Senin, 25 November 2019

Materi Pengayaan 

Hari       : Selasa, 26 November 2019
Tema 2  : Selamatkan Makhluk Hidup
Soal Pilihan Ganda
1. Menghargai karya orang lain merupakan perilaku yang sesuai dengan sila yang berlambang ....

a.
b.
c.
d.

2. Nilai Pancasila tidak hanya kita pahami, tetapi juga kita ... dalam kehidupan sehari-hari.
a. hindari
b. jauhi
c. terapkan
d. tinggalkan

3. Sila yang menunjukkan bahwa Indonesia adalah bangsa yang religius adalah ....
a. pertama Pancasila
b. kedua Pancasila
c. ketiga Pancasila
d. keempat Pancasila

4. Bangga saat mengenakan pakaian batik merupakan sikap yang sesuai dengan nilai sila yang berlambang ....

a.
b.
c.
d.

5. Bekerja sama menanam tanaman di lingkungan sekolah sesuai dengan nilai sila ... Pancasila.

a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat

6. Menghormati teman yang sedang beribadah merupakan perilaku yang sesuai dengan sila dengan lambang ....

a.
b.
c.
d.

7. Uni dan teman-teman sering memainkan cublak-cublak suweng. Sikap mereka sesuai dengan sila ... Pancasila.

a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat

8. Mau berbagi kepada teman merupakan sikap yang sesuai dengan sila ... Pancasila.
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat

9. Bekerja sama menanam tanaman di lingkungan sekolah merupakan perilaku yang sesuai dengan sila yang berbunyi ....
a. Ketuhanan Yang Maha Esa
b. Kemanusiaan yang adil dan beradab
c. Persatuan Indonesia
d. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

10. Menghormati orang yang lebih tua sesuai dengan sila ... Pancasila.
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat

11. Pemanfaatan penemuan yang melanggar hak orang lain adalah ....
a. berhenti saat melihat lampu lalu lintas merah
b. menonton televisi pada malam hari dengan keras
c. menghidupkan lampu belajar saat belajar
d. menggunakan komputer untuk mengetik tugas

12. Penemuan televisi dapat memberi dampak positif dan negatif. Kewajiban kita adalah mengambil dampak positif dari penemuan televisi. Dampak penemuan televisi yang wajib kita ambil yaitu ...
a. meniru adegan kekerasan
b. menambah rasa malas
c. menambah pengetahuan
d. membuat lupa belajar

13. Kewajiban di masyarakat yaitu ....
a. Menjaga fasilitas umum
b. Menghormati orang tua
c. Menaati aturan di sekolah
d. Merapikan tempat tidur

14. Penemuan jam dapat membantu pelajar melaksanakan kewajibannya, yaitu ....
a. menunda pekerjaan
b. tiba di sekolah tepat waktu
c. menonton acara televisi
d. merubah janji dengan teman

15.
Perhatikan gambar berikut.

Para siswa telah melaksanakan kewajiban berupa ....
a. memakai helm standar nasional
b. menyeberang di tempatnya
c. menggunakan trotoar saat berjalan
d. mematuhi lampu lalu lintas




Perhatikan teks berikut!

Hewan dan tumbuhan langka perlu dilestarikan agar tidak punah. Pemerintah dan masyarakat bekerja sama untuk melestarikan hewan dan tumbuhan langka. Misalnya dengan membuat cagar alam dan suaka margasatwa. Selain cagar alam dan suaka margasatwa, pemerintah juga melakukan usaha lain untuk melestarikan hewan dan tumbuhan langka. Misalnya dengan membuka wilayah konservasi penyu. Tempat penangkaran penyu biasanya didirikan di sekitar pantai. Hal ini dikarenakan penyu akan bertelur dan menetas di pasir pantai.


1. Sesuai teks laporan, mengapa hewan dan tumbuhan langka perlu dilestarikan?
a. Hewan dan tumbuhan langka perlu dilestarikan agar dapat dimanfaatkan dengan baik.
b. Hewan dan tumbuhan langka perlu dilestarikan agar pemerintah saling bekerja sama.
c. Hewan dan tumbuhan langka perlu dilestarikan agar tidak punah.
d. Hewan dan tumbuhan langka perlu dilestarikan agar dibangun wilayah konservasi.

2. Gagasan pokok teks laporan tersebut adalah ....
a. tempat penangkaran penyu
b. perkembangbiakan penyu
c. pendirian wilayah konservasi penyu
d. usaha pelestarian hewan dan tumbuhan langka

3. Arti kata konservasi pada teks laporan tersebut adalah ....
a. (perbuatan) kerja sama untuk membuat sesuatu
b. penggabungan dua ide atau lebih yang ada di bawah kesadaran dan muncul sebagai ide tunggal pada kesadaran
c. hubungan timbal balik atau sebab-akibat
d. pemeliharaan dan pelindungan sesuatu secara teratur untuk mencegah kerusakan dan kemusnahan dengan jalan mengawetkan; pengawetan; pelestarian

4. Struktur isi teks laporan hasil pengamatan adalah ....
a. gagasan pokok - fakta - pernyataan
b. langkah pengamatan - isi - simpulan
c. informasi umum - fakta - simpulan
d. informasi umum - informasi khusus - simpulan

5. Perhatikan kutipan laporan berikut!

Pengamatan tentang kebersihan sungai dilakukan selama 10 hari. Sekarang ini sungai yang sehat dan bersih sudah jarang ditemui. Sungai yang sehat dan bersih hanya terdapat di desa-desa yang jauh dari industri dan pabrik.

Kutipan laporan tersebut merupakan bagian laporan berupa ....
a. kesimpulan
b. hasil pengamatan
c. hal yang diamati
d. waktu pengamatan

6. Laporan hasil pengamatan harus memuat ....
a. hal yang diamati, waktu pengamatan, orang yang mengamati, kesimpulan.
b. hal yang diamati, waktu pengamatan, hasil pengamatan, kesimpulan.
c. hal yang diamati, waktu pengamatan, hasil pengamatan, orang yang mengamati.
d. hal yang diamati, orang yang mengamati, hasil pengamatan, kesimpulan.



Teks berikut digunakan untuk menjawab 2 soal di bawahnya.
Perhatikan teks eksplanasi berikut!

Garrett Augustus Morgan memiliki tujuan yang mulia. Morgan menciptakan lampu lalu lintas untuk mengurangi kecelakaan. Tanpa lampu lalu lintas, jalan raya akan ramai dan tidak teratur. Akibatnya, akan terjadi banyak kecelakaan yang dapat membahayakan para pengguna jalan. Oleh karena itu, penemuan Morgan merupakan penemuan yang memberikan manfaat bagi banyak orang.


7. Sesuai struktur teks eksplanasi, paragraf tersebut merupakan bagian ....
a. pernyataan umum
b. pembuka
c. penjelas
d. penutup

8. Pertanyaan yang sesuai isi teks eksplanasi adalah ....
a. Bagaimana kondisi jalan raya sebelum ditemukan lampu lalu lintas?
b. Apa yang akan terjadi jika tidak ada lampu lalu lintas?
c. Siapa yang harus menjaga keselamatan berlalu lintas?
d. Bagaimana prinsip kerja lampu lalu lintas?

9. Perhatikan paragraf berikut!

Conte membuat berbagai macam isi pensil. Ada yang keras atau lunak disesuaikan dengan kebutuhan. Pensil yang berwarna hitam pekat memiliki kekerasan lebih rendah karena lebih banyak mengandung grafit. Sementara itu, pensil berwarna abu-abu memiliki kekerasan lebih tinggi karena lebih banyak mengandung tanah liat.

Topik permasalahan paragraf tersebut adalah ....
a. bahan baku pembuatan pensil
b. cara Conte membuat pensil
c. macam-macam isi pensil temuan Conte
d. latar belakang Conte menemukan pensil

10. Sesuai struktur teks eksplanasi, paragraf tersebut merupakan bagian ....
a. pernyataan umum
b. penjelas
c. penutup
d. interpretasi

Minggu, 24 November 2019

Materi Pengayaan

Hari/Tanggal    : Senin/ 25 November 2019
Tema 1               : Selamatkan Makhluk Hidup

Soal Pilihan Ganda
1. Sikap/perilaku yang sesuai dengan sila kedua Pancasila yaitu ....
2. Kerja sama akan memberi manfaat berikut, kecuali ....
    a. memupuk rasa persatuan dan kesatuan
    b. mendorong timbulnya banyak perbedaan
    c. memperkuat semangat kebersamaan
    d. menumbuhkan rasa peduli terhadap sesama

3. Bekerja sama menanam tanaman di lingkungan sekolah sesuai dengan nilai sila ...
    Pancasila.
    a. pertama
    b. kedua
    c. ketiga
    d. keempat

Perhatikan teks laporan berikut!

Keanekaragaman Jenis Tanaman di Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki bentang alam berupa
daratan dan perairan. Wilayah daratan dibagi menjadi dataran rendah dan dataran
tinggi. Kondisi udara di dataran rendah dan dataran tinggi berbeda. Umumnya,
udara di daerah dataran tinggi lebih sejuk daripada udara di dataran rendah.
Perbedaan tersebut menyebabkan adanya keanekaragaman jenis tanaman yang
hidup di dataran rendah dan dataran tinggi.

Dataran rendah adalah daratan yang memiliki ketinggian 0-200 meter di atas
permukaan laut. Sebagian besar wilayah di Indonesia terletak di dataran rendah.
Berbagai jenis tanaman hidup subur di dataran rendah. Jenis tanaman tersebut
antara lain padi, jagung, ketela pohon, kelapa, dan tebu.

Dataran tinggi adalah daratan yang memiliki ketinggian lebih dari 200 meter di atas permukaan laut. Sebagian wilayah di berbagai daerah di Indonesia berupa dataran tinggi. Terdapat beberapa jenis tanaman yang hidup di dataran tinggi. Jenis tanaman yang hidup di dataran tinggi contohnya teh, kopi, sayuran, dan buahbuahan.

4. Gagasan pokok paragraf pertama teks laporan tersebut adalah ....
    a. pembagian wilayah daratan
    b. bentang alam Indonesia
    c. perbedaan udara dataran tinggi dan dataran rendah
    d. jenis tanaman di Indonesia
5. Paragraf kedua teks laporan tersebut membahas ....
    a. keanekaragaman jenis tanaman di Indonesia
    b. jenis-jenis tanah di Indonesia
    c. ciri-ciri dataran rendah
    d. jenis tanaman di dataran rendah
6. Informasi penting pada teks laporan pengamatan tersebut adalah ....
    a. perbedaan jenis tanaman di suatu daerah
    b. perbedaan karakteristik bentang alam Indonesia
    c. perbedaan kondisi udara di dataran tinggi dan dataran rendah
    d. perbedaan mata pencaharian penduduk dataran tinggi dan dataran rendah

7. Perhatikan paragraf pada teks laporan hasil pengamatan berikut!

     Nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. Sebagian besar
masyarakat Indonesia mengonsumsi nasi. Beberapa orang bahkan menganggap
jika tidak mengonsumsi nasi sama halnya belum makan. Hal ini karena sebagian
masyarakat menganggap makanan selain nasi hanyalah camilan.

Gagasan pokok paragraf tersebut adalah ....
    a. nasi sebagai camilan yang mengenyangkan
    b. anggapan masyarakat terhadap nasi
    c. nasi lebih baik dikonsumsi daripada camilan lainnya
    d. nasi sebagai makanan pokok masyarakat Indonesia

8. Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan rhizoma adalah ....
    a. lengkuas dan singkong
    b. temulawak dan kencur
    c. wortel dan kentang
    d. paku dan lumut

9. Perhatikan gambar berikut!
    Bagian bunga yang ditunjukkan oleh tanda panah adalah ....
    a. benang sari
    b. mahkota
    c. kelopak
    d. putik

10. Bagian bunga yang merupakan sel kelamin betina adalah ....
      a. putik
      b. kelopak
      c. mahkota
      d. serbuk sari

11. Tumbuhan yang berkembang biak dengan geragih adalah ....
12. Tumbuhan yang mengalami perkembangbiakan generatif mempunyai ....
       a. akar
       b. daun
       c. bunga
       d. batang

13. Tujuan pokok pembentukan ASEAN adalah, kecuali ....
       a. terciptanya perdamaian di Asia Tenggara
       b. mempercepat pertumbuhan ekonomi
       c. kemajuan sosial budaya
       d. memberantas korupsi

14. Latar belakang kesamaan sejarah dalam pembentukan ASEAN adalah ....
      a. negara maju
      b. pernah dijajah
      c. negara maritim
      d. negara kepulauan

15. Salah satu faktor pendorong berdirinya ASEAN adalah pengalaman sejarah, yakni
      negara-negara di kawasan Asia Tenggara pernah dijajah oleh bangsa Barat, kecuali ....
      a. Malaysia
      b. Myanmar
      c. Thailand
      d. Filipina

16. Pada awal berdirinya, anggota ASEAN berjumlah ... negara.
      a. 5
      b. 6
      c. 7
      d. 8

17. Bahasa resmi negara Filipina adalah ....
      a. Melayu
      b. Khmer
      c. Tagalog
      d. Inggris

18. Yang tidak termasuk bahan keras dalam membuat patung adalah ....
       a. kayu
       b. batu
       c. lilin
       d. marmer

19. Perhatikan gambar berikut.
      Patung pada gambar di atas adalah ....
      a. patung torso
      b. patung baste
      c. patung lengkap
      d. patung arca

20. Bentuk patung meniru hewan atau manusia secara nyata disebut patung ....
      a. figuratif
      b. nonfiguratif
      c. kreasi
      d. imajinasi

Soal Isian
1. Sikap cinta tanah air sesuai dengan sila yang berlambang ....
2. Sila yang menunjukkan bahwa bangsa Indonesia percaya adanya Tuhan mempunyai lambang ....
3. Teks laporan hasil pengamatan berisi informasi yang ditulis berdasarkan ....
4. Informasi yang disajikan secara menyeluruh pada teks laporan adalah informasi ....
5. Bunga yang hanya memiliki salah satu alat perkembangbiakan disebut bunga ....
6. Kentang berkembang biak dengan ....
7. Negara ASEAN yang beriklim subtropis adalah ....
8. Nama pakaian adat laki-laki Malaysia adalah ....
9. Bahan yang lembek dan mudah dibentuk menjadi patung diebut bahan ....
10. Patung termasuk karya seni ... dimensi.

Soal Essay/Uraian
1. Tuliskan perilaku yang sesuai dengan sila pertama Pancasila!
2. Tentukan ciri-ciri kesimpulan yang baik!
3. Bagaimana proses pembuahan pada bunga?
4. Sebutkan tiga negara ASEAN yang berbentuk semenanjung!
5. Sebutkan 3 contoh bahan lunak untuk membuat patung!

Kamis, 21 November 2019


MATERI  AJAR KELAS 6

Hari                : Jumat, 22 November 2019
Tema 5          : Kewirausahaan
Sub Tema 3  : Ayo, Belajar Berwirausaha
Pembelajaran 6
Muatan PPKn

Pentingnya Kerja Sama dalam Memajukan Sebuah Wirausaha
Ada wirausaha yang dilakukan secara perorangan, seperti pedagang asongan. Ada juga wirausaha yang dilakukan secara bersama-sama. Wirausaha yang dilakukan secara bersama-sama biasanya dikelola oleh dua orang atau lebih. Para pemilik bekerja sama mengelola usaha tersebut hingga menjadi maju. Dengan kerja sama, para pemilik akan semakin mudah untuk mengelola dan mengembangkan usaha. Mereka dapat berbagi tugas dalam menjalankan usaha.
Misalnya, ayah Komang bekerja sama dengan ibu dan paman Made mengelola usaha kerajinan ukiran khas Bali. Ayah Komang dapat membagi tugas pengelolaan usaha dengan ibu dan paman Made. Ada yang bertugas menyiapkan bahan baku kerajinan, ada yang bertugas membuat ukiran, ada yang memasarkan, serta ada juga yang bertugas menghitung hasil keuntungan yang diperoleh. Itulah sebabnya kerja sama sangat penting untuk dilakukan dalam menjalankan sebuah usaha. Sama seperti melakukan pekerjaan, usaha yang dikelola dengan kerja sama akan terasa ringan.

Muatan Bahasa Indonesia
Mengisi Formulir Lembar Jawaban Komputer ( LJK )
LJK merupakan lembar jawaban peserta ujian yang hasilnya akan diperiksa oleh alat pemindai. Cara mengisi LJK bermacam-macam, ada yang diarsir dan ada pula yang disilang. Berikut langkah-langkah mengisi LJK Ujian Saringan Masuk ( USM )
          Untuk mengisi LJK, kita memerlukan pensil 2B yang agak tumpul. Pensil yang runcing dapat merusak LJK.
          Setelah itu, periksa LJK apakah ada bagian yang rusak.
          Jika ada bagian yang rusak, kita dapat lanjut ke tahap pengisian identitas, seperti nama, nomor ujian, tanggal lahir, tanda tangan, dan mata ujian.
          Setelah mengisi mata ujian, kamu dapat mulai mengerjakan soal ujian.



KISI - KISI PENILAIAN HARIAN (PH) KELAS 6
TEMA 5 KEWIRAUSAHAAN SUB TEMA 3

Hari/tanggal : Jumat, 23 November 2019
Tema : Kewirausahaan
Sub Tema 3 : Ayo, Belajar Berwirausaha


Jumlah soal 25 soal
Materi soal

PPKN KD 3.3 (Jumlah soal 5)
- Manfaat berwirausaha sejak kecil
- Tanggung jawab pemilik wirausaha
-  Pentingnya kerjasama dalam mewujudkan wirausaha

B.Indonesia KD 3. 2 (Jumlah soal 5)
- Mengidentifikasi jenis teks formulir
- Mengisi formulir pengiriman barang
- Mengisi formulir lembar jawaban komputer (LJK)

IPA KD 3.6 (Jumlah soal 5)
- Medan magnet
- Cara membuat magnet

IPS KD 3.3 (Jumlah soal 5)
- Posisi dan peran Indonesia dibidang ketenagakerjaan dalam lingkup ASEAN
- Upaya pemerintah meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja Indonesia

SBdP KD 3.1 (Jumlah soal 5)
- Mengidentifikasi ciri-ciri embalase
- Buklet










Rabu, 20 November 2019


MATERI  AJAR KELAS 6

Hari                : Kamis, 21 November 2019
Tema 5          : Kewirausahaan
Sub Tema 3  : Ayo, Belajar Berwirausaha

Pembelajaran 4
Muatan PPKn
Tanggung Jawab Pemilik Wirausaha

Ayo ingat kembali tentang kegiatan wirausaha! Wirausaha merupakan kegiatan ekonomi yang didirikan dan dijalankan oleh satu sampai dua orang. Sebagai usaha yang dikelola secara perorangan, tentunya sebuah wirausaha seringkali menghadapi hambatan. Dalam menghadapi hambatan tersebut, pemilik usaha harus memiliki sikap kerja keras dan pantang menyerah. kedua sikap tersebut merupakan kunci menghadapi hambatan sehingga usaha dapat terus maju berkembang.
Pemilik wirausaha juga harus memiliki sikap tanggung jawab. Pemilik bertanggung jawab terhadap kualitas barang yang dihasilkan, kemasan yang digunakan, serta jangkauan pemasaran. Semua tanggung jawab tersebut sebaiknya dipenuhi oleh pemilik wirausaha juga harus bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang membantu usahanya. Misalnya, pemasok bahan baku, supir mengantar barang, dan penjual barang produksinya. Bentuk tanggung jawabnya dengan memberikan upah sesuai dengan pekerjaan yang mereka lakukan. Tanggung jawab tersebut juga merupakan wujud saling menghargai dan menghormati antarusaha ekonomi.


Muatan Bahasa Indonesia

Mengidentifikasi Formulir Lembar Jawaban Komputer

Formulir Lembar Jawaban Komputer (LJK) digunakan untuk ujian masuk ke jenjang pendidikan selanjutnya, seperti sekolah menengah dan perguruan tinggi. LJK ialah formulir isian berupa kertas yang akan diolah dengan computer dan pemeriksaan LJK memerlukan alat pemindai.
Penggunaan LJK memudahkan pemeriksa dalam memeriksa jawaban peserta ujian. Dengan LJK, waktu yang dibutuhkan sedikit lebih efektif. Dalam LJK biasanya terdapat kolom-kolom berikut:
          Petunjuk
          Nama peserta ujian
          Nomor peserta ujian
          Tanggal lahir peserta ujian
          Nama mata ujian
          Tanggal ujian
          Tanda tangan peserta
          Pilihan ganda untuk menjawab.

Pemebelajaran 5
Muatan SBdP
Buklet

Buklet adalah salah satu promosi yang berbentuk seperti buku kecil. Buklet terdiri dari lembaran-lembaran kertas yang disatukan menjadi bentuk buku. Buklet bersifat sebagai media promosi atau anjuran kepada masyarakat. Buklet biasanya digunakan oleh pemilik usaha untuk mempromosikan produk mereka. Isi buklet biasanya berupa informasi tentang produk, misalnya buklet makanan berisi deskripsi atau cara penyajian makanan.
Bagian-bagian yang ada pada buklet, yaitu sampul depan dan isi buklet. Sampul depan berisi judul buklet, gambar, dan keterangan singkat perusahaan. Bagian isi buklet berisi informasi lengkap tentang produk yang ditawarkan. Gambar yang digunakan juga menarik sehingga pembaca nyaman saat membaca.

Contoh Buklet

Muatan IPS

Upaya Pemerintah Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja Indonesia

Salah satu kebijak MEA adalah adanya pengakauan mengenai mutu pendidikan dan pengalaman yang dimiliki oleh tenaga kerja negara anggota ASEAN. Kebijakan ini memberikan kemudahan kepada calon tenaga kerja untuk memperoleh lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya.
Indonesia merupakan salah satu anggota ASEAN dengan jumlah penduduk terbanyak. Hal ini menyebabkan Indonesia memiliki calon tenaga kerja yang melimpah. Agar tenaga kerja Indonesia mampu bersaing dengan tenaga kerja negara lain, pemerintah melakukan beberapa upaya sebagai berikut.
          Meningkatkan kualitas pendidikan dengan penerapan kewajiban jenjang pendidikan, seperti penerapan wajib belajar 12 tahun. Selain itu, pemerintah juga memberikan sarana pendidikan yang memadai.
          Memberikan pelatihan lokakarya dan pelatihan pada calon tenaga kerja.
          Memberikan bekal keterampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan di negara-negara asing.
          Memilih calon tenaga kerja yang memenuhi persyaratan tenaga kerja yang diajukan oleh Masyarakat Ekonomi ASEAN.
          Meningkatkan jumlah tenaga kerja terampil yang memiliki daya saing dunia.







Selasa, 19 November 2019


MATERI  AJAR KELAS 6

Hari                : Rabu, 20 November 2019
Tema 5          : Kewirausahaan
Sub Tema 3  : Ayo, Belajar Berwirausaha
Pembelajaran 3
Muatan IPA
Cara Membuat Magnet

Ada beberapa cara membuat magnet,  yaitu dengan gosokan, induksi, dan aliran listrik.
          Membuat magnet dengan gosokan.
Membuat magnet dengan gosokan dilakukan dengan cara menggosokkkan magnet pada benda magnetis, misalnya besi. Gosokan dilakukan secara searah dan menggunakan kutub yang sama pada magnet. Semakin lama waktu penggosokan, semakin kuat sifat kemagnetan pada besi.
Hasil gambar untuk gambar cara membuat magnet
          Membuat magnet dengan induksi
Benda magnetis yang akan dibuat didekatkan pada magnet. Sebagai contoh, paku akan dibuat magnet. Paku tersebut didekatkan pada magnet. Paku sudah menjadi magnet. Paku tersebut dapat menarik benda magnetis lainnya. Magnet yang dibuat dengan cara induksi bersifat sementara. Jika magnet dilepas, sifat kemagnetan pada paku yang dibuat magnet juga hilang.
Hasil gambar untuk gambar cara membuat magnet
          Membuat magnet dengan dialiri listrik
Membuat magnet dengan dialiri  listrik dilakukan dengan cara melilitkan kabel ke benda magnetis yang akan dibuat magnet, misalnya besi. Kedua ujung kabel dihubungkan dengan baterai atau sumber listrik yang lain. Magnet yang dibuat dengan dialiri listrik disebut electromagnet. Electromagnet dapat menarik benda magnetis jika dihubungkan dengan sumber listrik. Jika sumber listrik dilepas, sifat kemagnetan pada electromagnet juga akan hilang.
Hasil gambar untuk gambar cara membuat magnet
Electromagnet digunakan pada berbagai peralatan. Sebagai contoh, telepon, pengeras suara, krane, dan peralatan rumah sakit.
Muatan Bahasa Indonesia

Mengisi Formulir Pengiriman Barang

Kamu sudah mengetahui informasi yang terdapat dalam formulir pengiriman barang. Setelah memahami informasi apa saja yang harus diisi, kamu dapat mengisi formulir pengiriman barang. Mengisi formulir pengiriman barang harus menggunakan informasi yang benar, seperti nama lengkap, nomor telepon, dan alamat. Hal tersebut untuk menghindari kesalahan dalam proses pengiriman.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 Halaman 129










Senin, 18 November 2019


MATERI  AJAR KELAS 6

Hari                : Selasa, 19 November 2019
Tema 5          : Kewirausahaan
Sub Tema 3  : Ayo, Belajar Berwirausaha
Pembelajaran 2
Muatan SBdP

Menigendifikasi  Ciri-Ciri Embalase

Bungkus kemasan makanan disebut embalase. Embalase adalah salah satu bentuk reklame berupa kemasan yang berisi informasi tetang produk tersebut. Bentuk embalase juga bermacam-macam, ada yang berbentuk tabung, kerucut, balok , dan prisma. Tujuan penggunaan embalase, yaitu untuk melindungi produk agar tidak rusak, menarik perhatian pembeli, membuat produk lebih menarik, dan memberikan informasi tentang produk. Bahan yang digunakan untuk membuat embalase, yaitu plastic, kertas, kaca, atau kaleng. Bagian-bagian embalase sebagai  berikut:
          Nama produk terletak dibagian depan.
          Gambar produk pada bagian depan.
          Informasi tentang produk, seperti komposisi dan informasi nilai gizi pada produk ada dibagian belakang kemasan.


Muatan PPKn
Manfaat Berwirausaha Sejak Kecil

Semangat berwirausaha dapat ditanamkan sejak kecil. Sebagai pelajar, kamu dapat mulai melakukan wirausaha secara sederhana. Misalnya, dengan menjual hasil kerajinan yang kamu buat sendiri. Kamu dapat memanfaatkan barang bekas sebagai bahan baku pembuatan kerajinan tersebut, seperti membuat dompet dari kain fanel. Hasil dari penjualan kerajinan tersebut dapat kamu tabung untuk keperluan lainnya. Melakukan wirausaha sejak kecil memiliki manfaat sebagai berikut.
          Melatih jiwa wirausaha sejak kecil.
          Mengembangkan kreativitas yang dimiliki.
          Melatih diri untuk menghemat uang yang diperolah.
          Memanfaatkan barang bekas menjadi barang yang layak untuk dijual kembali.
          Mengasah potensi yang dimiliki.
          Meningkatkan persatuan dengan keluarga. Keluarga biasanya akan membantu kita untuk melakukan wirausaha. Keluarga memberikan ide mengenai kegiatan wirausaha yang dapat kita lakukan.



Minggu, 17 November 2019

MATERI AJAR KELAS 6

Hari : Senin, 18 November 2019
Tema 5 : Kewirausahaan
Sub Tema 3 : Ayo, Belajar Berwirausaha
Pembelajaran 1
Muatan IPS

Posisi dan Peran Indonesia di Bidang Ketenagakerjaan dalam Lingkup ASEAN

Kerja sama dibidang ekonomi menjadi salah satu program utama yang dibahas dalam pertemuan antarnegara ASEAN. Kerja sama itu diwujudkan dengan usaha untuk mengatasi masalah-masalah di bidang ekonomi. Negara-negara ASEAN telah menyepakati terbentuknya Masyarakat Ekonomi ASEAN ( MEA ). Dengan dibentuknya MEA diharapkan dapat menjaga stabilitas perekonomian di wilayah ASEAN.

Peembentukan MEA memungkinkan arus perdagangan barang dan jasa antarnegara ASEAN semakin terbuka. Terbukanya arus perdagangan antarnegara ASEAN akan mendorong setiap negara untuk selalu meningkatkan kualitas produk barang dan jasanya. Selain itu, setiap negara juga akan terdorong untuk meningkatkan kualitas dan sumber daya manusia agar dapat berperan bersama dengan sumber daya manusia dari negara lain.

MEA tentu saja juga berpengaruh pada arus barang dan jasa di Indonesia. Para pelaku usaha di Indonesia mempunyai peluang lebih terbuka untuk memasarkan produknya dalam lingkup ASEAN. Peluang tersebut dimanfaatkan dengan meningkatkan kualitas produknya. MEA juga pendorong terciptanya tenaga kerja bangsa Indonesia yang semakin berkualitas agar mampu berperan bersama dalam kegiatan ekonomi antarnegara ASEA.






Berdasarkan teks di atas, jawablah pertanyaan berikut.
1. Apa yang kamu ketahui tentang MEA?
2. Apa yang perlu diperhatikan oleh pelaku usaha dalam menghadapi MEA?
    Jelaskan.
3. Apa yang perlu disiapkan oleh tenaga kerja Indonesia agar mampu ikut
    berpartisipasi di MEA?
4. Sebagai pelajar, apa yang harus kamu lakukan mulai saat ini agar nanti
    ketika sudah menyelesaikan pendidikan mampu ikut berpartisipasi di MEA?
5. Apa manfaat MEA bagi Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya?

Diskusikan jawabanmu secara berpasangan.
Pada pertemuan berikutnya, kamu akan melakukan debat secara berkelompok
tentang kesiapan tenaga kerja Indonesia menghadapi MEA.

Carilah informasi sebanyak mungkin tentang tema terkait. Berlatihlah melakukan debat.

Muatan IPA
Medan Magnet

Medan magnet adalah daerah di sekitar magnet yang masih dipengaruhi oleh gaya magnet. Di dalam daerah inilah magnet memiliki kekuatan untuk menarik benda. Medan magnet tidak terlihat, namun kita dapat melihatnya dengan menggunakan suatu cara. Cara tersebut adalah dengan menggunakan serbuk besi. Serbuk besi yang berada di sekitar magnet akan membentuk garis gaya magnet.

Hasil gambar untuk gambar medan magnet
Muatan Bahasa Indonesia

Mengidentifikai Jenis teks Formulir

Formulir digunakan dalam kegiatan operasional suatu organisasi atau perusahaan. Formulir adalah lembaran kartu/kertas yang dicetak dengan ukuran tertentu yang didalamnya terdapat data berupa informasi. Informasi dalam formulir ada yang bersifat tetap dan ada juga bagian lain yang diisi dengan informasi yang tidak tetap. Salah satu contoh formulir adalah formulir pengiriman barang dan formulir pengiriman uang. Formulir pengiriman barang biasanya terdapat pada perusahaan ekspedisi.

Sedangkan formulir pengiriman uang terdapat pada bank atau perusahaan pengiriman uang. Formulir pengiriman barang atau uang diperlukan ketika seseorang akan mengirim barang atau uang tersebut ke suatu tujuan tertentu. Isi formulir pengiriman barang atau uang harus bersifat tetap atau tidak berubah-ubah. Informasi-informasi yang harus diisi pada formulir pengiriman barang, yaitu tanggal pengiriman, nama pengirim, alamat dan nomor telepon pengirim, nama penerima, alamat dan nomor telepon penerima, jenis barang, jumlah berat barang, biaya pengiriman, serta catatan.


Materi Pengumpulan dan Pengolahan Data Matematika SD Kelas 6

Pengumpulan data
Sebelum memperoleh sebuah data, maka kita harus melakukan proses pengumpulan data. Ada beberapa cara yang biasa dilakukan untuk mendapatkan data, diantaranya melalui:

Penelitian
Wawancara
Polling/angket
Penghitungan langsungPenyajian data
Setelah memperoleh data, biasanya data-data tersebut disajikan dalam beragam bentuk. Salah satu contoh data yang bisa disajikan adalah nilai matematika dari siswa yang ada di sebuah sekolah. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyajikan sebuah data:

Menggunakan tabel
Data bisa digambarkan dengan menggunakan tabel, berikut adalah conoth tabel data nilai matematika siswa SD tunas harapan:

No
Nilai
Jumlah Siswa
1
65
5
2
70
9
3
75
14
4
80
10
5
85
5
6
90
7
Total
50
Dari table di atas kita bisa mengetahui :
Ada 5 siswa yang memperoleh nilai 65
Ada 9 siswa yang memperoleh nilai 70
Ada 14 siswa yang memperoleh nilai 75
Ada 10 siswa yang memperoleh nilai 80
Ada 5 siswa yang memperoleh nilai 85
Ada 7 siswa yang memperoleh nilai 90

Menggunakan diagram
Diagram ada beragam bentuknya mulai dari diagram batang, diagram lingkaran, diagram gambar dan diagram garis.



Diagram Batang
Mari kita ubah data diatas ke dalam bentuk diagram batang:


Materi Pengumpulan dan Pengolahan Data Matematika SD Kelas 6


Diagram lingkaran
untuk membuat diagram lingkaran, kita harus mencari persentase besar sudut dari data yang di dapat.
nilai 65 = 5/50 x 3600 = 360
nilai 70 = 9/50 x 3600 = 64.80
nilai 75 = 14/50 x 3600 = 100.80
nilai 80 = 10/50 x 3600 = 720
nilai 85 = 5/50 x 3600 = 360
nilai 90 = 7/50 x 3600 = 50.40


maka gambar diagramnya akan menjadi seperti ini:





Diagram Garis
Hampir sama seperti diagram batang hanya saja bentuknya diubah menjadi garis.



Pengolahan data
Di dalam pengolahan sebuah data ada beberapa hal yang harus kita cari dengan menggunakan rumus matematika, yaitu:

Mean
Mean adalah nila rata-rata dari keseluruhan data yang di dapat. Niloai rata-rata diperoleh dengan menjumlahkan seluruh nilai kemudian dibagi dengan banyaknya data.

Rata-rata = Jumlah data
                   Banyak data

Sebagai contoh dari data di atas kita bisa mencari meannya dengan cara menjumlahkan nilai yang ada kemudian dibagi dengan jumlah siswa yang ada, seperti ini:
65+70+75+80+85+90 = 465 = 9.3
50 50
Jadi nilai rata-rata siswa kelas VI untuk pelajaran matematika di SD Tunas Mekar adalah = 9.3

Modus
Modus merupakan nilai yang paling sering muncul di dalam data tersebut. Bila dilihat dari data nilai matematika siswa kelas VI SD Tunas Mekar, maka nilai yang paling sering muncul adalah 70 karena ada 14 siswa yang mendapatkan nilai 70.

Median
Median adalah nilai tengah. Diperoleh dengan cara mengurutkan nilai-nilai yang ada dari yang terkecil sampai terbesar. Perhatikan contoh berikut:

Contoh Soal
Nilai ulangan harian matematika kelas IV SD Sumber Rejo berturut-turut adalah: 5,6,7,8,9,7,8,7,10,5 carilah median dari data tersebut.

Jawab:
Urutkan nilai-nilai tersebut dari yang terkecil : 5,5,6,7,7,7,8,8,9,10 -> jumlah datanya ada 10
Ambil nilai yang ada ditengah-tengah, bila jumlah datanya genap ambil dua nilai yang ada ditengah kemudian dibagi dengan 2. Seperti pada soal diatas, karena jumlah datanya genap (10) maka kita ambil dua nilai yang ada di tengah yaitu 7 dan 7
7+7 : 2 = 14 : 2 = 7
Maka median dari data tersebut adalah 7.