1. Bumi berbentuk bulat. Bumi terdiri atas samudera dan benua. Untuk menjelaskan bentuk bumi kepada siswa, guru dapat menggunakan globe.
Makna globe pada paragraf tersebut adalah ....
(A) bola bumi buatan
(B) bulat seperti bumi
(C) bumi yang bulat
(D) tiruan seperti bola
2. Beberapa sekolah di kota memiliki halaman yang sempit.
Antonim kata sempit dalam kalimat tersebut adalah ....
(A) besar
(B) longgar
(C) lebar
(D) luas
3. Sekolah harus selalu dijaga kebersihannya. Halaman sekolah perlu dilengkapi dengan tempat sampah yang memadai. Siswa harus membuang sampah di tempat yang disediakan. Hal itu dilakukan supaya kebersihan sekolah selalu terjaga.
Bagaimana cara menjaga kebersihan sekolah?
Cara menjaga kebersihan sekolah adalah ....
(A) membersihkan halaman sekolah semaunya
(B) membuang sampah di tempat sampah
(C) menata halaman sekolah secara rutin
(D) memanfaatkan sampah yang ada di halaman
4. Beberapa tempat wisata harus segera berbenah. Kebersihan tempat wisata harus diutamakan. Kini, beberapa tempat wisata kurang diminati. Penyebabnya adalah sampah berserakan di tempat wisata tersebut. Bau tidak sedap menambah ketidaknyamanan wisatawan.
Hal yang akan terjadi jika kebersihan daerah wisata tidak terjaga sesuai paragraf tersebut adalah ….
(A) daerah wisata menjadi objek penelitian
(B) kesuburan daerah wisata berkurang
(C) daerah wisata penuh dengan pekerja
(D) wisatawan yang berkunjung semakin berkurang
(A) besar
(B) longgar
(C) lebar
(D) luas
3. Sekolah harus selalu dijaga kebersihannya. Halaman sekolah perlu dilengkapi dengan tempat sampah yang memadai. Siswa harus membuang sampah di tempat yang disediakan. Hal itu dilakukan supaya kebersihan sekolah selalu terjaga.
Bagaimana cara menjaga kebersihan sekolah?
Cara menjaga kebersihan sekolah adalah ....
(A) membersihkan halaman sekolah semaunya
(B) membuang sampah di tempat sampah
(C) menata halaman sekolah secara rutin
(D) memanfaatkan sampah yang ada di halaman
4. Beberapa tempat wisata harus segera berbenah. Kebersihan tempat wisata harus diutamakan. Kini, beberapa tempat wisata kurang diminati. Penyebabnya adalah sampah berserakan di tempat wisata tersebut. Bau tidak sedap menambah ketidaknyamanan wisatawan.
Hal yang akan terjadi jika kebersihan daerah wisata tidak terjaga sesuai paragraf tersebut adalah ….
(A) daerah wisata menjadi objek penelitian
(B) kesuburan daerah wisata berkurang
(C) daerah wisata penuh dengan pekerja
(D) wisatawan yang berkunjung semakin berkurang
5. Ruang kelas VI sangat bersih. Sampah tidak ada yang berserakan. Meja dan kursi tidak berdebu. Sarang laba-laba tidak ditemukan di dinding kelas.
Paragraf tersebut termasuk jenis paragraf ….
(A) narasi
(B) persuasi
(C) deskripsi
(D) argumentasi
Teks 1
Kesehatan sangat penting bagi manusia. Sebagian warga menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga. Olahraga dapat dilakukan di dalam atau di luar ruangan. Berolahraga, membuat tubuh menjadi lebih sehat.
Teks 2
Sayur dan buah sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Oleh karena itu, siswa dianjurkan mengonsumsi sayur dan buah. Siswa mengonsumsi sayur dan buah di rumah atau di sekolah.
6. Persamaan kedua teks tersebut adalah ….
(A) melakukan olahraga
(B) tempat kegiatan
(C) menjaga kesehatan tubuh
(D) pelaku kegiatan
7. Siswa SD Hebat sedang belajar di dalam kelas. Tiba-tiba terdengar suara sirine. Anak-anak segera berlindung di kolong meja sambil melindungi kepala bagian belakang. Bapak dan ibu guru juga melakukan hal yang sama. Sesaat kemudian terdengar bunyi sirine kedua. Anak-anak segera ke luar kelas menuju halaman. Hari itu semua warga SD Hebat sedang mengikuti simulasi gempa.
Mengapa siswa SD Hebat masuk ke kolong meja ketika mendengar sirine pertama?
Siswa SD Hebat masuk ke kolong meja karena ….
(A) takut mendengar sirine berbunyi
(B) mengikuti perintah bapak dan ibu guru
(C) mengikuti tanda simulasi terjadinya gempa
(D) ingin melindungi badan dan kepala
8. Ahsan sering melerai temannya yang berselisih. Saat temannya ada yang bertengkar, Ahsan mampu meredakan kemarahan mereka. Ahsan bagaikan air bagi teman-temannya.
Makna air dalam cerita tersebut adalah ….
(A) penyejuk
(B) penyegar
(C) pembasuh
(D) pembasah
9. Guru penyampai berbagai ilmu
Santun bertutur dan berperilaku
Membimbing siswa berpikir maju
Meraih masa depan yang menunggu
Makna kias kata maju dalam syair tersebut adalah ….
(A) sangat kuat
(B) secara cerdas
(C) berpikir keras
(D) lebih cepat
10. Bacalah teks berikut dengan cermat!
Minggu lalu lapangan Halmahera tidak dapat digunakan. Robohnya beberapa tiang listrik dan puing bangunan akibat hujan badai semalam menjadi penyebab utama. Tiang listrik runtuh sehingga banyak kabel listrik yang bergelantungan. Petugas PLN mengamankannya agar tidak terjadi … yang dapat membahayakan warga sekitar.
Istilah yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ….
(A) resleting
(B) konsleting
(C) tegangan
(D) amperemeter
11. Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
Sejak kelas I sampai kelas VI SD, Aisyah selalu menjadi …. Dia tak pernah absen untuk menerima hadiah prestasi yang diberikan oleh kepala sekolah.
Ungkapan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….
(A) besar kepala
(B) bintang kelas
(C) tanpa kata
(D) kabar burung
12. Ani adalah siswa yang tidak banyak bicara. Dia selalu memperhatikan pelajaran dengan baik. Jika ada hal yang belum jelas, dia bertanya. Tak heran, jika dia menjadi juara kelas pada semester ini. Ani memang seperti ….
Peribahasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
(A) air dengan minyak
(B) air di daun talas
(C) air tenang menghanyutkan
(D) air beriak tanda tak dalam
13. Perhatikan urutan penggunaan blender berikut!
Paragraf tersebut termasuk jenis paragraf ….
(A) narasi
(B) persuasi
(C) deskripsi
(D) argumentasi
Teks 1
Kesehatan sangat penting bagi manusia. Sebagian warga menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga. Olahraga dapat dilakukan di dalam atau di luar ruangan. Berolahraga, membuat tubuh menjadi lebih sehat.
Teks 2
Sayur dan buah sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Oleh karena itu, siswa dianjurkan mengonsumsi sayur dan buah. Siswa mengonsumsi sayur dan buah di rumah atau di sekolah.
6. Persamaan kedua teks tersebut adalah ….
(A) melakukan olahraga
(B) tempat kegiatan
(C) menjaga kesehatan tubuh
(D) pelaku kegiatan
7. Siswa SD Hebat sedang belajar di dalam kelas. Tiba-tiba terdengar suara sirine. Anak-anak segera berlindung di kolong meja sambil melindungi kepala bagian belakang. Bapak dan ibu guru juga melakukan hal yang sama. Sesaat kemudian terdengar bunyi sirine kedua. Anak-anak segera ke luar kelas menuju halaman. Hari itu semua warga SD Hebat sedang mengikuti simulasi gempa.
Mengapa siswa SD Hebat masuk ke kolong meja ketika mendengar sirine pertama?
Siswa SD Hebat masuk ke kolong meja karena ….
(A) takut mendengar sirine berbunyi
(B) mengikuti perintah bapak dan ibu guru
(C) mengikuti tanda simulasi terjadinya gempa
(D) ingin melindungi badan dan kepala
8. Ahsan sering melerai temannya yang berselisih. Saat temannya ada yang bertengkar, Ahsan mampu meredakan kemarahan mereka. Ahsan bagaikan air bagi teman-temannya.
Makna air dalam cerita tersebut adalah ….
(A) penyejuk
(B) penyegar
(C) pembasuh
(D) pembasah
9. Guru penyampai berbagai ilmu
Santun bertutur dan berperilaku
Membimbing siswa berpikir maju
Meraih masa depan yang menunggu
Makna kias kata maju dalam syair tersebut adalah ….
(A) sangat kuat
(B) secara cerdas
(C) berpikir keras
(D) lebih cepat
10. Bacalah teks berikut dengan cermat!
Minggu lalu lapangan Halmahera tidak dapat digunakan. Robohnya beberapa tiang listrik dan puing bangunan akibat hujan badai semalam menjadi penyebab utama. Tiang listrik runtuh sehingga banyak kabel listrik yang bergelantungan. Petugas PLN mengamankannya agar tidak terjadi … yang dapat membahayakan warga sekitar.
Istilah yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ….
(A) resleting
(B) konsleting
(C) tegangan
(D) amperemeter
11. Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
Sejak kelas I sampai kelas VI SD, Aisyah selalu menjadi …. Dia tak pernah absen untuk menerima hadiah prestasi yang diberikan oleh kepala sekolah.
Ungkapan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….
(A) besar kepala
(B) bintang kelas
(C) tanpa kata
(D) kabar burung
12. Ani adalah siswa yang tidak banyak bicara. Dia selalu memperhatikan pelajaran dengan baik. Jika ada hal yang belum jelas, dia bertanya. Tak heran, jika dia menjadi juara kelas pada semester ini. Ani memang seperti ….
Peribahasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
(A) air dengan minyak
(B) air di daun talas
(C) air tenang menghanyutkan
(D) air beriak tanda tak dalam
13. Perhatikan urutan penggunaan blender berikut!
Tekan tombol satu hingga empat untuk mengatur kecepatan blender.
Siapkan bahan yang akan dihaluskan.
Tancapkan steker pada lubang listrik atau sumber listrik lain.
Bahan yang disiapkan potong kecil-kecil untuk memper-cepat proses penghalusan.
Matikan tombol dengan menekan tombol off ketika selesai menggunakan.
Urutan penggunaan blender yang tepat adalah ….
(A) 1 - 3 - 2 - 5 - 4
(B) 2 - 4 - 3 - 1 - 5
(C) 3 - 2 - 4 - 5 - 1
(D) 4 - 5 - 3 - 1 - 2
14. Bacalah teks pidato berikut dengan cermat!
Pada kesempatan ini, perkenankanlah kami … sehingga kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan negara kita.
Tak lupa izinkanlah kami menyampaikan ungkapan rasa terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada kami. Bapak Kepala Sekolah, Bapak-bapak, dan Ibu-ibu Guru serta teman-temanku tercinta dalam rangka memperingati HUT-RI yang ke-72.
Bagian kalimat yang tepat untuk melengkapi teks pidato tersebut adalah ….
(A) mengucapkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa
(B) memberikan selamat kepada teman-teman panitia yang tiada lelah membantu
(C) memohon maaf karena beberapa teman-teman panitia tidak bisa hadir
(D) mengucapkan terima kasih atas kehadiran tamu undangan dan Bapak Ibu guru
15. Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini!
(1) Perpustakaan itu luasnya memadai dan warnanya serasi.
(2) SD Mulia memiliki perpustakaan.
(3) Ruangan itu berukuran 7 × 8 meter.
(4) Dindingnya bercat putih kombinasi biru.
Susunan yang benar untuk kalimat-kalimat tersebut adalah ….
(A) 2 - 4 - 1 - 3
(B) 2 - 3 - 1 - 4
(C) 2 - 1 - 3 - 4
(D) 2 - 1 - 4 - 3
16. Perhatikan kalimat berikut!
Kami main-main bersama, bahkan kami berdiskusi tentang berbagai permasalahan.
Perbaikan penggunaan kata yang bercetak miring pada kalimat tersebut adalah ….
(A) bermain-main
(B) main-mainan
(C) termain-mainkan
(D) main-mainkan
Siapkan bahan yang akan dihaluskan.
Tancapkan steker pada lubang listrik atau sumber listrik lain.
Bahan yang disiapkan potong kecil-kecil untuk memper-cepat proses penghalusan.
Matikan tombol dengan menekan tombol off ketika selesai menggunakan.
Urutan penggunaan blender yang tepat adalah ….
(A) 1 - 3 - 2 - 5 - 4
(B) 2 - 4 - 3 - 1 - 5
(C) 3 - 2 - 4 - 5 - 1
(D) 4 - 5 - 3 - 1 - 2
14. Bacalah teks pidato berikut dengan cermat!
Pada kesempatan ini, perkenankanlah kami … sehingga kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan negara kita.
Tak lupa izinkanlah kami menyampaikan ungkapan rasa terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada kami. Bapak Kepala Sekolah, Bapak-bapak, dan Ibu-ibu Guru serta teman-temanku tercinta dalam rangka memperingati HUT-RI yang ke-72.
Bagian kalimat yang tepat untuk melengkapi teks pidato tersebut adalah ….
(A) mengucapkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa
(B) memberikan selamat kepada teman-teman panitia yang tiada lelah membantu
(C) memohon maaf karena beberapa teman-teman panitia tidak bisa hadir
(D) mengucapkan terima kasih atas kehadiran tamu undangan dan Bapak Ibu guru
15. Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini!
(1) Perpustakaan itu luasnya memadai dan warnanya serasi.
(2) SD Mulia memiliki perpustakaan.
(3) Ruangan itu berukuran 7 × 8 meter.
(4) Dindingnya bercat putih kombinasi biru.
Susunan yang benar untuk kalimat-kalimat tersebut adalah ….
(A) 2 - 4 - 1 - 3
(B) 2 - 3 - 1 - 4
(C) 2 - 1 - 3 - 4
(D) 2 - 1 - 4 - 3
16. Perhatikan kalimat berikut!
Kami main-main bersama, bahkan kami berdiskusi tentang berbagai permasalahan.
Perbaikan penggunaan kata yang bercetak miring pada kalimat tersebut adalah ….
(A) bermain-main
(B) main-mainan
(C) termain-mainkan
(D) main-mainkan
17. Pramuka merupakan kegiatan extracurikuler di Sekolah Dasar.
Perbaikan penulisan istilah yang bergaris bawah pada kalimat tersebut adalah ….
(A) extrakurikuler
(B) extra kurikuler
(C) ekstra kurikuler
(D) ekstrakurikuler
18. Olimpiade mempertandingkan cabang olahraga antara lain; sepakbola, bulu tangkis, dan tenis meja.
Perbaikan penulisan istilah yang bergaris bawah pada kalimat tersebut adalah ….
(A) extrakurikuler
(B) extra kurikuler
(C) ekstra kurikuler
(D) ekstrakurikuler
18. Olimpiade mempertandingkan cabang olahraga antara lain; sepakbola, bulu tangkis, dan tenis meja.
Kesalahan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut adalah ….
(A) olimpiade
(B) sepakbola
(C) bulu tangkis
(D) tenis meja
19. Bu Dewi berkata: “Cepat, kemarilah anak-anak.”Penggunaan tanda baca yang tidak tepat dalam kalimat tersebut adalah ….
(A) olimpiade
(B) sepakbola
(C) bulu tangkis
(D) tenis meja
19. Bu Dewi berkata: “Cepat, kemarilah anak-anak.”Penggunaan tanda baca yang tidak tepat dalam kalimat tersebut adalah ….
(A) tanda koma (,) dan tanda titik (.)
(B) tanda titik (.) dan tanda petik (“...”)
(C) tanda titik dua (:) dan tanda titik (.)
(D) tanda titik dua (:) dan tanda petik (“...”)
20. Bu Endang akan mengusulkan beasiswa bagi siswanya. Para siswa diminta mengumpulkan fotocopy rapor. Mereka juga harus mengisi blangko data pribadi.
Penggunaan kata baku yang tidak tepat dalam paragraf tersebut adalah ....
(A) beasiswa
(B) fotocopy
(C) rapor
(D) blangko
21. “Wah, bagus sekali lukisan-lukisan yang ada di galeri ini?” seru Rama!
Kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ….
(A) tanda koma (,) dan tanda tanya (?)
(B) tanda koma (,) dan tanda seru (!)
(C) tanda tanya (?) dan tanda seru (!)
(D) tanda hubung (-) dan tanda tanya (?)
22. Kalimat berikut yang menggunakan huruf kapital dengan benar adalah ….
(A) kasus gizi buruk di Indonesia khususnya nusa tenggara timur sudah dapat diatasi
(B) kasus gizi buruk di Indonesia khususnya nusa tenggara timur sudah dapat Diatasi
(C) kasus gizi buruk di indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur sudah dapat diatasi
(D) kasus gizi buruk di Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur sudah dapat diatasi
23. Hadiah ini hanya … saja sebagai tanda persahabatan.
Kata baku yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….
(A) sekadarnya
(B) sekedarnya
(C) sekidarnya
(D) skidarnya
24. San (...) tugasku sudah selesai (...) bagaimana dengan tugasmu (...)
Penulisan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah ….
(A) (,) , (.) , (?)
(B) (,) , (,) , (?)
(C) (!) , (.) , (?)
(D) (!) , (,) , (?)
25. Kepala SD Nusa Bangsa dra Puji Rahayu, m.pd. Membuka acara doa bersama.
Penulisan yang benar untuk kalimat tersebut adalah ....
(B) tanda titik (.) dan tanda petik (“...”)
(C) tanda titik dua (:) dan tanda titik (.)
(D) tanda titik dua (:) dan tanda petik (“...”)
20. Bu Endang akan mengusulkan beasiswa bagi siswanya. Para siswa diminta mengumpulkan fotocopy rapor. Mereka juga harus mengisi blangko data pribadi.
Penggunaan kata baku yang tidak tepat dalam paragraf tersebut adalah ....
(A) beasiswa
(B) fotocopy
(C) rapor
(D) blangko
21. “Wah, bagus sekali lukisan-lukisan yang ada di galeri ini?” seru Rama!
Kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ….
(A) tanda koma (,) dan tanda tanya (?)
(B) tanda koma (,) dan tanda seru (!)
(C) tanda tanya (?) dan tanda seru (!)
(D) tanda hubung (-) dan tanda tanya (?)
22. Kalimat berikut yang menggunakan huruf kapital dengan benar adalah ….
(A) kasus gizi buruk di Indonesia khususnya nusa tenggara timur sudah dapat diatasi
(B) kasus gizi buruk di Indonesia khususnya nusa tenggara timur sudah dapat Diatasi
(C) kasus gizi buruk di indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur sudah dapat diatasi
(D) kasus gizi buruk di Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur sudah dapat diatasi
23. Hadiah ini hanya … saja sebagai tanda persahabatan.
Kata baku yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….
(A) sekadarnya
(B) sekedarnya
(C) sekidarnya
(D) skidarnya
24. San (...) tugasku sudah selesai (...) bagaimana dengan tugasmu (...)
Penulisan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah ….
(A) (,) , (.) , (?)
(B) (,) , (,) , (?)
(C) (!) , (.) , (?)
(D) (!) , (,) , (?)
25. Kepala SD Nusa Bangsa dra Puji Rahayu, m.pd. Membuka acara doa bersama.
Penulisan yang benar untuk kalimat tersebut adalah ....
(A) Kepala SD Nusa Bangsa Dra Puji Rahayu, MPd. membuka acara doa bersama.
(B) Kepala SD Nusa Bangsa Dra. Puji Rahayu MPd membuka acara doa bersama.
(C) Kepala SD Nusa Bangsa Dra Puji Rahayu M.Pd membuka acara doa bersama.
(D) Kepala SD Nusa Bangsa Dra. Puji Rahayu, M.Pd. membuka acara doa bersama.
(B) Kepala SD Nusa Bangsa Dra. Puji Rahayu MPd membuka acara doa bersama.
(C) Kepala SD Nusa Bangsa Dra Puji Rahayu M.Pd membuka acara doa bersama.
(D) Kepala SD Nusa Bangsa Dra. Puji Rahayu, M.Pd. membuka acara doa bersama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar