Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ )
Hari/tanggal :Selasa, 19 Januari 2021
Kelas : VB
Tema 6 : Panas dan Perpindahannya
Subtema 2 : Pengaruh Kalor terhadap kehidupan
Pembelajaran :2
Tujuan Pembelajaran : 1. Menjelaskan Informasi Penting dari Teks Eksplanasi
2. Menjelaskan ciri-ciri gambar cerita
2. Menjelaskan ciri-ciri gambar cerita
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa
Anak-anak sudah siap belajar hari ini?
Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!
Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!
Yuk literasi bacaan berikut ini!
Ayo Membaca
Sejarah Termos
Hampir semua keluarga memiliki termos dirumahnya. Termos memang sering digunakan untuk menyimpan air panas agar tetap panas saat digunakan. Biasanya keluarga yang memiliki bayi yang memerlukan susu setiap saat, menggunakan termos untuk menyimpan air panas. Termos adalah sebuah benda yang biasanya berbentuk tabung seperti botol yang mempunyai dinding Bu. Benda ini dirancang berbentuk seperti kaca dengan bahan mengkilap yang dapat menyimpan cairan agar tetap memiliki suhu seperti semula. Dengan dinding dalam termos yang dirancang seperti kaca, maka kalor yang terdapat pada air panas tersebut tidak bisa berpindah dengan cepat. Panas yang dikeluarkan oleh air panas tadi, dapat ditahan oleh dinding dalam termos yang terbuat dari bahan mengkilap ini. Sehingga air panas di dalamnya akan tetap hangat hingga beberapa saat tergantung dari ketebalan dindingnya. Saat ini termos tidak hanya digunakan untuk menyimpan air panas, tetapi juga untuk menyimpan air dingin agar tetap dingin.
Pencipta termos pertama kali pada tahun 1902 adalah James Dewar. Penemuannya didorong oleh kebutuhannya untuk menjaga agar minuman bayinya tetap hangat. Tetapi saat itu, untuk menjaga suhu minuman agar tetap hangat merupakan hal yang sulit dilakukan, terutama dalam kondisi cuaca yang dingin seperti di Eropa.lanjutkan membaca di bukumu halaman 146!
Setelah itu, jawablah pertanyaan berikut ini. Tuliskan jawabanmu dengan menggunakan kalimat yang lengkap dan kata-kata yang baku!
Apakah fungsi sebuah termos? Termos digunakan untuk menyimpan air panas agar tetap panas saat digunakan.
Apa saja bahan yang digunakan untuk membuat termos pada masa itu? Bahan yang digunakan pada masa itu adalah botol hampa udara, merupakan wadah dari kaca berdinding ganda dengan ruang di antara dindingnya dikosongkan dan ditutup rapat.
Gambarlah bagian-bagian termos sesuai bacaan di atas.
Apa saja benda di sekitarmu yang menggunaan prinsip yang hampir sama dengan termos? Selimut dan jaket.Ayo Membaca
Penggunaan Benda Konduktor dan Isolator
Kamu sudah tahu, bahwa panas dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain melalui konduksi, konveksi, dan radiasi. Ingat kembali, apa yang dimaksud dengan konduksi, konveksi, dan radiasi? Pikirkan bersama dalam kelompok kecil! Barang-barang dalam kehidupan sehari-hari banyak yang memanfaatkan sifat benda sebagai konduktor atau isolator. Benda apakah itu?
Selimut dan panci merupakan benda yang memanfaatkan sifat ini. Selimut memerangkap
udara. Udara adalah isolator, sehingga tidak menghantarkan panas yang keluar dari tubuhmu. Dengan demikian, badanmu tetap terasa hangat.
Gunakan diagram berikut untuk membantumu! Tuliskanlah kalimat-kalimat yang menjadi pokok pikiran dari setiap paragraf dalam bacaan, ke dalam setiap kotak yang tersedia. Satu kotak tentu mewakili satu paragraf. Berilah keterangan hal-hal penting lain dalam paragraf yang mendukung pokok pikiran tersebut. Lakukanlah bersama dengan teman sebangkumu! Buatlah diagrammu pada tempat yang disediakan di bawah ini.
udara. Udara adalah isolator, sehingga tidak menghantarkan panas yang keluar dari tubuhmu. Dengan demikian, badanmu tetap terasa hangat.
Gunakan diagram berikut untuk membantumu! Tuliskanlah kalimat-kalimat yang menjadi pokok pikiran dari setiap paragraf dalam bacaan, ke dalam setiap kotak yang tersedia. Satu kotak tentu mewakili satu paragraf. Berilah keterangan hal-hal penting lain dalam paragraf yang mendukung pokok pikiran tersebut. Lakukanlah bersama dengan teman sebangkumu! Buatlah diagrammu pada tempat yang disediakan di bawah ini.
Amatilah benda-benda yang ada di sekolah dan rumahmu. Gunakan tabel berikut untuk mengidentifikasi sifat hantaran benda tersebut dan kegunaannya. Lalu buatlah kesimpulannya!
Nama Benda/Alat di Sekolah | Sifat Hantaran | Kegunaan |
---|---|---|
Bel Listrik | Konduktor | Penanda waktu masuk atau istirahat |
Sarung tangan | Isolator | Menjaga tangan tetap hangat |
Thermos Es | Isolator | Menjaga es tidak mencair |
Jaket | Isolator | Menjaga badan tetap hangat |
Solder | Konduktor | Menyambung/memasang komponen elektronik |
Nama Benda/Alat di Rumah | Sifat Hantaran | Kegunaan |
---|---|---|
Setrika | Konduktor | Merapikan baju |
Panci | Konduktor | Memasak dan merebus air |
Thermos | Isolator | Menjaga air tetap panas |
Spatula | Isolator | Mengambil masakan dari wajan |
Selimut | Isolator | Menjaga badan tetap hangat |
Kesimpulan :
Panas dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain melalui konduksi, konveksi, dan radiasi. Ketiga cara perpindahan panas dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari,
- memperjelas alur atau isi cerita,
- memperjelas isi pesan dalam promosi suatu barang,
- menarik perhatian,
- menambah nilai artistik/ keindahan,
- sarana untuk mengungkapkan perasaan penggambarnya.
Ayo Berlatih
Perhatikanlah gambar cerita berikut ini! Lengkapilah keterangan sesuai gambar cerita yang ditampilkan. Di manakah kamu menemukan gambar cerita tersebut? Kesan apa yang kamu rasakan pada saat mengamati gambar ilustrasi tersebut?
Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ )
Hari/tanggal : Selasa, 19 JANUARI 2021
Kelas : V
Materi : Volume Bangun ruang Kubus
Matematika
Latihan Soal matematika
Kerjakan soal di bawah ini hanya nomor 1 sd 5 saja, buat tabel/kolom seperti contoh di atas.
Tidak perlu untuk di gambar ya !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar