Selasa, 17 November 2020


SELASA, 17 NOVEMBER 2020

Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ )
Hari/tanggal : Selasa 17 November 2020
Kelas : V
Tema 5 : Ekosistem
Subtema 2 : Hubungan Antar Makhluk Hidup dalam Ekosistem
Pembelajaran :1

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!

Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!

Rantai Makanan
Rantai makanan adalah perjalanan memakan dan dimakan dengan urutan tertentu antarmakhluk hidup. Perhatikan gambar berikut.


Padi dimakan oleh tikus, kemudian tikus dimakan oleh ular, ular dimakan oleh burung elang. Setelah beberapa waktu, burung elang mati. Bangkainya membusuk diuraikan oleh makhluk hidup pengurai dan bercampur dengan tanah membentuk humus. Humus sangat dibutuhkan tumbuhan, terutama rumput. Begitulah seterusnya sehingga proses ini berjalan dari waktu ke waktu.

Urutan peristiwa memakan dan dimakan di atas dapat berjalan seimbang dan lancar jika seluruh komponen tersebut ada. Jika salah satu komponen tidak ada, akan terjadi ketimpangan dalam urutan memakan dan dimakan tersebut. Agar rantai makanan dapat terus berjalan, jumlah produsen harus lebih banyak daripada jumlah konsumen kesatu, konsumen kesatu lebih banyak daripada konsumen kedua, dan seterusnya.

Ada satu lagi komponen yang berperan besar dalam rantai makanan, yaitu pengurai. Pengurai adalah makhluk hidup yang menguraikan kembali zat-zat yang semula terdapat dalam tubuh hewan dan tumbuhan yang telah mati. Hasil kerja pengurai dapat membantu proses penyuburan tanah. Contoh pengurai adalah bakteri dan jamur.

Ayo Mencoba
Setiap bacaan, tentunya memiliki ide pokok yang tertuang dalam pokok pikiran. Dengan mengetahui pokok pikiran yang ada, kita dapat dengan mudah mengetahui informasi-informasi penting yang terdapat dalam bacaan. Berdasarkan bacaan di atas, tentukan pokok pikiran yang terdapat di setiap paragraf.

Paragraf
Pokok Pikiran
1 Rantai makanan di sawah
2 Fitoplankton produsen makanan
3 Urutan peristiwa memakan dan dimakan
4 Peran pengurai dalam rantai makanan

Matematika

Untuk materi matematika kita sudah selesai dan sekarang anak-anak harus sering melakukan latihan soal dan pengayaan pada hari ini ibu akan mengulas kembali materi perkalian dan pembagian pecahan yang sudah kita bahas sebelumnya. Yuk ingat-inget kembali rangkuman materi berikut ini:

Pembagian Pecahan
Matematika
Pembagian Pecahan



Latihan soal





Rumus Cara Menghitung Perkalian dan Pembagian Pecahan



Gambar di atas adalah rumus perkalian dan pembagian bilangan pecahan. Untuk lebih jelasnya rumus tersebut dijabarkan pada pembahasan di bawah ini :

Perkalian Sesama Bilangan PecahanUntuk mengalikan bilangan pecahan biasa dengan bilangan pecahan biasa, caranya sangatlah mudah yaitu dengan mengalikan pembilang dengan pembilang lalu mengalikan penyebut dengan penyebut.
Perhatikan contoh berikut :





Perkalian Bilangan Pecahan Biasa dengan Bilangan BulatDalam menyelesaikan perkalian pecahan biasa dengan bilangan bulat, kalian cukup mengalikan pembilang dengan bilangan bulat tersebut, kemudian dibagi dengan penyebut.

Contoh :





Pembagian Bilangan Pecahan BiasaDalam menyelesaikan operasi pembagian bilangan pecahan biasa dengan pecahan biasa caranya cukup sederhana, yaitu dengan membalik pembilang dan penyebut dari salah satu bilangan pecahan tersebut, kemudian kedua bilangan pecahan tersebut dikalikan.
Perhatikan contoh berikut ini :





Latihan Soal

1.Hasil dari perkalian pecahan 2/5 x 3/15..
a.4/75
b.5/75
c.6/75
d.7/75

2.Hasil dari 3/7 x 4/5 x 2/6 adalah….
a.21/210
b.22/210
c.23/210
d.24/210

3.Tentukan hasil kali dari 4/5 x 12/5 x 12/7
a.576/175
b.576/176
c.576/177
d.576/178

4.Tentukan hasil dari pembagian 7/15 dibagi dengan 4/6
a.5/10
b.6/10
c.7/10
d.8/10

5.Tentukan hasil dari pembagian dari 215/5 : 7/9 : 3/13 adalah…
a.2223/147
b.2223/147
c.2223/147
d.2223/147

Lampirkan cara-cara mengerjakannya ya nak!

Jangan lupa beri nama lengkap dan nomor absen
Jangan lupa rapikan alat-alat belajar kalian sendiri dan ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini!
Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.
Terima kasih.

WASSALAMUALAIKUM WR.WB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar