TEMA 9 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 5
Ayo Berdiskusi
Bersama-sama dengan teman sekelompokmu, sekarang gunakan peta pikiran atau suatu diagram untuk membuat suatu rangkuman dari informasi bacaan di atas.
Dari sebuah diagram yang kamu buat, bentuklah ke dalam sebuah lini masa yang di dalamnya memuat tentang tokoh, masa, penemua dan juga dampaknya terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Berikanlah sebuah gambar yang unik yang membedakan antara satu masa dengan masa yang lain. Gunakan juga kertas ukuran A3 untuk membuat lini masamu. Segera presentasikan hasil pekerjaanmu di depan kelas
Buatlah sebuah kesimpulan dari kegiatan di atas tentang dampak penemuan terhadap kehidupan di sekitarmu.
Jawaban :
Dampak penemuan terhadap kehidupan antara lain :
- Mempermudah manusia dalam melakukan aktivitas
- Meningkatkan efektivitas dan efisiensi
- Tingkat interaksi manusia lebih mudah dan cepat
- Peningkatan kegiatan ekonomi
- Membantu manusia dalam memecahkan suatu persoalan
Sebuah cerita bisa memiliki persamaan serta perbedaan dengan pengalaman pribadimu atau dari film yang pernah kita tonton. Setelah membaca tentang cerita di atas, coba lakukanlah kegiatan berikut.
a. Gunakan diagram di bawah ini untuk melengkapi tentang cerita fiksi di atas. Tuliskan bagian yang paling kamu sukai dari cerita tersebut dalam tulisan satu paragraf. Serta jelaskanlah alasan kamu menyukai hal tersebut.
b. Jelaskanlah persamaan serta perbedaan cerita tersebut dengan peristiwa yang pernah kamu alami atau peristiwa yang pernah kamu tonton dari sebuah film. Gunakanlah diagram venn di bawah ini sebagai bantuanmu. Tuliskan pokok pikiran yang ada dalam cerita fiksi pada bagian cerita fiksi. Tuliskan pokok pikiran dari pengalamanmu atau dari film yang ditonton pada bagian yang lainnya juga. Tuliskan kesamaan antara keduanya di bagian tengah diagram venn
Judul : Kado Ulang Tahun Ibu
Penulis : Diana Karitas
Bagian yang disukai dari cerita fiksi diatas adalah :
Perhatian Tsaqif kepada ibunya, serta hadiah yang diberikan Tsaqif kepada ibunya adalah hasil dari jerih payah Tsaqif sendiri.
Alasan menyukai adalah :
Menceritakan tentang sikap bakti dan hormat seorang anak kepada orang tuanya, terutama kepada ibu, serta tingkat kreativitas mampu membantu memecahkan masalah kita.
c. Berdasarkan diagram venn yang ada di atas, jelaskan dan tuliskan dalam satu paragraf perbedaan dan juga persamaan antara cerita fiksi dan pengalaman pribadi atau dari film yang sudah pernah kamu tonton di tempat yang tersedia yang ada di bawah ini :
Persamaan :
Perbedaan :
d. Buatlah sebuah karangan dengan mengembangkan bagian yang berbeda dari cerita fiksi di atas. Kamu dapat mengambil beberapa bagian dari cerita fiksi yang asli sebagai bantuan, lalu meneruskannya dengan ceritamu sendiri berdasarkan pengalamanmu atau dari film yang pernah kamu tonton.
ASTRONAUT KELAS 6 TEMA 9
SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 6
Setelah kamu membaca keterangan singkat tentang kegiatan singkat tentang kegiatan para ilmuwan untuk menjelajah angkasa luar tersebut, buatlah beberapa pertanyaan tentang segala hal yang ingin kamu ketahui tentang kehidupan para astronaut. Buatlah paling sedikit tiga pertanyaan untuk didiskusikan dengan teman sekelasmu
Jawaban :
Bagaimana cara mandi Astronaut di luar angkasa?
Bagaimana cara keramas Astronaut di luar angkasa?
Bagaimana cara buang air besar para Astronaut di luar angkasa?
Cari tahu penemuan-penemuan apa saja yang telah dilakukan sebelum mengirim manusia ke angkasa luar. Hal-hal yang berhubungan dengan segala sesuatu yang diperlukan agar para astronaut itu bisa hidup dan beraktivitas di angkasa luar dan kembali ke Bumi dengan selamat. Gunakanlah tabel yang ada di bawah ini untuk membantumu. Lihatlah contoh yang telah dibuatkan untukmu.
Kegiatan atau kebutuhan dasar para Astronaut :
Bagaimana para astronaut makan?
Cara memenuhinya di luar angkasa :
Di gravitasi rendah, makanan serta minuman dipastikan melayang jika tidak ditaruh di tempat khusus. Oleh karena itu makanan dan minuman di luar angkasa berupa kemasan agar tidak rusak dan makanan bisa tersimpan dalam jangka waktu yang lama. Makanan di taruh di atas nampan dan dibungkus dengan jaring-jaring agar tidak melayang kemana-mana.
Kegiatan atau kebutuhan dasar para Astronaut:
Bagaimana para astronaut tidur?
Cara memenuhinya di luar angkasa :
Para Astronaut tidur di ruang tidur dengan kantong tidur. Agar tidak melayang, para Astronaut mengikat tubuhnya. Agar tidur nyenyak di antara suara mesin pesawat yang bising, mereka menggunakan penutup mata dan penutup telinga.
Kegiatan atau kebutuhan dasar para Astronaut :
Bagaimana Astronaut mandi?
Cara memenuhinya di luar angkasa :
Ketika para Astronaut berada di kamar mandi, para Astronaut menggunakan kantong plastik air dan busa basah khusus yang dapat digunakan buat membasuh badan. Dan untuk menghindari percikan air melayang-layang di udara, maka kamar mandi dibuat khusus agar dapat menyedot gumpalan air tersebut.
Kegiatan atau kebutuhan dasar para Astronaut :
Bagaimana Astronaut keramas?
Cara memenuhinya di luar angkasa :
Keramas tetap memakai air, shampo, handuk dan sisir. Air berasal dari kantong ari dan berupa gumpalan. Untuk mulai keramas, Astronaut mengeluarkan gumpalan air dari kantong dan mengolesnya ke kulit kepala Astronaut. Butuh kedua tangan untuk meratakan air, setelah air rata dan rambut cukup basah, baru shampo dioleskan ke kulit kepala dan rambut digosok. Shampo didesain tidak mengeluarkan busa. Jika rambut sudah bersih, dapat dibasuh kembali dan dikeringkan dengan handuk.
Kegiatan atau kebutuhan dasar para Astronaut :
Bagaimana Astronaut memasak?
Cara memenuhinya di luar angkasa :
Bahan-bahan memasak sudah tersedia saat dibawa dari Bumi. Astronaut harus hati-hati saat memasak. Pisau atau benda-benda tajam lainnya tidak bisa diletakkan sembarangan karena bisa melayang dan melukai tubuh. Memasak dibuat lebih mudah. Contohnya bayam kering dalam kemasan. Bayam tersebut tinggal diberi air panas dengan sambungan air panas tertentu yang disiapkan dengan tombol tertentu, tekan tombol, dan bayam pun matang.
Kegiatan atau kebutuhan dasar para Astronaut :
Cara memenuhinya di luar angkasa :
Apa sajakah yang diperlukan untuk menjadi seorang Astronaut?
Bagaimana Astronaut mandi?
Cara memenuhinya di luar angkasa :
Ketika para Astronaut berada di kamar mandi, para Astronaut menggunakan kantong plastik air dan busa basah khusus yang dapat digunakan buat membasuh badan. Dan untuk menghindari percikan air melayang-layang di udara, maka kamar mandi dibuat khusus agar dapat menyedot gumpalan air tersebut.
Kegiatan atau kebutuhan dasar para Astronaut :
Bagaimana Astronaut keramas?
Cara memenuhinya di luar angkasa :
Keramas tetap memakai air, shampo, handuk dan sisir. Air berasal dari kantong ari dan berupa gumpalan. Untuk mulai keramas, Astronaut mengeluarkan gumpalan air dari kantong dan mengolesnya ke kulit kepala Astronaut. Butuh kedua tangan untuk meratakan air, setelah air rata dan rambut cukup basah, baru shampo dioleskan ke kulit kepala dan rambut digosok. Shampo didesain tidak mengeluarkan busa. Jika rambut sudah bersih, dapat dibasuh kembali dan dikeringkan dengan handuk.
Kegiatan atau kebutuhan dasar para Astronaut :
Bagaimana Astronaut memasak?
Cara memenuhinya di luar angkasa :
Bahan-bahan memasak sudah tersedia saat dibawa dari Bumi. Astronaut harus hati-hati saat memasak. Pisau atau benda-benda tajam lainnya tidak bisa diletakkan sembarangan karena bisa melayang dan melukai tubuh. Memasak dibuat lebih mudah. Contohnya bayam kering dalam kemasan. Bayam tersebut tinggal diberi air panas dengan sambungan air panas tertentu yang disiapkan dengan tombol tertentu, tekan tombol, dan bayam pun matang.
Kegiatan atau kebutuhan dasar para Astronaut :
Cara memenuhinya di luar angkasa :
Apa sajakah yang diperlukan untuk menjadi seorang Astronaut?
Ayo Menulis
Sebuah cerita dapat memiliki persamaan dan perbedaan dengan pengalaman pribadimu atau dari film yang pernah kamu tonton. Setelah membaca cerita di atas, lakukanlah kegiatan berikut.
a. Gunakanlah diagram di bawah ini untuk melengkapi keterangan tentang cerita fiksi di atas. Tuliskan bagian yang paling kamu sukai dari cerita fiksi di atas dalam tulisan satu paragraf. Jelaskan alasan kamu menyukainya.
b. Jelaskanlah persamaan dan perbedaan cerita tersebut dengan peristiwa yang pernah kamu alami atau yang pernah kamu tonton dari sebuah film. Gunakan diagram venn berikut sebagai bantuanmu. Tuliskan pokok pikiran yang ada di dalam cerita fiksi pada bagian cerita fiksi. Tuliskan pokok pikiran dari pengalamanmu atau dari film yang ditonton pada bagian yang lain. Tuliskan kesamaan antara keduanya di bagian tengah diagram venn.
Judul : Yuk, Kerja bakti
Penulis : Niken Ari
Bagian yang disukai dari cerita fiksi di atas adalah :
Banyaknya warga yang berpartisipasi dalam kerja bakti, baik tua, muda, anak-anak, laki maupun perempuan.
Sebuah cerita dapat memiliki persamaan dan perbedaan dengan pengalaman pribadimu atau dari film yang pernah kamu tonton. Setelah membaca cerita di atas, lakukanlah kegiatan berikut.
a. Gunakanlah diagram di bawah ini untuk melengkapi keterangan tentang cerita fiksi di atas. Tuliskan bagian yang paling kamu sukai dari cerita fiksi di atas dalam tulisan satu paragraf. Jelaskan alasan kamu menyukainya.
b. Jelaskanlah persamaan dan perbedaan cerita tersebut dengan peristiwa yang pernah kamu alami atau yang pernah kamu tonton dari sebuah film. Gunakan diagram venn berikut sebagai bantuanmu. Tuliskan pokok pikiran yang ada di dalam cerita fiksi pada bagian cerita fiksi. Tuliskan pokok pikiran dari pengalamanmu atau dari film yang ditonton pada bagian yang lain. Tuliskan kesamaan antara keduanya di bagian tengah diagram venn.
Judul : Yuk, Kerja bakti
Penulis : Niken Ari
Bagian yang disukai dari cerita fiksi di atas adalah :
Banyaknya warga yang berpartisipasi dalam kerja bakti, baik tua, muda, anak-anak, laki maupun perempuan.
Alasan menyukai adalah :
Menunjukkan kekompakan warga dan sikap kebersamaan, kekeluargaan serta gotong royong dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.
c. Berdasarkan diagram venn di atas, jelaskan dan tuliskan dalam satu paragraf perbedaan dan persamaan antar cerita fiksi dan pengalaman pribadi atau film yang pernah ditonton di tempat yang tersedia di bawah ini.
Persamaan :
Perbedaan :
d. Buatlah sebuah karangan dengan mengembangkan bagian yang berbeda dari cerita fiksi di atas. Kamu dapat mengambil beberapa bagian dari cerita fiksi yang asli sebagai bantuan, lalu meneruskannya dengan ceritamu sendiri berdasarkan pengalamanmu atau dari film yang pernah kamu tonton.
e. Lipatlah kertas ukuran A4 menjadi dua bagian sama besar. Pada sisi kanan gambarkanlah cerita fiksi dengan gambar yang jelas dan mewakili. Di sisi kiri, gambarkan pengalamanmu yang membedakannya dengan cerita fiksi di atas
Menunjukkan kekompakan warga dan sikap kebersamaan, kekeluargaan serta gotong royong dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.
c. Berdasarkan diagram venn di atas, jelaskan dan tuliskan dalam satu paragraf perbedaan dan persamaan antar cerita fiksi dan pengalaman pribadi atau film yang pernah ditonton di tempat yang tersedia di bawah ini.
Persamaan :
Perbedaan :
d. Buatlah sebuah karangan dengan mengembangkan bagian yang berbeda dari cerita fiksi di atas. Kamu dapat mengambil beberapa bagian dari cerita fiksi yang asli sebagai bantuan, lalu meneruskannya dengan ceritamu sendiri berdasarkan pengalamanmu atau dari film yang pernah kamu tonton.
e. Lipatlah kertas ukuran A4 menjadi dua bagian sama besar. Pada sisi kanan gambarkanlah cerita fiksi dengan gambar yang jelas dan mewakili. Di sisi kiri, gambarkan pengalamanmu yang membedakannya dengan cerita fiksi di atas
Contoh patung dari bahan bekas
Ayo BerdiskusiBacalah kembali cerita fiksi tentang kerja bakti di atas dengan saksama. Analisislah cerita tersebut dengan menjelaskan usaha peningkatan persatuan dan kesatuan beserta akibat-akibat yang ditimbulkan dalam sebuah tabel.
Lalu, bersama dengan teman sekelompokmu buatlah sebuah skenario drama yang menceritakan sebuah peristiwa yang berhubungan dengan persatuan dan kesatuan.
Tampilkan hasil skenariomu dalam bentuk bermain peran di depan kelas.
Skenario drama peristiwa persatuan dan kesatuan :
Fakhri mempunyai teman baru di sekolah yang bernama Silas. Dia adalah siswa pindahan dari Papua. Rumah Silas kebetulan berdekatan dengan rumah Fakhri.
Pada waktu liburan Fakhri hendak mengajak Silas untuk mengenal lingkungan sekitar.
Fakhri : "Silas, nanti jam 09.00 ikut aku yuk."
Silas : "Kemana?"
Fakhri : "Ikut kerja bakti kampung."
Silas : "Aku malu Fakhri."
Fakhri : "Lo, kok malu? Kenapa?"
Silas : "Aku orang baru disini, belum kenal siapa-siapa selain kamu. Jadi aku bingung nanti kalau ikut kerja bakti."
Fakhri : "Justru itu, aku sengaja mengajakmu ikut kerja bakti, agar kamu bisa berkenalan dengan orang-orang kampung di sini. Nanti aku bantu berkenalan, atau kalau ada yang kamu tidak mengerti ketika berbincang-bincang dengan warga kampung, pasti aku bantu. Ingat Silas, kita semua adalah saudara yang dinaungi oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia."
Silas : "Apa mereka mau menerimaku?"
Fakhri : "Tentu saja. Justru mereka senang, karena di kampungnya ada dari etnis atau suku yang lain yang tinggal. Makin beragam makin bagus. Ingat Silas, pelangi di langit jadi indah karena warnanya beragam. Jadi indah karena adanya persatuan"
Silas : "Baiklah kalau begitu, aku ikut denganmu."