Senin, 09 Desember 2019

Hari/Tanggal : Selasa, 10 Desember 2019


Pengayaan dan Remedial
Tema 2 : Persatuan Dalam Perbedaan


Muatan PPKN
1. Berikut ini manfaat menerapkan nilai persatuan, kecuali ....
a. Menciptakan kedamaian
b. Tidak terjadi perselisihan
c. Hidup menjadi aman
d. Mengurangi rasa percaya

2. Menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dapat mencegah timbulnya ....
a. persatuan
b. kerukunan
c. perselisihan
d. ketenangan

3. Perbedaan suku dengan teman dapat disikapi dengan cara berikut,kecuali ....
a. bermain bersama
b. saling menghargai
c. berdiam diri di kamar
d. saling mempelajari budaya

4. Berikut ini sikap yang diperlukan agar persatuan selalu ada, kecuali ....
a. toleransi
b. peduli
c. berbagi
d. egois

5. Berikut ini kegiatan yang menerapkan nilai persatuan, kecuali ....
a. Kerja bakti membersihkan kelas
b. Memperbaiki sarana umum bersama
c. Mengumpulkan bantuan untuk korban bencana
d. Mencari bantuan untuk diri sendiri

6. Masyarakat saling menghormati dan menghargai perbedaan satu sama lain. Berarti masyarakat menerapkan sikap ....
a. peduli
b. toleransi
c. egois
d. menang sendiri

7. Sikap yang paling tepat dalam menghadapi perbedaan budaya yaitu ....
a. perbedaan dimanfaatkan untuk saling melengkapi
b. perbedaan harus dihilangkan dari masyarakat
c. perbedaan dihindari karena menimbulkan perselisihan
d. perbedaan dijadikan penghalang persatuan

8. Kegiatan yang menerapkan nilai-nilai persatuan di sekolah yaitu ....
a. Memberikan jawaban ujian
b. Menampilkan pentas drama
c. Membolos pelajaran bersama
d. Menolak kegiatan kerja bakti

9. Sikap baik dalam menghadapi perbedaan yaitu ....
a. saling menghargai
b. saling menghindari
c. saling membandingkan
d. saling memengaruhi

10. Masyarakat yang rukun membuat kita merasa ....
a. gelisah
b. curiga
c. terancam
d. tenang

11. Salah satu ciri khusus pada teratai adalah ....
a. akar pendek
b. batang tipis
c. batang tebal
d. daun berlapis lilin

12. Tumbuhan yang termasuk hidrofit adalah ....
a. teratai dan kangkung
b. kaktus dan cocor bebek
c. eceng gondok dan kaktus
d. tumbuhan paku dan lumut

13. Tumbuhan xerofit mempunyai batang yang tebal untuk ....
a. menyimpan air
b. menyimpan oksigen
c. penguat tumbuhan
d. mempercepat penguapan

14. Daun cemara berbentuk runcing yang berguna untuk ....
a. menyerap oksigen
b. memperoleh nitrogen
c. mengurangi penguapan
d. mempercepat penguapan

15. Tumbuhan yang menggulungkan daunnya pada musim kemarau adalah ....
a. jati
b. jagung
c. cemara
d. putri malu
Senin, 9 Desember 2019

Pengayaan dan Remedial


PPKn
1.       Membantu teman saat jatuh dari sepeda merupakan pengamalan Pancasila sila ke ….
2.       Berikan contoh pengamalan sila ke tiga dalam kehidupan sehari- hari!
3.       Jelaskan makna persatuan dan kesatuan bangsa indonesia
4.       Memanfaatkan kekayaan Indonesia yang penuh rasa tanggung jawab merupakan salah satu nilai moral Pancasila sila ke ....
5.       Ikut berpartisipasidalam upacarabendera Melerai teman yang sedang bertengkar meruapakan pengamalan pancasila sila ke...
6.       Sebutkan tiga contoh pengamalan panca sila sila ke 5...
7.       Menyayangi dan merawat hewan serta tumbuhan merupakan pengamalan pancasila sila ke... dilambangkan denga gambar...
8.       Tulislah lambang-lambang dalam panca sila ...
9.       Sila kemanusiaan yang adil dan beradab dilambangkan dengan gambar...
10.    Bermusyawarah dalam mengambil keputusan merupakan pengamalan pancasila sila ke...

B.Indonesia
   1.  Laporan investigasi dapat dibuat berdasarkan ..
   2. Struktur laporan terdiri atas definisiumum, deskripsi bagian, dan kesimpulan
       Memuat informasi berdasarkan fakta, Fakta ditulis berdasarkanhasi lpenelitian
       merupakan ciri-ciri dari laporan...
   3. Simpulan merupakan…. Akhir dari uraian panjang suatu bacaan atau teks
   4. Tulislahlangkah-langkahmembuatsimpulandarisebuahteks!
   5. Apa yang dimaksud dengan poster...
   6. Teks laporan hasil pengamatan berisi informasi yang ditulis berdasarkan ....
   7. Kalimat utama biasanya terdapat pada...

 SBDP
    1. Bahan yang lembek dan mudah dibentuk menjadi patung diebut bahan ....
    2. Patung termasuk karya seni ... dimensi.
    3. Teknikmembuatpatungdengancaramemijit, menambah, ataumengurangi
         bahan yang dibentukdisebut …
    4. Alat yang diperlukan dalam pembuatan patung yang dibuat dengantekni kmembutsir 
         adalah
     5. Setelahmembuatgambarsketsa, tahap selanjutnya dalam pembuatan patung adalah …
     6. Patung Monumen adalah...
     7. Sebutkan bahan-bahan yang dapat dibuat patung..
     8. Sebtkan teknik-teknik membuat patung..

Kamis, 05 Desember 2019

Materi Ajar Kelas 6
Hari/ Tanggal : Jumat, 6 Desember 2019
Tema 5 : Kewirausahaan

Soal Pilihan Ganda
Muatan PPKN
1. Kerja keras bisa dilakukan dalam berbagai hal. Kerja keras yang dapat dilakukan di lingkungan sekolah adalah ....
a. membolos saat pelajaran
b. menyontek saat ulangan
c. melanggar tata tertib sekolah
d. mengerjakan tugas individu

2. Keluarga Hani memiliki usaha batik yang sukses. Sikap Hani sebagai anak keluarga kaya. Sebagai anak orang kaya, Hani memiliki sikap yang patut kita contoh, yaitu ....
a. bekerja keras
b. sombong
c. tinggi hati
d. keras kepala

3. Yang menunjukkan "berpikir global dan bertindak lokal" adalah ....
a. memilih membeli produk luar negeri daripada berusaha membuat sendiri
b. memanfaatkan teknologi informasi untuk mengenalkan budaya Indonesia
c. meniru semua budaya asing meskipun bertentangan dengan Pancasila
d. selalu membangga-banggakan produk yang dibeli di luar negeri

4. Masyarakat Indonesia mempunyai keberagaman ekonomi yang dipengaruhi oleh faktor berikut, kecuali ....
a. keterampilan
b. pendidikan
c. jenis kelamin
d. usaha keras

5. Penjahit adalah jebis usaha yang menyediakan ....
a. jasa
b. barang
c. makanan
d. minuman

6. Hidup rukun di masyarakat akan memberi manfaat berikut ....
a. Sulit bekerja sama.
b. Budaya menjadi hilang.
c. Merasa tenang dan nyaman.
d. Memiliki sedikit teman.

7. ‘Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh’ adalah semboyan yang sering didengungkan untuk meningkatkan semangat persatuan pada masa ....
a. prasejarah
b. penjajahan
c. kerajaan
d. reformasi

8. Berikut ini kegiatan yang menerapkan nilai persatuan, kecuali ....
a. Kerja bakti membersihkan kelas
b. Memperbaiki sarana umum bersama
c. Mengumpulkan bantuan untuk korban bencana
d. Mencari bantuan untuk diri sendiri

9. Sikap yang paling tepat dalam menghadapi perbedaan budaya yaitu ....
a. perbedaan dimanfaatkan untuk saling melengkapi
b. perbedaan harus dihilangkan dari masyarakat
c. perbedaan dihindari karena menimbulkan perselisihan
d. perbedaan dijadikan penghalang persatuan

10. Manfaat bekerja sama dengan orang yang berbeda-beda adalah ....
a. wawasan menjadi sempit
b. melatih kesabaran diri sendiri
c. ide menjadi berkurang
d. mendapat sedikit teman

Muatan Bahasa Indonesia
1. Perhatikan teks sejarah berikut!

B.M. Diah menyimpan naskah asli proklamasi selama 46 tahun 9 bulan 19 hari. Naskah tersebut kemudian dikembalikan kepada bangsa Indonesia. B.M. Diah menyerahkan naskah asli proklamasi kepada Presiden Soeharto pada Selasa, 19 Mei 1992. Naskah asli proklamasi kemudian disimpan di Arsip Nasional RI, Jakarta. Berkat B.M. Diah, kini bangsa Indonesia dapat melihat naskah asli proklamasi.
Kalimat tanya yang sesuai isi teks sejarah tersebut adalah ....
a. Bagaimana B.M. Diah menemukan naskah asli proklamasi?
b. Berapa lama B.M. Diah menyimpan naskah asli proklamasi?
c. Mengapa B.M. Diah menyimpan naskah asli proklamasi?
d. Apa yang melatarbelakangi B.M. Diah menyerahkan naskah asli proklamasi kepada Presiden Soeharto?

2. Informasi yang tercantum pada formulir pengiriman barang adalah ....
a. identitas penerima dan pengirim barang
b. identitas penerima dan pihak ekspedisi
c. identitas pengirim dan pihak ekspedisi
d. identitas pengirim dan pembuat barang

3. Nama terang yang ditulis di bawah tanda tangan pada sebuah formulir memuat informasi berupa ....
a. nama orang yang mengisi formulir
b. nama orang tua pengisi formulir
c. nama pembuat formulir
d. nama wali yang mengisi formulir

4. Berikut daftar isian yang perlu diisi pada lembar jawaban komputer adalah ....
a. nama peserta ujian
b. nama guru pengampu
c. nama kepala sekolah
d. nama orang tua

5. Agar informasi yang ditulis pada formulir sah dan dapat dipertanggungjawabkan, perlu dibubuhkan paraf.
Istilah paraf juga disebut ....
a. nama
b. stempel/cap
c. tanda tangan
d. materai

6. Catatan yang berisi daftar sekolah atau pendidikan yang pernah ditempuh semasa hidup disebut ....
a. riwayat hidup
b. pengalaman pekerjaan
c. riwayat pendidikan
d. keterampilan yang dimiliki

7. Perhatikan data berikut!

Aris ingin mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Ia harus mengisi formulir berupa data diri anggota. Data yang diisikan sebagai berikut.
Data: 1. Jalan Sukadana II, Yogyakarta
2. Islam
3. Aris
4. SD
5. Yogyakarta, 20 Mei 2007


Data Diri Anggota Pramuka
Nama :
Tempat/tanggal lahir :
Pendidikan :
Agama :
Alamat :

Pengisian data diri anggota pramuka yang tepat sesuai data adalah ....
a. 3-2-4-1-5
b. 3-5-4-2-1
c. 3-4-5-2-1
d. 3-4-2-1-5

8. Hal berikut yang tidak termasuk informasi penting dalam riwayat hidup adalah ....
a. prestasi yang dicapai
b. nama guru yang mengajar
c. nama diri serta tanggal lahir
d. keterampilan yang dimiliki

9. Data:
1. Islam
2. Mega Puspita
3. Surabaya, 6 November 1988
4. Jalan Gejayan 15, Yogyakarta
5. SMK

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Nama : ....................................................
Tempat/tanggal lahir : ....................................................
Pendidikan : ....................................................
Agama : ....................................................
Alamat : ....................................................

Jika data tersebut diisikan ke dalam daftar riwayat hidup, bagaimana urutan yang sesuai?
a. 5–3–1–2–4
b. 4–3–5–1–2
c. 3–4–5–1–2
d. 2–3–5–1–4

14. Yang menandatangani daftar riwayat hidup adalah ....
a. kepala kantornya
b. orang tuanya
c. yang meminta daftarnya
d. yang bersangkutan

15. Hal-hal yang tidak perlu ditulis pada formulir pengiriman barang adalah ....
a. nama penerima
b. alamat pengirim
c. jenis barang
d. tanggal pembuatan


1. Perhatikan gambar berikut!

Gambar di atas menunjukkan tiga buah magnet batang. Jika C kutub utara, B dengan C tarik-menarik, serta D dengan E tolak-menolak, sehingga jenis kutub magnet pada A dan F adalah ....
a. A kutub utara, F kutub utara
b. A kutub utara, F kutub selatan
c. A kutub selatan, F kutub utara
d. A kutub selatan, F kutub selatan

2. Berdasarkan cara terbentuknya, magnet bumi merupakan magnet ....
a. alami
b. buatan
c. raksasa
d. sementara

3. Berikut ini yang merupakan proses pembuatan magnet dengan cara elektromagnet adalah ....
a.
b.
c.
d.

4. Perhatikan gambar berikut!

Kutub B menolak kutub C, sedangkan kutub D menarik kutub E. Dengan demikian, kutub B, C, E berturut-turut adalah ....
a. utara, utara, utara
b. utara, selatan, utara
c. selatan, selatan, utara
d. selatan, utara, selatan

5. Perhatikan gambar berikut!

Pernyataan yang benar tentang pembuatan magnet seperti gambar di atas adalah ....
a. penggosokkan dilakukan dengan satu arah dan satu kali
b. penggosokkan dilakukan secara berulang dan bolak-balik
c. semakin lama waktu penggosokkan, sifat kemagnetannya semakin kuat
d. semakin lama waktu penggosokkan, sifat kemagnetannya semakin lemah

6. Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui yang digunakan sebagai sarana untuk memproduksi energi listrik seperti ....
a. batubara dan udara
b. air dan matahari
c. minyak bumi dan angin
d. batu bara dan minyak bumi

7. Perhatikan gambar berikut!

Bagian yang ditunjukkan oleh tanda panah berfungsi sebagai ....
a. kutub positif
b. kutub negatif
c. sumber energi
d. penghantar arus

8. Pernyataan berikut ini yang benar tentang pembangkit listrik tenaga mikrohidro adalah ....
a. semakin deras aliran, perputaran kincir semakin lambat
b. semakin deras aliran, energi listrik yang dihasilkan semakin besar
c. semakin deras aliran, energi listrik yang dihasilkan semakin sedikit
d. semakin lambat perputaran kincir, energi listrik yang dihasilkan semakin besar

9. Sumber energi pada mikrohidro dapat berasal dari ....
a. angin
b. cahaya
c. air sungai
d. panas bumi

10. Alasan utama kita harus menghemat energi listrik adalah ....
a. menghemat biaya
b. harga listrik mahal
c. persediaannya terbatas
d. peralatan elektronik mahal

Muatan IPS
1. Salah satu tujuan adanya sistem mengglobal dalam dunia adalah ....
a. pengentasan kemiskinan
b. meningkatkan kesejahteraan
c. menambah wawasan
d. meningkatkan pergaulan bebas

2. Indonesia berperan dalam globalisasi agar ....
a. tidak dimusuhi negara lain
b. menjadi negara super power
c. mendapat penghargaan dari PBB
d. tidak hanya menjadi penonton globalisasi

3. Berikut adalah pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan wirausaha untuk menghasilkan barang atau jasa, kecuali ....
a. pemilik usaha
b. pemasok bahan
c. pemakai produk
d. tenaga kerja

4. Banyaknya produk impor dari luar negeri bisa mengakibatkan produsen lokal menjadi bangkrut jika kita ....
a. lebih memilih produk lokal daripada merek luar negeri
b. mengutamakan membeli produk buatan Indonesia
c. selalu meremehkan produk buatan dalam negeri
d. tidak mau membeli produk buatan luar negeri

5. Contoh komoditas Indonesia yang sudah banyak diekspor ke luar negeri adalah ....
a. sepeda motor
b. kelapa sawit
c. gandum
d. daging

6. Pahlawan nasional yang ikut gugur dalam peristiwa Bandung Lautan Api pada saat meledakkan gudang mesiu adalah ....
a. M. Toha
b. Supriadi
c. Abdul Latif
d. Burhanuddin

7. Sebelum kemerdekaan Indonesia diproklamasikan, rakyat Indonesia menjalani kehidupan yang ....
a. baik
b. sulit
c. mudah
d. sejahtera

8. Hakikat proklamasi kemerdekaan bagi suatu bangsa yaitu ....
a. bebas dari penjajahan
b. merupakan tujuan akhir
c. terbentuknya dasar negara
d. berakhirnya suatu perjuangan

9. Pengakuan kedaulatan oleh pemerintah Hindia-Belanda terjadi pada tanggal ....
a. 12 Desember 1948
b. 21 Desember 1948
c. 21 Desember 1949
d. 27 Desember 1949

10. Peran tokoh Sayuti Melik dalam peristiwa proklamasi adalah ....
a. pengetik naskah proklamasi yang autentik
b. penghubung antara golongan tua dengan golongan muda
c. perumus naskah proklamasi bersama dengan Ir. Soekarno dan Hatta
d. tokoh muda yang mendampingi Mr. Ahmad Subardjo ke Rengasdengklok

Muatan SBdP
1. Logo memiliki fungsi utama sebagai ....
a. media menjual suatu produk tertentu
b. identitas produk, organisasi, atau perusahaan
c. identitas suatu suku, bangsa, dan negara
d. memberi informasi tentang kegiatan tertentu

2. Sebuah produk yang ditawarkan melalui media radio termasuk jenis reklame ....
a. audio
b. visual
c. audiovisual
d. sosial

3. Di bawah ini merupakan jenis poster kegiatan, kecuali ....
a. poster iklan
b. poster lomba baca puisi
c. poster pameran seni lukis
d. poster pertunjukan musik

4. Bahan yang tidak dapat digunakan untuk membuat embalase adalah ....
a. plastik
b. kertas
c. kaleng
d. daun

5. Brosur yang dilipat menjadi tiga bagian memiliki jumlah halaman sebanyak ....
a. 3 halaman
b. 6 halaman
c. 9 halaman
d. 10 halaman

6. Cici memainkan solmisasi menggunakan pianika. JIka Cici memencet tuts do lalu memencet tuts mi, maka interval nadanya adalah ....
a. ½
b. 1
c. 1 ½
d. 2

7. Dalam tangga nada, nada-nada disusun secara ....
a. berurutan
b. beraturan
c. berjenjang
d. bertahap

8. Lagu Soleram berasal dari daerah ....
a. Aceh
b. Maluku
c. Papua
d. Riau

9. Interval nada merupakan ....
a. jarak antar ruas birama
b. jarak antar nada
c. jarak antar penyanyi
d. jarak tempo lagu

10. Perhatikan gambar berikut.

Alat musik ritmis pada gambar di atas disebut ....
a. kecrek
b. rebana
c. gendang
d. tifa












Rabu, 04 Desember 2019

Kamis, 5 Desember 2019

Soal -soal Latihan UAS
BAHASA DAERAH
A. Berilah tanda silang ( X ) pada jawaban a,b,c,atau d yang paling tepat!
1. Kampung budaya/pekon budaya yang ada di kabupaten way kanan adalah ...
a. Pekon Mesir
b. Pekon Pakuan Ratu
c. Pekon Kahukhipan
d. Pekon Seputih Ratu

2. Kampung/pekon budaya yang ada di daerah Lampung Utara adalah ...
a. Pekon Pakuan Ratu
b. Pekon Bali Sadar
c. Pekon Kahukhipan
d. Pekon Mesir



3. Kampung/pekon budaya Pakuan Ratu ada di kabupaten ...
a. Way Kanan
b. Kota Bumi
c. Kalianda
d. Gunung Sugih

4. Di Kampung/Pekon Mesir ngedok lamban keluarga pejuang Lampung Ryacudu. Kata yang bergaris bawah di atas artinya ...
a. Ada rumah
b. Ada gudang
c. Rumah adat
d. Ada lembaran

5. Di bawah ini adalah kata bersuku satu,kecuali ...
a. Way
b. Pah
c. Cakak
d. Sai

6. Kham lapah adok pasagh. Kalimat di samping yang bersuku satu adalah ...
a. Kham
b. Lapah
c. Adok
d. Pasagh

7. xxxxxxxxx aksara disamping dibaca ...
a. Kama salah
b. Kawai merah
c. Kawi arah
d. Kawai suluh

8. Di bawah ini adalah kata dasar yang telah mendapat imbuhan akhiran ...
a. Dicawo
b. Keghaba
c. Misalnou
d. Diunggak

9. Pah akuk pai kawainou, kata di samping yang telah mendapat imbuhan akhiran adalah ...
a. Kawainou
b. Pah
c. Akuk
d. Pai

10. xxxxxxxxx aksara lampung di samping berbunyi ...
a. Niku tunggu aku
b. Aku tunggu tiyan
c. Tiyan tunggai nyak
d. Niku tunggai tiyan

11. Kain khas daerah Lampung yang sangat terkenal adalah ...
a. Songket
b. Beludru
c. Tapis
d. katun

12. Orang yang sangat kreatif menciptakan kain batik motif Lampung adalah ...
a. Bapak Andi Ahmad
b. Bapak Gatot Kartiko
c. Bapak Husin Sanjaya
d. Bapak Ahmad Yani

13. Berhubungan dengan soal nomor 12, orang tersebut berasal dari daerah ...
a. Jakarta
b. Surabaya
c. Jogjakarta
d. Bandar Lampung

14. Contoh kata yang bersuku dua adalah ...
a. Mengan
b. Kham
c. Lemaweng
d. Kelabai

15. Berikut pernyataan yang membedakan kata bersuku satu dan yang bersuku dua adalah ...
a. Bersuku satu memiliki satu suku kata,bersuku dua memiliki dua suku kata
b. Bersuku satu memiliki satu suku kata, bersuku dua memiliki tiga suku kata
c. Bersuku dua memiliki tiga suku kata, Bersuku satu memiliki dua suku kata
d. Bersuku dua memiliki satu suku kata, , Bersuku satu memiliki dua suku kata

16. xxxxxxxxxaksara tersebut dibaca ...
a. jemoh ganta
b. jima gunah
c. jemoh gawoh
d. jamo baghih

17. Sanak miwang tulisan aksara lampungnya adalah ...
a. xxxxxxxxx
b. xxxxxxxxx
c. xxxxxxxxx
d. xxxxxxxxx

18. Berikut adalah kata dasar yang telah mendapat imbuhan awalan di,contohnya ...
a. Dibatok
b. Dirgantara
c. Diam-diam
d. Dipa-dipa

19. Dikhani minggu nyak ngawil,artinya ...
a. Dihari ini saya pergi
b. Dihari ini saya pulang
c. Dihari minggu saya mancing
d. Dihari minggu pulang kampung

20. Saya disurah ayah belajar, bahasa lampungnya ...
a. Nyak lapah sekula
b. Nyak dikayun ayah belajagh
c. Nyak belajagh di lamban
d. Nyak jamo ayah lapah

BAHASA INGGRIS
I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang benar !
1. Bandung is located is ...
a. West Java
b. East Java
c. Central Java
d. Banten

2.



We are not allowed to turn ...
a. left
b. right
c. forward
d. around

3. Devi is clever. Ayu is clever. Devi is ... Ayu.
a. as clever as
b. as clever
c. more clever
d. cleverest

4. Dodi is twelve years old. Andi is ten years old. Andi is ... than Dodi.
a. old
b. young
c. older
d. younger

5. ....... the baby is sleeping !
a. Don’t make noise
b. Be happy
c. Be careful
d. Be diligent

6. You have a motorcycle. The motorcycle is ...
a. you
b. your
c. yours
d. you are

7. Where are they studying ? They are in the...
a. classroom
b. canteen
c. library
d. office

8. He is ... in Kelud mountain.
a. fishing
b. climbing
c. cleaning
d. traveling

9. Nonik is ... in the bed room
a. sleeping
b. eating
c. traveling
d. swimming

10. She is ... the floor.
a. driving
b. sweeping
c. swimming
d. speaking

11. Moslems pray in the...
a. mosque
b. church
c. temple
d. airport

12. The capital city of East Java is ....
a. Bandung
b. Surabaya
c. Semarang
d. Medan

13. The doctor works in the ....
a. school
b. garden
c. market
d. hospital

14. I have a new robot. It is ... robot
a. me
b. my
c. mine
d. your

15. Mrs. Herny is Talita’s mother. Talita is ... daughter
a. she
b. hers
c. him
d. her

16. Today is Monday. We wear ... cap on the flag ceremony.
a. we
b. us
c. our
d. ours

17. The library is behind the school. The antonym of behind is ...
a. in front of
b. next to
c. between
d. beside

18. The opposite of south is ...
a. south west
b. south east
c. west
d. north

19. A : “Whose ring is that ?”
B : “That ring belongs to Yusi. That is ...
a. his
b. hers
c. yours
d. theirs

20. .... has a trunk.
a. Elephant
b. Monkey
c. Lion
d. Tiger

21. Rani : "Can you give me a candy?"
Maya : "...., of course."
a. Yes
b. No
c. Please
d. Don’t

22. Elma : "Where do you live?"
Okta : ".......................".
a. I'm fine thanks
b. sit down!
c. I live in Kediri
d. Thank you very much

23. Amanda always gets the first rank in her class. She is the ... student in the class.
a. clever
b. more clever
c. cleverest
d. cleverer

24. A : “How much does the pencil cost?”
B : “It ... one thousand rupiahs.”
a. cost
b. costed
c. costs
d. costing

25. A : “Do you know Mr. Dicky?”
B : “Yes, I ... .”
a. am
b. do
c. does
d. know

Selasa, 03 Desember 2019

Materi Ajar Kelas 6
Hari/Tanggal : Rabu, 4 Desember 2019
Tema 3 :Tokoh dan Penemuan

Soal Pilihan Ganda
1. Menolong teman yang terjatuh sesuai dengan sila ... Pancasila.
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat

2. Membeli produk rotan Indonesia sesuai dengan sila ... Pancasila.
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat

3. Mau berbagi kepada teman merupakan sikap yang sesuai dengan sila ... Pancasila.
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat

4. Suka bekerja keras dan mengembangkan sikap hemat merupakan nilai yang terkandung dalam sila ....
a. kedua Pancasila
b. ketiga Pancasila
c. keempat Pancasila
d. kelima Pancasila

5. Menghormati orang yang lebih tua sesuai dengan sila ... Pancasila.
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat

6. Penemuan dari Garret Augustus Morgan wajib kita manfaatkan dengan baik agar ....
a. mendapat hiburan
b. selalu tepat waktu
c. lalu lintas tertib
d. dapat mengirim pesan

7. Mendapat waktu untuk beristirahat dan bermain adalah ... siswa.
a. hak
b. aturan
c. kewajiban
d. tanggung jawab

8.
Perhatikan gambar berikut!

Saat melihat rambu tersebut, pengendara sepeda motor wajib ....
a. menambah kecepatan kendaraan
b. berhenti dan turun dari kendaraan
c. berbelok ke arah orang dalam gambar
d. memelankan kecepatan kendaraan

9. Hak sebagai warga negara yaitu ....
a. menjunjung hukum dan pemerintahan
b. memilih, memeluk, dan menjalankan agama
c. menghormati hak asasi manusia orang lain
d. mengikuti pendidikan dasar

10. Tukang ojek merupakan jenis usaha yang menyediakan ....
a. barang
b. jasa
c. makanan
d. minuman

11. Yang bertanggung jawab membayar barang atau jasa sesuai harganya adalah ....
a. produsen
b. konsumen
c. distributor
d. promotor

12. Saat menghadapi pembeli seorang penjual harus ....
a. sabar
b. malas
c. malu
d. sedih

13. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya seseorang harus ....
a. sekolah
b. menghargai
c. bekerja
d. menabung

14. Manfaat yang diperoleh siswa dengan adanya globalisasi adalah ....
a. Mudah membeli aksesoris dari luar negeri.
b. Mudah menjual barang dagangan ke luar negeri.
c. Dapat menggunakan komputer untuk belajar.
d. Mudah meniru budaya dari luar negeri.

15. Sebuah usaha mainan kayu edukatif dapat memberi manfaat berikut kepada masyarakat di sekitarnya, kecuali ....
a. Menyediakan mainan kayu edukatif bagi anak-anak.
b. Memanfaatkan limbah kayu dari masyarakat.
c. Meningkatkan kesejahteraan warga yang bekerja untuknya.
d. Menimbulkan polusi suara di dekat tempat usaha.

16. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa adalah kewajiban dari ....
a. Tentara Nasional Indonesi
b. Kepolisian Republik Indonesia
c. Presiden dan wakilnya
d. semua warga negara

17. Persatuan saat bekerja sama dapat dimaknai berikut, kecuali ....
a. Menghargai perbedaan pendapat.
b. Menerima hasil keputusan kelompok.
c. Melaksanakan tugas dengan bertanggung jawab.
d. Menhalalkan segala cara untuk mencapai tujuan

18. Arti penting persatuan dan kesatuan bagi pembangunan Indonesia adalah ....
a. memperkaya keragaman budaya Indonesia
b. mempercepat pembangunan di segala bidang
c. memperkuat bangsa untuk menguasai bangsa lain
d. meningkatkan bantuan dana dari negara lain

19. Perilaku berikut mencerminkan persatuan dalam kehidupan sehari-hari, kecuali ....
a. Mengikuti kegiatan kerja bakti di sekolah.
b. Mengikuti upacara bendera dengan khidmat.
c. Mempelajari budaya dari daerah lain.
d. Mencegah berlangsungnya festival budaya.

20. Berikut ini kegiatan yang menerapkan nilai persatuan, kecuali ....
a. Kerja bakti membersihkan kelas
b. Memperbaiki sarana umum bersama
c. Mengumpulkan bantuan untuk korban bencana
d. Mencari bantuan untuk diri sendiri

Teks berikut digunakan untuk menjawab 2 soal di bawahnya.
Perhatikan teks laporan berikut!

Tanaman kamboja merupakan tanaman yang tahan terhadap penyakit. Tanaman kamboja juga tahan terhadap perubahan cuaca. Umumnya, tanaman kamboja dapat hidup hingga ratusan tahun. Tanaman ini bukan tanaman asli Indonesia. Awalnya, tanaman kamboja beradal dari daerah Amerika bagian tengah. Tanaman ini lalu dibawa ke Indonesia oleh orang Belanda dan Portugis.

1. Pertanyaan yang tepat sesuai isi teks laporan adalah ....
a. Bagaimana daur hidup tanaman kamboja?
b. Siapa yang membawa tanaman kamboja ke Indonesia?
c. Kapan tanaman kamboja mulai dikenal masyarakat Indonesia?
d. Mengapa tanaman kamboja dapat tahan terhadap penyakit?

2. Pernyataan berikut yang sesuai dengan isi teks laporan adalah ....
a. Tanaman kamboja dapat hidup hingga ratusan tahun sehingga tahan terhadap penyakit.
b. Budidaya tanaman kamboja dilakukan di Amerika Tengah.
c. Di Amerika, tanaman kamboja banyak diekspor ke Belanda dan Portugis.
d. Perubahan cuaca tidak mempengaruhi daur hidup tanaman kamboja.

Teks berikut digunakan untuk menjawab 3 soal di bawahnya.
Perhatikan teks laporan berikut!

Rusa merupakan salah satu hewan bertanduk. Tanduk rusa berfungsi melindungi diri dari musuh. Rusa bawean jantan dewasa memiliki sepasang tanduk yang bercabang tiga. Habitat rusa bawean adalah di Pulau Bawean. Jenis makanan yang dikonsumsi rusa bawean berupa buah, dedaunan, ranting, kulit kayu, dan pucuk-pucuk semak pohon muda. Rusa hidup berkelompok menjadi keluarga. Dalam kelompok, rusa betina sebagai pemimpin. Sementara, rusa jantan berjalan sendiri. Rusa jantan ikut berkelompok jika hendak bermigrasi.

Rusa bawean melakukan kegiatan terutama pada malam hari atau bersifat nokturnal. Aktivitas rusa bawean dimulai pukul 17.00 hingga pukul 21.00. Aktivitas tersebut mulai menurun pada pukul 02.00 sampai pukul 05.00. Sementara pada siang hari, rusa bawean biasanya menghabiskan waktu untuk beristirahat.

3. Gagasan utama paragraf kedua teks laporan tersebut adalah ....
a. habitat rusa bawean
b. perkembangbiakan rusa bawean
c. perbedaan rusa jantan dan rusa betina
d. aktivitas rusa bawean

4. Arti kata nokturnal pada teks laporan tersebut adalah ....
a. catatan singkat mengenai jalannya persidangan (rapat) serta hal yang dibicarakan dan diputuskan
b. titik kecil; bintik (biasanya berwarna hitam atau warna gelap yang lain)
c. beraktivitas hidup (tentang hewan) pada malam hari
d. surat peringatan (penunjukan, catatan)

5. Berikut kalimat tanya yang sesuai dengan isi teks laporan adalah ....
a. Mengapa rusa bawean melakukan aktivitas pada malam hari?
b. Apa jenis makanan yang biasa dikonsumsi rusa bawean?
c. Bagaimana rusa bawean mencari makan?
d. Mengapa rusa jantan tidak hidup berkelompok?

6. Struktur isi teks laporan hasil pengamatan adalah ....
a. gagasan pokok - fakta - pernyataan
b. langkah pengamatan - isi - simpulan
c. informasi umum - fakta - simpulan
d. informasi umum - informasi khusus - simpulan

Teks berikut digunakan untuk menjawab 3 soal di bawahnya.
Perhatikan teks eksplanasi berikut!

Penemuan Lampu Pijar

Saat matahari mulai terbenam atau mendung, kita akan menyalakan lampu. Lampu dapat menerangi ruangan dan lingkungan di sekitar kita. Tanpa lampu, suasana di sekitar kita akan gelap gulita. Pada awalnya, lampu yang sering kita gunakan ditemukan oleh ilmuwan Amerika bernama Thomas Alva Edison.
Thomas Alva Edison lahir di Milan, Ohio, pada 11 Februari 1847. Edison hanya merasakan pendidikan di sekolah selama tiga bulan. Selanjutnya, Edison tidak pernah menyelesaikan pendidikan formal di sekolah. Meskipun demikian, rasa ingin tahu Edison sangat tinggi. Ia mulai membaca buku-buku ilmiah dan membuat beberapa eksperimen kecil. Edison juga memiliki sikap peduli dan peka terhadap lingkungan sekitar. Saat itu, ia melihat bahwa dunia membutuhkan penerangan.
Pada tahun 1878, Edison mengembangkan lampu listrik pijar yang dipancarkan dari sebuah tabung hampa udara. Ia bertekad memproduksi lampu listrik untuk digunakan di dalam ruangan. Penelitian pertama Edison adalah membuat filamen yang terbakar di dalam ruang hampa dalam waktu lama. Berbagai percobaan menggunakan kawat platina dan logam refraktori tidak membuahkan hasil yang memuaskan. Banyak bahan lain yang dicoba oleh Edison, termasuk rambut manusia. Edison lalu menyimpulkan bahwa karbon merupakan bahan terbaik daripada logam.
Setelah melakukan percobaan selama 14 bulan, Edison berhasil menemukan lampu pijar pada Oktober 1879. Ia menguji benang kapas berkarbon yang dipasang di dalam bola hampa udara selama 40 jam. Percobaan tersebut membuahkan hasil. Benang kapas berkarbon tersebut terbakar selama 40 jam. Bola lampu yang ditemukan Edison tersebut mampu bertahan lama dan praktis untuk penerangan di rumah.
Kerja keras yang dilakukan Thomas Alva Edison membawa hasil. Edison pantang menyerah meskipun berkali-kali gagal saat melakukan percobaan. Berkat rasa ingin tahu dan kegigihannya, Edison mampu mengubah dunia menjadi lebih baik. Sekarang, manusia dapat beraktivitas pada malam hari karena adanya penerangan dari lampu pijar.

7. Topik masalah teks eksplanasi tersebut adalah ....
a. manfaat lampu dalam kehidupan
b. penemuan lampu pijar oleh Thomas Alva Edison
c. proses penemuan lampu pijar
d. perkembangan lampu dari masa ke masa

8. Sesuai teks eksplanasi tersebut, mengapa Thomas Alva Edison melakukan percobaan?
a. Thomas Alva Edison melakukan percobaan karena kepeduliannya dan kepekaannya terhadap lingkungan sekitar yang membutuhkan penerangan.
b. Thomas Alva Edison melakukan percobaan karena rasa ingin tahu dan kegigihannya untuk melakukan eksperimen.
c. Thomas Alva Edison melakukan percobaan karena kesadaran pentingnya lampu bagi kehidupan.
d. Thomas Alva Edison melakukan percobaan karena ia sering beraktivitas malam hari sehingga membutuhkan lampu.

9. Gagasan pokok paragraf ketiga teks eksplanasi tersebut adalah ....
a. hasil penemuan Thomas Alva Edison
b. dampak dari penemuan yang dilakukan Thomas Alva Edison
c. alasan Thomas Alva Edison melakukan percobaan
d. hasil yang diperoleh Thomas Alva Edison pada penelitian pertama

10. Berikut merupakan kaidah kebahasaan teks eksplanasi, kecuali ....
a. terdapat istilah ilmiah
b. bersifat informatif
c. pemakaian kalimat pasif
d. bersifat mengajak

11. Perhatikan teks eksplanasi berikut!

Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI) meluncurkan program Solar Academy atau Akademi Energi Surya pertama di Asia Tenggara. Program Akademi Energi Surya merupakan institusi pendidikan dan pelatihan mengenai tenaga surya. Program ini diluncurkan pada 24 Juli 2012 yang ditandai dengan penyelenggaraan seminar “Solar Energy for Our Future”. Seminar tersebut dihadiri pakar energi dari Jerman, wakil ASEAN, dan pemerintah Indonesia. Dalam seminar tersebut dibahas potensi, perkembangan, dan penggunaan energi surya di Asia Tenggara.

Gagasan pokok teks eksplanasi tersebut adalah ....
a. dampak penggunaan tenaga surya
b. manfaat tenaga surya
c. pemanfaatan tenaga surya
d. peluncuran Akademi Energi Surya

12. Berikut yang bukan termasuk fenomena yang dibahas pada teks eksplanasi adalah ....
a. bencana alam
b. pernikahan artis
c. kebakaran hutan
d. pengangguran

13. Perhatikan paragraf berikut!

Conte membuat berbagai macam isi pensil. Ada yang keras atau lunak disesuaikan dengan kebutuhan. Pensil yang berwarna hitam pekat memiliki kekerasan lebih rendah karena lebih banyak mengandung grafit. Sementara itu, pensil berwarna abu-abu memiliki kekerasan lebih tinggi karena lebih banyak mengandung tanah liat.

Topik permasalahan paragraf tersebut adalah ....
a. bahan baku pembuatan pensil
b. cara Conte membuat pensil
c. macam-macam isi pensil temuan Conte
d. latar belakang Conte menemukan pensil

Paragraf berikut digunakan untuk menjawab 2 soal di bawahnya.
Perhatikan paragraf berikut!

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 1945. Konsep teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia disusun di rumah Laksamana Tadashi Maeda. Meskipun Laksamana Tadashi Maeda adalah orang Jepang, ia turut membantu mempersiapkan kemerdekaan karena simpatinya yang tinggi terhadap perjuangan Indonesia. Konsep teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia disusun oleh Bung Karno, Bung Hatta, dan Achmad Soebarjo. Teks proklamasi lalu ditandatangani oleh Bung Karno dan Bung Hatta atas nama bangsa Indonesia. Teks proklamasi tersebut kemudian diketik oleh Sayuti Melik. Sementara itu, Fatmawati berperan menjahit bendera merah putih yang dikibarkan saat Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

14. Kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah ....
a. Bagaimana pelaksanaan proklamasi kemerdekaan Indonesia?
b. Mengapa proklamasi kemerdekaan Indonesia dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 1945?
c. Di mana konsep teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia disusun?
d. Siapa yang memimpin upacara proklamasi kemerdekaan Indonesia.

15. Arti kata konsep pada paragraf tersebut adalah ....
a. naskah yang berupa kata-kata asli dari pengarang
b. sesuatu yang sudah dirancang
c. uraian; keterangan; penjelasan
d. rancangan atau buram surat dan sebagainya

Teks berikut digunakan untuk menjawab 3 soal di bawahnya.
Cermati teks berikut!

Pengibaran Sang Saka Merah Putih

Pengibaran Sang Saka Merah Putih dilakukan pada hari yang sama dengan pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia. Peristiwa itu dilakukan pada tanggal 17 Agustus 1945. Sebelum upacara dilaksanakan, Wakil Wali kota Suwiryo memerintahkan Mr. Wilopo mempersiapkan segala keperluan. Misalnya, mikrofon dan pengeras suara. Selain itu, S. Suhud juga diminta menyiapkan tiang bendera dari bambu dan diberi tali. Sementara itu, bendera merah putih dijahit tangan oleh Sukmawati.

Upacara akan dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB. Menjelang pukul 10.00, para pemimpin bangsa mulai berdatangan ke rumah Soekarno. Mereka bersiap menyaksikan pembacaan teks proklamasi dan pengibaran bendera merah putih. Upacara pun dimulai pukul 10.00 WIB tepat. Upacara dilakukan tanpa protokol.


16. Informasi penting yang terdapat pada paragraf pertama teks tersebut adalah ....
a. Upacara proklamasi kemerdekaan Indonesia dilakukan pada tanggal 17 Agustus 1945, pukul 10.00 WIB.
b. Para pemimping bangsa berdatangan ke rumah Soekarno untuk menyaksikan pembacaan proklamasi kemerdekaan Indonesia.
c. Bendera merah putih yang dikibarkan pada hari pembacaan proklamasi kemerdekaan Indonesia dijahit oleh Sukmawati.
d. Pada upacara proklamasi kemerdekaan Indonesia, S. Suhud bertugas sebagai pengibar bendera merah putih.

17. Kalimat tanya yang jawabannya terdapat pada paragraf kedua teks tersebut adalah ....
a. Siapa protokol upacara pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia?
b. Di mana pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia dilaksanakan?
c. Bagaimana persiapan upacara pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia?
d. Mengapa pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia diselenggarakan bersamaan dengan pengibaran bendera merah putih?

18. Arti kata protokol pada teks tersebut adalah ....
a. orang yang bertugas mengatur jalannya upacara
b. rancangan
c. petunjuk
d. kepala kota madya; kepala wilayah kota administratif

19. Perhatikan paragraf berikut!

Jepang memang menjanjikan kemerdekaan bagi Indonesia. Namun, para pemuda menginginkan proklamasi kemerdekaan tidak dicampuri oleh Jepang. Oleh sebab itu, pemuda memaksa Soekarno untuk segera memproklamasikan kemerdekaan agar tidak terpengaruh oleh Jepang. Pemuda ingin menunjukkan bahwa kemerdekaan Indonesia merupakan hasil perjuangan bangsa Indonesia. Kemerdekaan Indonesia bukan hasil dari pemberian bangsa asing. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia membuktikan keberhasilan bangsa Indonesia mengusir penjajah.

Informasi penting yang terdapat pada paragraf tersebut adalah ....
a. bangsa Indonesia membutuhkan pengakuan dari bangsa Jepang
b. bangsa Indonesia merupakan bangsa yang mandiri
c. bangsa Indonesia menginginkan kemerdekaan dari Jepang
d. bangsa Indonesia lahir dari penjajah Jepang

20. Perhatikan teks sejarah berikut!

Di Indonesia terdapat peribahasa "Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh." Peribahasa tersebut memiliki arti mendalam bagi bangsa Indonesia. Apabila kita bersatu, kita akan menjadi bangsa yang kuat. Namun apabila kita terpecah belah, kita akan hancur. Peribahasa tersebut sesuai dengan keperibadian bangsa Indonesia yang memiliki keberagaman.

Kata tidak baku pada teks sejarah tersebut adalah ....
a. peribahasa
b. keperibadian
c. keberagaman
d. bercerai

1. Hewan ovipar adalah hewan yang berkembang biak secara ....
a. kawin yang dilakukan dengan bertelur
b. kawin yang dilakukan dengan melahirkan
c. tidak kawin yang dilakukan dengan bertelur
d. tidak kawin yang dilakukan dengan melahirkan

2. Melestarikan tumbuhan merupakan hal yang sangat bermanfaat, karena tumbuhan berperan untuk .
a. menghasilkan mineral tambang
b. menghasilkan air dari dalam tanah
c. menghasilkan oksigen untuk bernapas
d. menghasilkan karbondioksida yang melimpah

3. Tumbuhan yang berkembang biak dengan spora adalah ....
a. paku dan lumut
b. pisang dan paku
c. ubi dan singkong
d. wortel dan kentang

4. Pada hewan vivipar, embrio tumbuh di dalam ....
a. telur
b. janin
c. rahim
d. cangkang

5. Berikut ini yang merupakan ciri hewan ovovivipar adalah ....
a. telur dierami oleh induknya
b. tidak memiliki kelenjar susu
c. tubuhnya ditutupi oleh rambut
d. embrio berkembang di dalam rahim

6. Tumbuhan yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit ginjal adalah ....
a. jahe
b. kencur
c. daun jambu biji
d. daun kumis kucing

7. Hewan yang aktif pada malam hari disebut ....
a. mimikiri
b. autotomi
c. ekolokasi
d. nokturnal

8. Pada umumnya, tanaman air memiliki daun yang ....
a. tipis
b. tebal
c. kecil
d. beronggga

9. Hewan yang melindungi diri dengan cara menyesuaikan warna kulit dengan lingkungannya adalah ....
a. citah
b. kecoa
c. kucing
d. bunglon

10. Hewan yang melindungi diri dengan cara mengeluarkan bau yang tidak sedap adalah ....
a. siput
b. belalang
c. cumi-cumi
d. walang sangit

11. Kabel pada rangkaian listrik berfungsi untuk ....
a. menghantarkan arus listrik
b. menjadi sumber energi listrik
c. menghindari terjadinya korsleting
d. menyambung dan memutus arus listrik

12. Benda-benda yang memanfaatkan energi listrik adalah ....
a. komputer, setrika, dan palu
b. handphone, lampu, dan panci
c. lampu, televisi, dan kompor gas
d. kipas angin, radio, dan mesin cuci

13. Eko membuat rangkaian listrik sederhana yang tersusun dari kabel, dua buah baterai, dan dua buah lampu. Ketika lampu A dilepas, lampu B tetap menyala. Berdasarkan peristiwa tersebut, Eko membuat rangkaian listrik ....
a. seri
b. paralel
c. campuran
d. ganda

14. Perhatikan gambar berikut!

Rangkaian yang dapat menyalakan lampu adalah ....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

15. Perhatikan gambar berikut!

Rangkaian pada gambar di atas disebut rangkaian ....
a. paralel
b. terbuka
c. tertutup
d. campuran