Rabu, 31 Maret 2021

PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Hari/ tanggal : Selasa, 1 April 2021
Tema  9 : Benda - benda di Sekitar Kita
Subtema 1: Benda Tunggal dan Campuran
Pembelajaran 2
Muatan : Bahasa Indonesia (3.4, 4.4), IPA (3.9, 4.9), SBdP (3.2, 4.2)

A. TUJUAN
1. Dengan kegiatan mengamati gambar iklan media cetak, siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur  
    iklan, menyimpulkan isi iklan yang terdapat pada gambar iklan dengan tepat.
2. Dengan kegiatan mengamati berbagai benda pada tabel, siswa dapat menuliskan kesimpulan tentang 
    perbedaan zat tunggal dan zat campuran dengan benar.
3. Dengan kegiatan membaca tentang tangga nada, siswa dapat menjelaskan pengertian tangga nada, 
    tangga nada mayor, dan tangga nada minor dengan tepat.

Assalamualaikum wr..wb apa kabar ananda semua nya? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat wal afiat, aamin yra.
Sebelum memulai pembelajaran kita baca basmallah dulu ya..


IPA

Di sekitar kita terdapat berbagai macam materi dimulai dari materi tunggal, senyawa dan campuran. Agar lebih mudah dalam memahami macam materi ini maka dilakukan pengklasifikasian materi menjadi zat tunggal dan campuran. Zat tunggal sendiri masih dibedakan menjadi unsur dan senyawa. Dari istilah yang digunakan pastinya ada beberapa perbedaan zat tunggal dan campuran.

Semua benda yang ada di sekitar kita termasuk materi. Materi adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Berdasarkan komposisi penyusunnya, materi dibedakan menjadi zat tunggal dan campuran.

A. Zat Tunggal
Zat tunggal merupakan zat yang terdiri atas materi sejenis. Contoh benda termasuk dalam zat tunggal adalah air, garam, gula, dan emas 24 karat.

B. Campuran
Campuran adalah zat yang terdiri atas beberapa jenis materi atau zat tunggal. Campuran dapat dibedakan menjadi campuran homogen dan campuran heterogen.

1. Campuran Homogen
Campuran homogen merupakan campuran yang zat penyusunnya tercampur sempurna. Pada campuran homogen, zat penyusunnya tidak dapat dibedakan. Contoh: air garam, sirop, udara, perunggu, kuningan.

2. Campuran Heterogen
Campuran heterogen merupakan campuran yang zat penyusunnya tidak tercampur sempurna. Pada campuran heterogen, zat penyusunnya masih dapat dibedakan. Contoh: campuran air dengan kopi, air dengan tepung, dan air dengan pasir.

Seperti yang telah dipelajari sebelumnya tentang iklan susu. Sekarang, kita akan berlatih membedakan zat tunggal dan campuran dengan bahan-bahan berikut. Ikuti langkah kerjanya dengan baik dan hati-hati.

Langkah kerja:

1. Siapkan lima macam benda seperti kapur tulis, air garam, gula pasir, minuman kopi tumbuk, dan kawat tembaga.
2. Amati zat penyusun kelima benda tersebut.
3. Tuliskan hasil pengamatanmu dalam tabel berikut.

Nama Benda

Zat Penyusun

Air

 Air, air termasuk zat tunggal

Kapur Tulis

 Kapur, kapur termasuk zat tunggal

Air Garam

 Air dan garam, air garam termasuk campuran

Gula pasir

 Gula pasir, gula pasir termasuk zat tunggal

Minuman Kopi Tumbuk

 Air dan Kopi, minuman kopi tumbuk termasuk campuran

Kawat Tembaga

 Tembaga, kawat tembaga termasuk zat tunggal

Setelah kalian melakukan kegiatan dan mengisi tabel, maka buatlah kesimpulan dengan meneruskan kalimat berikut.

1. Zat tunggal adalah zat yang tersusun dari satu jenis materi.
    Contoh zat tunggal yaitu air, kapur tulis, gula pasir, dan kawat tembaga.

2. Zat campuran adalah zat yang tersusun dari beberapa jenis materi atau zat tunggal.
    Contoh campuran, yaitu air garam dan minuman kopi tumbuk

3. Zat tunggal merupakan zat yang terdiri atas materi sejenis dan campuran adalah zat yang terdiri atas beberapa jenis materi atau zat tunggal. Jadi perbedaan antara zat tunggal dan campuran adalah zat penyusunnya.

Muatan SBDP

Nada-nada harmonis yang tersususn secara berjenjang disebut tangga nada. Salah satu jenis tangga nada adalah tangga nada diatonis. Tangga nada diatonis mempunyai tujuh nada dengan jarak nadanya satu dan setengah. Tangga nada diatonis dibedakan menjadi dua yaitu tangga nada diatonis mayor dan tangga nada diaonis minor.
Tangg nada diatonis dibedakan menjadi tangga nada diatonis mayor dan tangga nada diatonis minor.

a. Tangga nada diatonis mayor
Tangga nada yang memiliki susunan nada yaitu 1 1 ½ 1 1 1 ½
Lagu dengan tangga nada diatonis mayor memiliki ciri bersifat gembira, bersemangat, dan biasany diawali dan diakhri dengan nada do=c. Contohnya lagu “Maju Tak Gentar”, “Hari Merdeka” dan “Indonesia Raya”

b. Tangga nada diatonis minor
Tangga nada yang memiliki susunan nada yaitu 1 ½ 1 1 ½ 1 1. Lagu dengan tangga nada diatonis minor memiliki ciri antara lain bersifat sedih, dan biasanya diawali dan diakhiri dengan nada La=A. Contohnya gugur bunga, syukur, dan hymne guru. Tangga nada diatonis minor dibedakan menjadi tig jenis yaitu
1. Tangga nada minor asli (hanya memiliki nada pokok)
2. Tangga nada minor harmonis (nada ketujuhnya dinaikkan setengah laras)
3. Tangga nada minor melodis (nada ke enam dan ke tujuhnya dinaikkan setengah laras)

B. Indonesia

Iklan adalah pemberitahuan mengenai suatu barang atau jasa kepada masyarakat umum. Pemberitahuan dilakukan supaya orang tertarik untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan. Iklan dapat disampaikan melalui media cetak, audio, dan elektronik.

Iklan dapat terlihat hampir di semua tempat dan semua media. Seakan-akan iklan mengikuti ke mana saja kita pergi sepanjang hari. Di rumah, di jalanan, di pasar, di sekolah, dan di tempat-tempat lainnya kamu selalu bertemu iklan. Setiap media memiliki karakteristik yang berbeda. Iklan di televisi sangat berbeda dengan iklan di radio maupun iklan di internet. Berikut unsur-unsur yang ada dalam sebuah iklan.

1. Nama produk. Nama produk merupakan nama dari barang atau jasa yang akan ditawarkan,
2. Gambar produk. Gambar produk menampilkan produk barang yang akan ditawarkan. Gambar dapat  
    berupa produk yang ditawarkan atau dapat berupa orang yang menggunakan produk tersebut.
3. Kalimat iklan. Kalimat iklan biasanya kalimat yang bermaksud membujuk dan meyakinkan calon 
    pengguna barang/jasa. Tulisan yang singkat dan mudah terlihat, sebagai penjelasan dari produk.
4. Keunggulan produk. Pada bagian ini keungulan produk yang ditawarkan dijelaskan.
5. Harga produk. Biasanya harga produk yang ditawarkan juga disertakan dalam sebuah iklan.
6. Nomor telepon pengiklan. Nomor ini biasanya disertakan dalam iklan agar calon pembeli dapat 
    menghubungi pengiklan.
7. Alamat pengiklan

Ciri atau Kaidah kebahasaan teks iklan adalah aturan bahasa yang digunakan dalam sebuah teks iklan.

Ciri-ciri bahasa iklan elektronik sebenarnya tidak jauh berbeda dengan iklan di media cetak, yaitu

1. Komunikatif. Komunikatif artinya mampu menyampaikan pesan dengan baik. Artinya, pesan yang 
    diterima oleh penerima sama dengan maksud pesan yang disampaikan oleh pengirim pesan.
2. Informatif, artinya menginformasikan mengenai keberadaan produk atau jasa.
3. Mudah dimengerti dan diingat masyarakat,
4. Menarik perhatian, dan
5. Mengajak calon pembeli untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan.

Suatu hari keluarga Lani berkeliling kota dengan mengendarai mobil. Saat lampu lalu lintas berwarna merah, mobil yang dikendarai ayah Lani berhenti. Tiba-tiba ada seseorang yang mengetuk kaca mobil. Orang itu menyodorkan selembar kertas. Ternyata, kertas itu berisi iklan. Berikut isi selebaran iklan yang diterima oleh ayah Lani.

Ayo Mengamati

Amatilah iklan berikut.



1. Apa saja unsur-unsur yang ada pada iklan di atas? Nama produk, gambar produk, kalimat iklan, alamat pengiklan, dan Nomor telpon pengiklan.

2. Apakah menurutmu unsur-unsur pada iklan di atas lengkap? Tuliskan pendapatmu pada kolom berikut. Iklan tersebut belum lengkap karena belum ada harga barang yang ditawarkan dan keunggulan produk yang ditawarkan.

Agar dapat menarik perhatian khalayak, iklan dalam media cetak memiliki ciri-ciri bahasa sebagai berikut:

Menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.
Menggunakan bahasa yang memikat dan memiliki daya sugesti.
Menggunakan kata konotasi positif.
Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, dan menarik.
Iklan pada gambar di atas menawarkan jual-beli emas di Toko Subur. Tahukah kamu, emas ada yang termasuk zat tunggal dan ada yang termasuk zat campuran. Emas murni yang memiliki kadar 24 karat temasuk zat tunggal. Sedangkan emas yang sudah dicampur dengan logam tembaga memiliki kadar 22 karat, 20 karat, atau 18 karat. Emas seperti itu termasuk dalam benda zat campuran.

Selain itu, ada emas berwarna putih yang dinamakan emas putih. Emas putih juga merupakan benda zat campuran. Emas putih merupakan campuran antara emas, tembaga, dan perak. Campuran tersebut merupakan campuran homogen.

Untuk lebih jelasnya simaklah video berikut!
https://www.youtube.com/watch?v=-nZcCgdJ7ac

 

Kerjakan Latihan berikut dengan mengKlik Link di bawah ini
https://forms.gle/CN6vfFcaUYLGLjh59


PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Hari/tanggal : Rabu, 31 Maret 2021
Kelas : 5 B
Tema 9 : Benda Benda Disekitar Kita
Subtema 1 : Benda Tunggal Dan Campuran
Pembelajaran : 1

Tujuan pembelajaran tema :

1. # Dengan kegiatan mengamati iklan dalam media cetak, siswa dapat menyebutkan isi iklan, pengertian iklan, serta menemukan arti kata-kata asing dalam iklan dengan tepat.

2. # Dengan kegiatan mengamati berbagai gambar benda termasuk dalam zat tunggal, siswa dapat menuliskan pengertian zat tunggal dan mengidentifikasi contoh benda termasuk zat tunggal.

3. # Dengan kegiatan membaca teks mengenai zat tunggal dan campuran, siswa dapat menuliskan pengertian zat campuran dan menuliskan contoh benda termasuk zat campuran di lingkungan sekitar dengan benar.

Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia(3.4,4.4), IPA(3.9, 4.9)




Assalamualaikum wr..wb apa kabar ananda semua nya? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat wal afiat, aamin yra.

Sebelum memulai pembelajaran kita baca basmallah dulu ya..

Untuk menambah pengetahuanmu yuk sama-sama kita baca teks berikut ini

Benda Tunggal dan Benda Campuran

Muatan Bahasa Indonesia
Menjelaskan Isi Iklan dalam Media Cetak

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menjumpai iklan yang dipasang di berbagai media. Iklan adalah informasi untuk mendorong, membujuk, atau memberikan pengaruh kepada pembaca agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan.

Iklan disampaikan dalam bentuk kalimat ajakan. Iklan disajikan dalam bentuk media cetak dan media elektronik.

Hari ini kita akan membahas tentang iklan media cetak. Iklan media cetak merupakan iklan yang ditulis atau dicetak. Contoh media cetak yaitu koran, majalah, tabloid, brosur, atau baliho. Tampilan iklan media cetakpun bervariasi Ada yang menggunakan kombinasi aneka warna da yang menggunakan gambar tulisan.
Perhatikan contoh di bawah ini



Iklan tersebut merupakan iklan mesin cuci dengan merek “Prima”. Iklan terseut berisi informasi kelebihan poduk mesin cuci yang ditawarkan. Kelebihan mesin cuci “Prima” meliputi kapasitas pencucian besar, hemat listrik, bahan pembuat mesin cuci yang berkualitas. Program mesin cuci pun bisa diatur sesuai kebutuhan serta dapat digunakan utuk mencuci smua jenis kain.

Muatan IPA
Mengenal Zat Tunggal dan Campuran
Disekitar kita banyak terdapat benda. Ada benda cair, benda padat, dan jug benda gas. Benda-benda tersebut menempati ruang dan memiliki massa sehingga volume dan massa dapat diukur, Segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa dapat kita sebut sebagai materi.

Berdaarkan komposisi penyusunnya, materi dapat kita bedakan menjadi zat tunggal dan campuran.

1. Zat Tunggal
Zat tunggal adalah suatu materi yang komponen penyusunnya hanya terdiri dari satu jenis zat. Contoh Zat tunggal antara lain, air, gula, garam, dan emas murni

2. Campuran
Campuran adalah suatu materi yang komponen penyusunnya terdiri dari dua jenis zat atau lebih. Campuran dapat dibedakan menjadi dua yaitu Campuran homogen dan campuran heterogen.
a. Campuran Homogen adalah
Suatu materi yang komponen penyusunnya terdiri dari dua jenis zat atau lebih yang menyatu secara sempurna. Artinya, Zat penyusun pada campuran homogen tidak dapat dibedakan. Salah satu contohnya adalah air garam. Garam akan menyatu dengan air jika dilarutkan sehingga garam dan air sudah tidak dapat dibedakan lagi. Contoh: Air garam, Air Sirup, Udara, Perunggu, Kuningan, dll.

b. Campuran heterogen
Campuran Heterogen adalah suatu materi yang komponen penyusunnya terdiri dari dua jenis zat atau lebih yang tidak menyatu secara sempurna.
Artinya zat penyusun pada campuran heterogen masih dapat dibedakan. Salah satu contohnya adalah campuran air dan kopi. Air dan kopi masih dapat kita bedakan meskipun telah tercampur. Kita dapat melihat butiran-butiran kopu mengendap di dasar gelas, sehingga bagian atas campuran terlihat lebih bening. Contoh: Campuran air dengan kopi, air dengan tepung, dan air dengan pasir, air dengan minyak, dll.

Untuk lebih Jelasnya kita simak vidio pembelajaran berikut kids!!

Selasa, 30 Maret 2021

Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ )

Hari/Tanggal : Selasa, 30 Maret 2021
Kelas : V B
Materi : Evaluasi daring matematika

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

Anak-anak sudah siap belajar hari ini?
Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!

Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!

Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa.

Seperti informasi yang ibu share digrup whatsapp kelas Jumat lalu jadwal hari ini adalah ulangan harian Matematika

Soal bisa di lihat di buku cetak halaman 247 s.d 250 nomor 1 s.d 10
silahkan klik link di bawah ini untuk memulai ujian.

https://forms.gle/dWMQaGL8QZPFpLfz7

Senin, 29 Maret 2021

Hari/tanggal : Senin, 29 Maret 2021
Kelas : V B
Materi : Evaluasi Daring Tema 8



Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah…

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari awali kegiatan Ujian hari ini dengan berdoa Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. 

Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah, bersedekah dan membantu kedua orang tua di rumah.

Anak- anak sesuai dengan jadwal hari ini kita akan melaksanakan Evaluasi Daring Tema 8
Berikut ini adalah link untuk melaksanakan Evaluasi

KLIK DI BAWAH INI:

https://forms.gle/b11fC1zVoDxPKYZ18

Wassalamualaikum wr. wb.

Selamat mengerjakan dan utamakan kejujuran
Good Luck!

Jumat, 26 Maret 2021

 Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ )


Hari/tanggal JUMAT, 26 MARET 2021

Kelas : V B
Materi :Penyajian data

KD : 3.7 Menjelaskan data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya

Tujuan : Siswa mampu Menjelaskan data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulan Data dalam bentuk diagram

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

Anak-anak sudah siap belajar hari ini?
Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!

Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa


Daftar
Tabel
Diagram Gambar (Piktogram)
Diagram Batang
Diagram Garis

Penyajian Data dalam Bentuk Daftar



Membaca Tabel dan Menafsirkan Tabel
Perhatikan tabel frekuensi berikut




Contoh
Hasil ulangan materi penyajian data pada pelajaran Matematika siswa kelas V
diperoleh hasil sebagai berikut.

95, 85, 65 ,75, 75, 85,
75, 95, 70, 80, 75, 95,
75, 80, 75, 70, 75, 75,
90, 95, 80, 90, 65, 70,
75, 90, 85, 70, 85, 70.

Pertanyaan
a. Buatlah tabel frekuensi dari data di halaman 216!
b. Tentukan nilai tertinggi dan terendah!
c. Berapa anak yang mendapat nilai di atas 75?

Penyelesaian
Untuk mempermudah data diurutkan dari yang paling kecil, diperoleh hasil sebagai berikut.
65 65 70 70 70 70
70 75 75 75 75 75
75 75 75 75 80 80
80 85 85 85 85 90
90 90 95 95 95 95

Dari data di atas dapat dikelompokkan
siswa dengan nilai yang sama sebagai
berikut.
Nilai 65 ada 2 anak.
Nilai 70 ada 5 anak.
Nilai 75 ada 9 anak.
Nilai 80 ada 3 anak.
Nilai 85 ada 4 anak.
Nilai 90 ada 3 anak.
Nilai 95 ada 4 anak.

a. Dari data terurut di atas, dapat dibuat tabel frekuensi sebagai berikut


b. Nilai tertinggi adalah 95 dan nilai terendah adalah 65.
c. Anak yang mendapat nilai di atas 75 adalah

Anak yang mendapat nilai 80 ada 3 anak
Anak yang mendapat nilai 85 ada 4 anak
Anak yang mendapat nilai 90 ada 3 anak
Anak yang mendapat nilai 95 ada 4 anak

Jadi, anak yang mendapat nilai di atas 75 adalah 3 + 4 + 3 + 4 = 14 anak

Diagram Gambar (Piktogram)
Contoh Soal

Siti dan teman-temanya hampir setiap hari berkunjung ke perpustakaan. Mereka
belajar bersama di perpustakaan. Perpustakaan sekolah Siti menyediakan fasilitas
meja dan kursi untuk belajar dan setiap siswa diberi kesempatan untuk meminjam
buku di perpustakaan. Berikut data peminjam buku di perpustakaan.
Hari Senin sebanyak 25 siswa.
Hari Selasa sebanyak 20 siswa.
Hari Rabu sebanyak 30 siswa.
Hari Kamis sebanyak 15 siswa.
Hari Jum’at sebanyak 10 siswa.
Hari Sabtu sebanyak 45 siswa.
Data di atas dapat disajikan dalam bentuk diagram gambar. Diagram gambar data
diwakili oleh gambar, sehingga nampak menarik.




Menyajikan Data dengan Diagram Batang

Dayu mencatat profesi semua orang tua di kelas V SD Nusantara 01.
Setelah menanya satu per satu diperoleh data profesi orang tua siswa kelas V
SD Nusantara 01 adalah sebagai berikut.
Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebanyak 8 orang.
TNI sebanyak 5 orang.
Petani sebanyak 12 orang.
Guru sebanyak 3 orang.
Wiraswasta sebanyak 2 orang.
Diagram batang dari data di atas adalah sebagai berikut.


TUGAS ANAK-ANAK HARI INI HANYA MEMBACA DAN MEMPELAJARI MATERI DI ATAS
DAN DI FOTO memakai seragam Pramuka pada hari ini.

KARENA HARI SELASA 30 MARET KITA AKAN ULHAR MATEMATIKA !
Untuk siswa yang belum mengumpulkan tugas cerita bergambar ibu tunggu sampai pukul 11.00 Wib ya kids....

Selamat belajar dan literasi...

Rabu, 24 Maret 2021

PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Hari/tanggal : Kamis, 25 Maret 2021
Kelas : 5 B
Tema 8 : Lingkungan Sahabat Kita
Subtema 3 : Usaha Pelestarian Lingkungan
Pembelajaran : 6

A. TUJUAN
1. Melalui kegiatan membaca, siswa dapat menjelaskan langkah-langkah mewarnai gambar cerita dengan benar.
2. Melalui kegiatan mencoba, siswa dapat mewarnai gambar cerita dengan baik.
3. Melalui kegiatan pengamatan dan berdiskusi, siswa dapat mengidentifikasi peristiwa dalam teks nonfiksi.
4. Melalui kegiatan pengamatan dan berdiskusi, siswa mampu menyebutkan contoh cerita tentang arti pentingnya memahami keragaman sosial budaya masyarakat.

Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia (3.8, 4.8), PPKn (3.3, 4.3), SBdP (3.1, 4.1)

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Sebelum memulai pembelajaran kita baca basmallah dulu ya..

Teknik Mewarnai Gambar Cerita

Gambar cerita adalah gambar yang menunjukkan kegiatan orang-orang atau binatang-binatang dalam suatu peristiwa. Gambar cerita dapat ditemui pada buku-buku cerita, terutama untuk anak-anak, untuk
menceritakan sebuah peristiwa, baik peristiwa yang benar-benar terjadi atau cerita imajinasi.

Langkah terakhir dalam membuat gambar cerita adalah mewarnai gambar cerita. Gambar cerita akan menjadi indah dan menarik jika diwarnai.
Menggambar cerita dapat dilakukan dengan teknik kering dan teknik basah. Alat dan bahan untuk menggambar cerita dengan teknik kering, menggunakan beberapa alat misalnya, pensil, kapur, krayon, atau bahan lain yang tidak memerlukan air. Pada teknik basah, media yang diperlukan berupa cat air, tinta bak atau tinta Cina, cat poster yang menggunakan air sebagai pengencer.

1. Teknik Kering
Menggambar cerita dengan teknik kering, tidak perlu menggunakan pengencer seperti air. Cerita dibuat langsung pada kertas gambar. Mula-mula dibuat sketsa atau rancangan gambar yang menggambarkan sebuah cerita. Setelah itu, diberikan garis atau warna sesuai dengan media kering yang digunakan.

Beberapa contoh media kering yang biasa digunakan antara lain:

1. Pensil,
Pensil yang digunakan dalam menggambar cerita, biasanya adalah pensil ukuran 2B sampai 6B.

2. Krayon.
Krayon memiliki beragam variasi warna. Krayon merupakan campuran antara lilin dan bahan pewarna yang aman untuk anak-anak. Krayon digunakan untuk menggambar cerita yang memerlukan variasi warna.

3. Pulpen atau Spidol.
Pulpen atau spidol juga digunakan untuk menggambar cerita dengan karakter yang tegas pada garis-garis.



2. Teknik Basah
Media yang digunakan untuk teknik basah antara lain, cat air, tinta, atau media lain yang memerlukan air sebagai pengencer. Cerita dibuat dengan cara membuat sketsa pada bidang gambar dua dimensi berupa kertas. Setelah itu, baru diberi warna sesuai dengan media basah yang sudah ditentukan. Teknik basah memerlukan beberapa alat dan bahan seperti cat air, cat poster, tinta bak atau tinta Cina, berbagai jenis kuas, dan palet cat air. Berikut adalah contoh gambar cerita yang dibuat dengan menggunakan teknik basah.

Menentukan peristiwa pada teks nonfiksi
Bacalah Teks di bawah ini

Keragaman Budaya dalam Festival Kuwung

Festifal kuwung merupakan acara seni budaya yang digelar dalam rangka hari jadi Banyuwangi (Harjaba). Festival kuwung digelar setiap tahun dengan menyuguhkan beragam tradisi daerah yang dikemas dalam pertunjukan yang megah. Rakyat banyuwangi berpesta dengan menampilkan berbagai seni daerah yang menarik dan menghibur.

Pada Festival kuwung, para penari dan aksi teatrikal tampil memikat. Selain itu, juga ada pawai mobil dengan aneka lampu yang menampilkan miniatur budaya daerah. Ratusan pendukung acara tampil dengan kostum yang atraktif. Iringan musik tradisional sepanjang acara membuat suasana festival begitu meriah.

Pada tahun 2016, Festival kuwung mengangkat tema kembang setaman Bumi Blambangan. Tema tersebut merupakan lambang keharmonisan hidup masyarakat Banyuwangi yang memiliki berbagai etnis dn latar belakang budaya. Berbagai suku dan etnis yang telah berpuluh tahun hidup di Banyuwangi hidup berdampingan dalam kerukunan.
Festival kuwung membingkai keragaman budaya dengan beragam etnis dan suku dalam rangkaian yang menarik. Berbagai suku dan etnis menampilkan ciri khas kebudayaan masing-masing. Festival kuwung dibuka dengan tradisi Saulak dari suku Mandar. Selanjutnya ada pawai dari etnis Jawa Mataram. Berjudul Cungkup Tapanrejo. Pawai tersebut menceritakan babat alas warga Jawa yang memulai kehidupa baru.

Dalam Festival kuwung, suku Using menampilkan cerita Sarine Kembang Bakung. Inti cerita Sarine Kembang Bakung adalah kegigihan masyarakat desa melestarikan buaya adat using.Etnis Madura menampilkan pawai dengan pakaian khasnya, tari Topeng, dan cerita tentang petani kakao. Etnis Bali menampilkan tradisi Melasti Bali Banyuwangen serta atraksi ogoh-ogoh.

Sementara itu etnis Tionghoa menampilkan bagian bertema Liong Harmoni Tionghoa. Etnis Tionghoa menampilkan berbagai berbagai tradisi dengan pakaian khasnya ddmeriahkan oleh juga an atraksi barongsai. Selain itu, Festival kuwung juga dimriahkan oleh penampilan dari perwakilan beberapa daerah seperti Bogor, Kediri, Sleman, Probolinggo, dan Sumbawa Barat

Untuk selanjutnya simaklah Video berikut!












Latihan Tematik

1. Ada yang dimaksud gambar cerita?
2. Apa sajakah perbedaan teknik pewarnaan kering dan basah?
3. Peristiwa apa yang terjadi pada teks “Keragaman Budaya dalam Festival Kuwung"?
4. Keberagaman apa yang ditampilkan pada teks tersebut?
5. Sikap apa yang dapat di tiru dari teks diatas?


PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Hari/tanggal : Rabu, 24 Maret 2021
Kelas : 5 B
Tema 8 : Lingkungan Sahabat Kita
Subtema 3 : Usaha Pelestarian Lingkungan
Pembelajaran : 5

1. TUJUAN

1. Melalui kegiatan mencoba, siswa dapat menjelaskan cara memelihara ketersediaan air bersih dengan benar.

2. Melalui kegiatan berdiskusi dan membuat buklet, siswa dapat menjelaskan cara-cara memelihara ketersediaan air bersih dengan baik.

3. Melalui kegiatan pengamatan, siswa mampu menyebutkan langkah-langkah membuat gambar cerita dengan benar.

Muatan Terpadu :Bahasa Indonesia(3.8, 4.8), IPA(3.8, 4.8), SBdP(3.1, 4.1)

Assalamualaikum wr..wb apa kabar ananda semua nya? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat wal afiat, aamin yra.

Sebelum memulai pembelajaran kita baca basmallah dulu ya..
Untuk menambah pengetahuanmu yuk sama-sama kita baca teks berikut ini!

PENGHEMATAN AIR KELAS 5 TEMA 8
SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 5 HALAMAN 126, 128



Ayo Mencoba
Mengetahui Tingkat pemborosan Air

Sediakan satu buah gelas (ukuran ± 300 ml)
Bukalah keran air sekecil mungkin sehingga air hanya menetes perlahan-lahan! Apabila tidak ada keran air di sekolahmu, dapat diganti dengan penampung air, misalnya ember atau kaleng bekas. Buatlah lubang kecil pada penampung air itu, kemudian isilah dengan air hingga penuh! Usahakan lubang itu cukup kecil sehingga air hanya keluar dengan menetes
Tampunglah tetesan air tersebut hingga gelas penuh. Gunakan air yang kamu tampung untuk mencuci piring atau menyiram tanaman

Catatlah waktu yang diperlukan oleh tetesan air untuk memenuhi gelas tersebut
Seandainya keran atau tandon air di rumahmu bocor sehingga air menetes seperti pada percobaan ini, berapa liter air yang terbuang sia-sia selama satu hari (24 jam)?
Tulislah laporan dan kesimpulan kegiatan ini, kemudian kumpulkan kepada Bapak/Ibu Guru. (Percobaan boleh dilakukan boleh tidak, hanya untuk mengetahui tingkat pemborosan air)



Ayo Membaca
Penghematan Air
Amatilah penggunaan air di rumahmu! Air digunakan untuk mandi, mencuci pakaian, memasak , dan mencuci piring. Berapa banyak air yang digunakan di rumahmu setiap hari?

Walaupun hingga saat ini air selalu tersedia di alam, tetapi kita harus menggunakan air secara bijaksana. Menghemat penggunaan air sangat bermanfaat, terutama jika air diperoleh melalui pompa air listrik atau PDAM. Semakin sering kita menghidupkan pompa tersebut, semakin besar tagihan listrik yang harus kita bayar. Demikian juga jika kita menggunakan air dari PDAM. Semakin banyak air yang kita pakai, tagihan air per bulannya juga semakin besar. Mungkin kamu belum dapat membayangkan tentang pemborosan penggunaan air.

Berikut tindakan dalam mengehemat air yang perlu kita lakukan!


Gambar cerita adalah gambar yang menceritakan suatu adegan atau peristiwa. Fungsi dari gambar cerita adalah memperjelas alur atau isi cerita, memperjelas isi pesan dalam promosi suatu barang, menarik perhatian, menambah nilai artistik/keindahan dan sarana untuk mengungkapkan perasaan penggambarnya.

Bentuk suatu obyek gambar cerita dapat berupa gambar manusia, tumbuhan dan hewan. Gambar-gambar tersebut bisa berdiri sendiri atau bisa gabungan dari berbagai obyek yang berbeda. Obyek sebuah gambar cerita disesuaikan dengan narasi atau tema yang telah dibuat.

Gambar cerita memudahkan pembaca untuk memahami suatu cerita, tulisan, maupun informasi lainnya. Seperti contoh komik dan karikatur. Fungsi dari gambar cerita ini bisa dimanfaatkan untuk menghidupkan cerita. Gambar cerita yang baik merupakan ilustrasi yang bisa merangsang serta membantu pembaca untuk berimajinasi tentang cerita,

Untuk membuat sebuah gambar cerita yang baik memerlukan langkah-langkah atau tahapan-tahapan yang bisa dilakukan. Beberapa langkah dalam menggambar cerita antara lain sebagai berikut.

1. Persiapan Bahan dan Alat
Sebelum menyiapkan bahan dan alat, sebaiknya tentukan dahulu jenis teknik yang akan kamu gunakan, teknik basah atau teknik kering? Setelah itu, persiapkan alat dan bahannya.

Menggambar cerita dengan teknik kering, tidak perlu menggunakan pengencer seperti air. Cerita dibuat langsung pada kertas gambar. Mula-mula dibuat sketsa atau rancangan gambar yang menggambarkan sebuah cerita. Setelah itu, diberikan garis atau warna sesuai dengan media kering yang digunakan. Beberapa contoh media kering yang biasa digunakan antara lain:

Pensil, Pensil yang digunakan dalam menggambar cerita, biasanya adalah pensil ukuran 2B sampai 6B.
Krayon. Krayon memiliki beragam variasi warna. Krayon merupakan campuran antara lilin dan bahan pewarna yang aman untuk anak-anak. Krayon digunakan untuk menggambar cerita yang memerlukan variasi warna.
Pulpen atau Spidol. Pulpen atau spidol juga digunakan untuk menggambar cerita dengan karakter yang tegas pada garis-garis.
Media yang digunakan untuk teknik basah antara lain, cat air, tinta, atau media lain yang memerlukan air sebagai pengencer. Cerita dibuat dengan cara membuat sketsa pada bidang gambar dua dimensi berupa kertas. Setelah itu, baru diberi warna sesuai dengan media basah yang sudah ditentukan. Teknik basah memerlukan beberapa alat dan bahan seperti cat air, cat poster, tinta bak atau tinta Cina, berbagai jenis kuas, dan palet cat air. Berikut adalah contoh gambar cerita yang dibuat dengan menggunakan teknik basah

2. Menentukan Tema
Tema berkaitan erat dengan objek gambar. Ketika memutuskan menggambar dengan tema tertentu langkah selanjutnya adalah mencari objek gambar. Objek gambar bisa berupa benda mati maupun benda hidup. Benda hidup yang menjadi objek gambar adalah manusia, tumbuhan, dan hewan. Pemilihan tema akan menentukan gambar yang akan dibuat. Penentuan tema dapat dilakukan dengan melihat lingkungan sekitar atau pengalaman diri sendiri dan orang lain.

3. Pembuatan Sketsa
Langkah membuat sketsa sangat berpengaruh bagi tahap-tahap menggambar selanjutnya. Jika sketsa yang dibuat tidak maksimal maka nanti setelah diolah lebih lanjut obyek yang dibuat akan terlihat kurang bagus. Karena itu pembuatan sketsa tentu perlu dikerjakan sebaik mungkin. Setelah menentukan tema langkah selanjutnya yaitu membuat sketsa. Sketsa sebaiknya dibuat lebih dari satu agar kita dapat memilih yang terbaik.

4. Penyelesaian Gambar
Dari beberapa sketsa yang dibuat dapat dipilih satu yang menurutmu paling baik. Kemudian, sempurnakan dengan menghapus garis-garis yang tidak perlu dan menambah garis atau coretan yang dirasa perlu agar gambar tampak lebih hidup.

Jika sudah mantap, warnai gambarmu dengan rapi. Kamu dapat mewarnai dengan teknik basah atau teknik kering. Pewarnaan dengan teknik basah menggunakan cat air, cat minyak, atau tinta. Sebaliknya, pewarnaan dengan teknik kering menggunakan pensil warna, krayon, atau oil pastel.




Ada dua macam teknik pewarnaan, yaitu pewarnaan basah dan pewarnaan kering. Teknik pewarnaan basah ialah pewarnaan menggunakan media yang memerlukan pengencer, misalnya tinta, cat air, atau cat minyak. Sebaliknya, teknik pewarnaan kering ialah pewarnaan menggunakan media yang tidak memerlukan bahan pengencer, misalnya pensil warna, krayon, atau oil pastel.




Gambar di atas merupakan gambar dari sebuah cerita tentang seorang anak yang tidak mau bekerja sama dengan temannya dalam menyelesaikan tugas mewarnai. Saat melihat teman-teman lain telah menyelesaikan tugas, si anak mau bekerja sama untuk segera menyelesaikan tugas.


TUGAS HARI INI
Nah sekarang tugas hari ini adalah ,membuat gambar cerita berdasarkan tema HEMAT AIR
gambar-gambar berikut ini dapat ,menjadi acuanmu dalam membuat gambar!
Boleh dibuat dialog dalam cerita bergambarmu. (Waktu pengumpulan dari hari ini sampai Jum'at tanggal 26 Maret 2021 pukul 11.00 wib)


Lingkunganku sehat airku bersih


Aku Menjaga Sungaiku Bersih



Aku Menjaga Sungaiku Bersih









Selasa, 23 Maret 2021

Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ )

Hari/Tanggal Selasa , 22 Maret 2021

Kelas : V B
Mata Pelajaran : Matematika
Materi :Penyajian data

KD : 3.7 Menjelaskan data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya

Tujuan : Siswa mampu Menjelaskan data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulan Data dalam bentuk diagram batang

PENYAJIAN DATA
Diagram Garis

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

Anak-anak sudah siap belajar hari ini?
Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!

Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

Menyajikan Data dengan Diagram Garis



Gambar di atas memadukan pengukuran data pribadi berat badan dan tinggi
badan. Data berat badan dan tinggi badan dapat disajikan dalam diagram
garis.
Diagram garis menunjukkan adanya kaitan antardata. Data berat badan dan
tinggi badan dapat diukur setiap waktu, data seperti ini disebut data kontinyu.

Di sekolah, Beni dan teman-temannya akan melakukan penimbangan badan.
Penimbangan badan dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perkembangan
kesehatan siswa. Lani memiliki catatan berat badannya selama 5 tahun, yaitu
mulai umur 7 tahun hingga umur 11 tahun.



Langkah-Langkah Membuat Diagram Garis
1. Membuat garis horisontal (mendatar), garis horisontal biasanya digunakan
untuk waktu. Pada contoh di atas garis horisontal diisi umur siswa.
2. Membuat garis vertikal (tegak), garis vertikal pada contoh di atas diisi berat
badan siswa.
3. Buatlah titik-titik pasangan antarumur dan berat badan. (Misal 7, 25).
4. Hubungkan titik-titik dengan garis.

Perkembangan berat badan Beni dapat disajikan dalam diagram garis sebagai
berikut.



Berdasarkan diagram garis di halaman 240 terlihat adanya peningkatan berat
badan Beni mulai umur 7 tahun sampai umur 11 tahun. Peningkatan yang paling
tinggi adalah waktu Beni berumur 8 tahun ke umur 9 tahun, yaitu dari 28 kg ke
32 kg, adanya peningkatan 4 kg.
Garis menunjukkan perkembangan berat badan. Apabila semakin ke kanan naik,
maka artinya berat badannya naik.
Tinggi badan Meli juga dicatat secara berkala.
Pengukuran berat badan juga untuk memantau
perkembangan anak. Meli memiliki catatan
tinggi badannya selama 5 tahun, yaitu mulai
umur 7 tahun hingga umur 11 tahun.

Catatan tinggi badan Meli selama 5 tahun adalah
sebagai berikut.





Dari diagram garis di atas, pertumbuhan tinggi badan Meli meningkat dari umur
7 tahun sampai umur 11 tahun. Peningkatan tertinggi ketika Meli umur 7 tahun
ke umur 8 tahun.

Tugas!
Latihan matematika halaman 242 dibuku cetak asyik mencoba kerjakan nomor 1 dan 2