paling cepat.
    f. Apakah nama planet yang memiliki mengalami revolusi paling lama? Mengapa?
    Jawaban :
    Neptunus. Karena letak Neptunus paling jauh dari Matahari, sehingga jarak yang ditempuh      
    Neptunus untuk melakukan satu kali mengelilingi Matahari menjadi lebih lama daripada planet 
    lain
Ayo Berdiskusi
Kamu telah mengetahui bermain peran tentang sistem tata surya
Berdasarkan kegiatan tersebut, tuliskan paling sedikit tiga pertanyaan tentang sistem tata surya. Tuliskan pertanyaanmu di tempat yang telah disediakan di bawah ini.
  1. Apa nama julukan untuk planet Mars? (Planet Merah)
  2. Mengapa Bumi disebut sebagai Planet Biru? (Karena sebagian besar wilayah Bumi berupa lautan)
  3. Apa ciri khusus planet Saturnus? (Saturnus terlihat memiliki cincin yang melingkari tubuhnya)
  4. Mengapa Mars disebut mirip dengan Bumi? (karena 1 hari di Mars hampir sama dengan 1 hari di Bumi, yaitu 24,6 jam. Juga memiliki kutub es sama seperti Bumi. Mars juga memiliki lapisan Atmosfer seperti Bumi walaupun lebih tipis.
  5. Mengapa planet uranus berputar miring? (Karena porosnya hampir sejajar dengan orbitnya)
Berdasarkan kegiatan tersebut, tuliskan beberapa hal baru yang menarik yang kamu temukan selama kegiatan. Tuliskan beberapa kosakata baru beserta artinya. Lalu tuliskan juga beberapa pertanyaan yang masih kamu miliki tentang kegiatan pembelajaran kali ini.
Fakta menarik :
Bahwa tiap planet dalam tata surya memiliki ciri-ciri tertentu. Bahwa ada planet yang mirip dengan Bumi, yaitu Mars.
Kosakata baru :

Pertanyaanku hari ini :
Adakah Sumber energi panas selain Matahari yang ada di tata surya?
Lengkapi Diagram berikut setelah kamu membaca cerita fiksi "Barisan yang menyenangkan"
Judul Cerita Fiksi : Barisan yang menyenangkan
Penulis : Amanda Naila
Sifat dari Tokoh Utama : Cerdas, Mempunyai rasa ingin tahu yang kuat, religius
Tindakan yang dilakukan : Memikirkan secara mendalam informasi yang didapat
Gambar :
Seorang gadis berusia 12 tahun dengan rambut berkepang dua, cantik dan energik, cerdas dan religius



Pendapatmu tentang Tokoh Utama :
Seorang gadis yang cerdas dengan rasa ingin tahu yang kuat, ceria serta religius
Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan karangan fiksi "Barisan yang Menyenangkan"
1. Bercerita tentang apakah karangan fiksi tersebut?
Jawaban : Pemikiran Tiara tentang orbit edar planet-planet
2. Siapakah tokoh utama karangan fiksi tersebut?
Jawaban : Tiara
3. Siapakah tokoh tambahan dalam karangan fiksi tersebut?
Jawaban : Ayah, Ibu
4. Di manakah peristiwa dalam karangan fiksi tersebut?
Jawaban : Halaman belakang rumah Tiara
5. Gambarkan tokoh utama dan tempat dalam karangan di atas sesuai imajinasimu. Gunakan kotak pada halaman setelah ini, lalu gambar tokoh utama dan tempat cerita itu terjadi. Berilah warna dengan menggunakan pensil warna. Lalu jelaskan gambar yang kamu buat di depan kelas dengan percaya diri
Tokoh utama :


Tempat/latar :

desainrumahnya
Setelah mendengarkan presentasi teman-temanmu, lakukanlah perenungan dengan menjawab pertanyaan berikut ini.
1. Apakah kamu dan teman-temanmu memiliki gambaran yang serupa tentang tokoh utama dan tempat dari karangan tersebut? Dalam hal apa saja gambaran yang kalian buat memiliki kesamaan?
Jawaban :
Ya. Dalam hal ciri fisik tokoh utama, serta lokasi/tempat cerita
2. Bagian mana saja yang berbeda dengan gambaran teman-temanmu?............ 
(alternatif jawaban berbeda-beda, tergantung siswa/teman lain)
3. Apakah yang terjadi jika di dalam cerita tersebut tidak ada tokoh utama?
Jawaban :
Cerita jadi tidak menarik, jadi hambar, karena tokoh utama memegang peran penting dalam cerita.
4. Apakah fungsi tokoh utama dalam cerita fiksi tersebut?
Jawaban :
Tokoh utama membuat suatu cerita lebih hidup dan menarik, seolah-olah terjadi di alam nyata. Tokoh utama paling banyak diceritakan, baik sebagai pelaku kejadian maupun yang dikenai kejadian.

CIRI-CIRI PLANET DALAM TATA SURYA
KELAS 6 TEMA 9 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 2


3. Dengan menggunakan kertas ukuran A3, setiap kelompok akan menyajikan beberapa informasi sebagai berikut.
a. Gambar planet atau Matahari
b. Informasi tentang ukuran, jarak dari Matahari atau urutan planet dari Matahari, diameter, serta kecepatan rotasi dan revolusi
c. Semua informasi menarik yang menjadi keunikan planet tersebut.
Jawaban :
Planet Merkurius
Dengan menggunakan kertas karton ukuran A3, setiap kelompok akan menyajikan beberapa informasi sebagai berikut
Merkurius (engadget)
  • Diameter Merkurius 4.879 km dan volume 6,083 x
  • Planet terdekat dengan Matahari, dengan jarak 57.000.000 km
  • Planet berwarna abu-abu
  • Planet terkecil dalam tata surya
  • Termasuk kelompok planet kebumian dan planet dalam
  • Periode rotasi 59 hari
  • Periode revolusi 88 hari
  • Tidak mempunyai lapisan atmosfer
  • Tidak memiliki satelit
  • Siang hari suhu sangat panas, bisa mencapai 430⁰ C dengan suhu rata-rata 70⁰ C. Saat malam hari suhu bisa mencapai -180⁰ C dengan suhu rata-rata -70⁰ C
    Planet Venus

    Venus (pixabay)
Urutan ke 2 dari planet terdekat dari Matahari
Jarak Venus dari Matahari adalah 108,2 juta km
Planet terdekat dengan Bumi, dengan jarak 38, 2 juta km
Diameter 12.104 km dan volume 9,38x10¹¹ km³
Planet terpanas di tata surya, suhunya bisa mencapai 462⁰ C.
Periode rotasi 243 hari
Periode revolusi 225 hari
Tidak memiliki satelit
Planet Bumi
kunci jawaban kelas 6 tema 9 subtema 1 pembelajaran 2
bumi (pixabay)
  • Urutan ke-3 planet terdekat ke Matahari
  • Jarak Bumi ke Matahari adalah 149,6 juta km
  • Diameter 12.742 km dan volume 1,08x10¹² km³
  • Rotasi 24 jam dalam 1 hari
  • Revolusi 365 hari dalam 1 tahun
  • Memiliki 1 buah satelit alami, yaitu Bulan
Planet Mars
kunci jawaban kelas 6 tema 9 subtema 1 pembelajaran 2
Mars (pixabay)
  • Urutan ke-4 planet terdekat ke Matahari
  • Jarak Mars ke Matahari adalah 227 juta km, dengan jarak terdekatnya adalah 206 juta km dan terjauh 246 juta km
  • Diameter 6.779 km dan volume 1,632x10¹¹ km³
  • Periode rotasi adalah 24,6 jam
  • Periode revolusi adalah 687 hari
  • Memiliki 2 satelit, yaitu Phobos dan Demos
Planet Yupiter
  • Urutan ke-5 dari planet terdekat ke Matahari
  • Jarak Yupiter ke Matahari adalah 778,55 juta km
  • Planet terbesar dalam tata surya kita
  • Diameter 139.822 km dan volume 1,43x10¹⁵ km³
  • Pada atmosfer terdapat bintik merah besar, yaitu sebuah badai besar yang muncul akibat perbedaan aliran lapisan yang berlawanan
  • Periode rotasi 10 jam
  • Periode Revolusi 11,86 tahun
  • Memiliki 67 satelit
Planet Saturnus


Saturnus
  • Urutan ke-6 planet terdekat ke Matahari
  • Jarak planet Saturnus ke Matahari adalah 1,4 milyar km
  • Memiliki cincin yang terbuat dari gumpalan-gumpalan es
  • Diameter 116.464 km dan volume sebesar 8,2713x10¹⁴ km³
  • Periode rotasi 10,7 jam
  • Periode revolusi 29,5 tahun
  • Memiliki 56 satelit
Planet Uranus
  • Uranus (photojournaljpl.nasa.gov)
  • Urutan ke-7 planet terdekat ke Matahari
  • jarak dari Matahari adalah 2,7 milyar km
  • Memiliki cincin unik yang melingkari planet secara vertikal
  • Diameter 50.724 km dan volume 6,833x10¹³ km³
  • Periode rotasi 17 jam
  • Periode revolusi 84 tahun
  • Mempunyai 27 buah satelit
Planet Neptunus

Neptunus
  • Urutan ke-8 planet terdekat dari Matahari
  • Jarak Neptunus ke Matahari adalah 4,5 milyar km
  • Berwarna biru
  • Memiliki cincin tipis yang tersusun dari partikel-partikel es
  • Diameter 49.244 km dan volume 6,254x10¹³ km³
  • Periode rotasi 16 jam
  • Periode revolusi 165 tahun
Ayo Menulis
Membuat pertanyaan merupakan salah satu cara untuk menyatakan rasa ingin tahu terhadap sesuatu yang sedang ada dalam pikiran kita. Membuat pertanyaan dapat dibantu dengan menggunakan kata tanya. Beberapa kata tanya tersebut telah sering kamu gunakan: Apa, Mengapa, Siapa, Kapan, Di Mana, dan Bagaimana
Gunakan kata-kata tanya tersebut untuk membantumu menuliskan pertanyaan tentang hal-hal yang ingin kamu ketahui lebih dalam tentang sistem tata surya kita! Tuliskan di tempat yang telah disediakan.

Jawaban :
  1. Apa yang dimaksud dengan antariksa? (antariksa adalah bagian alam semesta yang berada di luar atmosfer bumi
  2. Mengapa planet Neptunus paling lama periode revolusinya? (karena jarak planet Neptunus dari Matahari paling jauh dibandingkan dengan planet-planet lain dalam tata surya)
  3. Siapa yang mendapat sebutan Bapak Sains Modern yang telah menemukan Saturnus dengan lingkar cincinnya? (Galileo Galilei)
  4. Kapan planet Merkurius dapat terlihat dari Bumi? (Merkurius baru terlihat setelah Matahari terbenam, atau sebelum Matahari terbit)
  5. Di mana letak posisi planet Merkurius jika dilihat dari jarak terdekat dengan Matahari dibandingkan dengan planet lain dalam tata surya? (posisi nomor 1)
  6. Bagaimana proses terjadinya "bintik merah besar" pada planet Yupiter? (bintik merah besar pada planet Yupiter terjadi karena adanya badai besar yang muncul akibat perbedaan aliran lapisan yang berlawanan
Ayo Mencoba
Cobalah untuk merancang model sederhana dari sistem tata surya kita. Berkerjalah bersama temanmu dalam kelompok yang terdiri atas 3-4 orang. Pilihlah model dua dimensi terlebih dahulu dengan membuat gambar pada kertas ukuran A4. Tentukan planet-planet dari yang terkecil hingga terbesar, lalu gambarlah Matahari dengan ukuran yang sesuai dengan contoh. Warnai dan namailah setiap anggota sistem tata surya sehingga mudah dilihat dan dipahami. Tunjukkan hasil kerjamu dengan menempelkannya di dinding kelas.

Alternatif Gambar model dua dimensi


Urutan planet berdasarkan jarak dari Matahari (area baca) 



Ayo Menulis
Kamu telah membaca cerita fiksi "Tetaplah Berada di Jalurmu!"
Berdasarkan cerita tersebut, gambarlah tokoh utama, tokoh tambahan, dan tempat peristiwa dengan menggunakan imajinasimu. Tuliskan juga ringkasan cerita tersebut. Ceritakanlah hasil pekerjaanmu di depan kelas dengan percaya diri.
Tokoh Utama : Deo
Tempat/latar :
- Trotoar jalan depan toko kelontong Pak Ahmad
- Rumah Deo

Tokoh Tambahan : Arsyad

Tempat/latar :
- Trotoar jalan depan toko kelontong Pak Ahmad
Tokoh Tambahan : Ibu
Tempat/latar : 
- Rumah Deo

Gambar tempat peristiwa dalam cerita :
Trotoar Toko

trotoar toko (pixabay)
Rumah Kediaman

rumah kediaman (health detik)

Ringkasan jalan cerita
Deo pulang sekolah sambil menuntun sepeda sambil meringis kesakitan. Seragamnya kotor karena terjatuh dari sepeda. Ibu Deo segera menyambut Deo dan kemudian merawat Deo. Setelah selesai dirawat Deo bercerita peristiwa yang telah dialaminya akibat tidak mengikuti aturan yang berlaku di masyarakat, yaitu memakai trotoar yang seharusnya dipakai oleh pejalan kaki. Deo melakukan hal tersebut karena sedang lomba balap sepeda dengan Arsyad, teman sekolahnya. Demi mengejar kemenangan Deo memakai trotoar untuk mengalahkan Arsyad, namun bukan kemenangan yang diraih, tetapi kemalangan yang didapat. Deo terjatuh dari sepeda, dan Arsyad segera menolongnya. Deo sangat menyesal karena tidak mengikuti aturan yang berlaku di masyarakat, yaitu dengan naik sepeda memakai jalur trotoar yang dikhususkan untuk pejalan kaki.

Ayo Mencoba
Bersama dengan teman sebangkumu, carilah sebuah cerita pendek anak di surat kabar atau majalah. Salin atau potong cerita pendek tersebut.
Kelinci dan Kura-kura

Dahulu kala, ada seekor kelinci yang populer karena kesombongannya. Ada seekor kura-kura yang pernah diejeknya lamban dan bodoh, menantang si kelinci sombong untuk adu lari cepat. Sebenarnya kura-kura tidak mau berurusan dengan kelinci, tapi ia ingin memberinya sedikit pelajaran.

Dengan penuh percaya diri, kelinci penyetujui tantangan kura-kura tersebut. Ia berpikir mana mungkin kura-kura yang berjalan super lambat itu bisa mengalahkannya. Kemudian, mereka sepakat untuk menentukan jalur panjang yang akan dilewati untuk adu lari.
Pertandingan keduanya tak ayal mengundang penasaran hewan-hewan yang lain. Mereka semua juga ingin menyaksikan bagaimana si kura-kura bisa mengalahkan kelinci. Para hewan menunjukkan dukungannya terhadap si kura-kura karena mereka juga tidak menyukai sifat kelinci yang sombong itu.
Seekor kera ditunjuk sebagai wasit untuk mengawasi jalannya pertandingan tersebut. Saat perlombaan baru saja dimulai, kelinci pun melesat jauh meninggalkan kura-kura. Tak ingin menyerah begitu saja, kura-kura tetap berusaha sekuat tenaga dan menambah kecepatanlarinya.

Karena measa kura-kura masih tertinggal jauh dibelakangnya, di tengah-tengah perlombaan dia memutuskan untuk istirahat dan tertidur. Namun saat terbangun, kelinci sungguh kaget karena ternyata kura-kura telah sampai di garis finis. Mendapat fakta tersebut, para hewan lain pun bersorak gembira dan si kelinci pulang dengan rasa malu

Tokoh utama : Kelinci dan Kura-kura
Tokoh tambahan : Monyet dan hewan lain
Tempat cerita : Hutan





Kamis, 13 Februari 2020

Jumat, 14 Februari 2020


PENILAIAN HARIAN KELAS 6 TEMA 8

Muatan Bahasa Indonesia
KD 3.7 Memperkirakan informasi dari judul teks non fiksi
             Menentukan kata kunci pada judul teks non fiksi
             Menyajika informasi dari teks non fiksi
KD 3.8 Mengidentifikasi gagasan utama dari teks
             Menemukan gagasan utama pada teks melalui teknik membaca meminadai

Muatan PPKN
KD 3.2 Hak dan kewajiban dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan
             Hak dan kewajiban pelajar sebagai bagian dari warga negara Indonesia
             Kewajiban menjaga kelestarian lingkungan
             Hak dan kewajiban dalam kegiatan kelompok

Muatan IPA
KD 3.8 Rotasi Bumi dan akibatnya
             Mengidentifikasi revolusi Bumi dan pengaruhnya
             Gerak Bulan dan peristiwa Gerhana Bulan
             Membandingan terjadinya gerhana Bulan dan Gerhana Matahari

Muatan IPS
KD 3.1 Karakteristik geografis negara Thailand
             Kerjasama ASEAN dalam bidang ekonomi dan politik
             Pengaruh kondisi geografis dengan kehidupan sosial budaya Negara Singapura dan Indonesia

Muatan SBdP
KD 3.2 Interval Nada
             Mengenal Tari kreasi daerah
             Menyajikan informasi dalam bentuk reklame


Rabu, 12 Februari 2020

Hari/Tanggal : Kamis, 13 Februari 2020

 TEMA 8 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 5

isi pertanyaan buku k13 kelas 6 tema 8 subtema 3 pembelajaran 5 hal 122

Lima Informasi Penting dari Bacaan

  1. Sistem penanggalan Masehi berdasarkan kala revolusi bumi, sistem penanggalan Hijriah berdasarkan kala revolusi bulan
  2. Tahun Masehi juga disebut tahun Syamsiah atau tahun Matahari. Satu tahun Masehi dibagi menjadi 12 bulan
  3. Tahun Masehi pertama kali ditetapkan oleh Julius Cesar (Romawi).
  4. Tahun Kabisat adalah tahun yang bilangannya habis dibagi 4 (empat)
  5. Tahun hijriah juga disebut tahun komariyah atau tahun bulan.
Kesimpulanku :
Sistem penanggalan Masehi berdasarkan kala revolusi bumi. Sistem penanggalan Hijriah ditentukan berdasarkan kala revolusi bulan. Tahun Masehi disebut juga tahun Syamsiah atau tahun Matahari. Tahun Masehi pertama kali ditetapkan oleh Julius Cesar (Raja dari kerajaan Romawi). Satu tahun Masehi dibagi menjadi 12 bulan. Dalam kalender Masehi terdapat tahun Kabisat. Tahun Kabisat adalah tahun yang bilangannya habis dibagi 4 (empat). Terdapat juga tahun Kabisat dalam penanggalan Hijriah. Tahun Hijriah disebut juga tahun Komariyah atau tahun bulan.

Ayo Berkreasi
Buatlah kelompok kerja yang terdiri atas empat orang.
Sajikan kembali informasi yang sudah kamu dapatkan sebelumnya tentang Kalender Masehi dan Hijriah secara visual dengan membuat kalender.
Buatlah dua kalender dengan sistem penanggalan Masehi dan Hijriah yang dilengkapi dengan penjelasan tentang tahun Masehi dan Hijriah

Kalender Masehi


Kalender Hijriah

Presentasikan kalender yang kamu buat. Jelaskan bagian-bagian kalender dan bagaimana cara menggunakan kalender tersebut.
Untuk membuat presentasimu menarik,, buatlah reklame untuk mengiklankan presentasi yang akan kamu lakukan.
Pilihlah salah satu jenis reklame yang menurutmu paling tepat untuk mengiklankan presentasimu.
Pastikan reklame yang kamu buat berisi informasi yang menarik dan mudah dipahami. Cantumkan topik presentasimu dan kapan presentasi itu akan dilakukan.


TEMA 8 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 6

Ayo Mengamati
Amati infografis tentang hak anak di bawah ini!
Perhatikan informasi tentang hak anak yang masih sering diabaikan. Sajikan kembali informasi tersebut dalam bentuk poster dan lengkapi dengan gambar visual yang relevan

Ayo Berlatih
Menjadi Pengarah Acara Donasi Cerita
Bekerjalah bersama kelompok yang terdiri atas empat atau lima orang. Kelompokmu bertugas untuk mendesain sebuah acara untuk menggalang bantuan donasi buku bacaan ataupun buku pelajaran yang akan disumbangkan ke panti asuhan.

Sebelumnya, tentukan hak dan kewajiban setiap anggota
Tulislah rencana kegiatan yang akan kalian lakukan untuk menggalang donasi tersebut
Rencana Kegiatan
Tempat Kegiatan : SD ...........
Jadwal Kegiatan : Sabtu, tanggal 2 Maret 2019 pukul 09.30 - selesai
Kegiatan yang akan dilakukan :
Membuat brosur, menyebarkan brosur dengan maksud memberitahu seluruh warga sekolah beberapa hari sebelum acara dimulai, pelaksanaan acara, inventaris donasi buku yang terkumpul, membuat laporan kegiatan.
Dana yang dibutuhkan : Rp. 150.000
Barang atau alat yang diperlukan : Brosur, alat tulis, tempat penampungan buku

Buatlah reklame dalam bentuk brosur untuk mengiklankan kegiatan ini.
Buatlah reklame semenarik mungkin