Rabu, 01 September 2021

PEMBELAJARAN JARAK JAUH
(PJJ)


Hari/Tanggal : Rabu, 01 September 2021
Kelas : III
Tema 2 : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
Sub Tema 3 : Menyayangi Tumbuhan
Pembelajaran : 4

Tujuan Pembelajaran :
1. Memahami Hak dan kewajiban Sesuai Sila Kelima Pancasila
2. Membuat daftar pertanyaan tentang cara merawat tanaman
3. Melakukan permainan Tapak gunung

Assalamualaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat walafiyah
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa


Anak-anak semua, sudah murojaah, dan sholat duha? Setelah sholat duha,menyimak tausiyah, dan murojaah, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mintalah bantuan kepada bunda/ mama untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya!

Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan.

Ayo anak-anak sholih dan sholihah kita mulai pembelajaran hari ini..

AYO SIMAK VIDIO PEMBELAJARAN BERIKUT !!



Rangkuman Materi PPKN adalah sebagai berikut ini, perhatikan baik-baik!

1. Bunyi dari Sila ke 5 Lima Pancasila adalah: Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Adapun 
    lambang sila ke 5 adalah padi dan kapas.
2. Pengamalan sikap yang sesuai dengan sila ke 5 Pancasila ini, contohnya di lingkungan keluarga 
    adalah adanya tugas, hak, dan kewajiban yang seimbang pada masing-masing anggota keluarga.
3. Berikut ini adalah contoh peran, kewajiban, dan hak seorang anak di dalam lingkungan keluarga di 
    rumah:
   a. Di dalam sebuah keluarga, anak berperan sebagai anggota keluarga
   b. Kewajiban seorang anak di dalam sebuah lingkungan keluarga, antara lain adalah belajar dan 
       membantu meringankan pekerjaan orang tua di rumah. Misalnya adalah: membantu mencuci piring sendiri setelah makan, menyapu atau mengepel lantai, membantu ibu menyiram bunga, atau menjaga (momong) adik yang masih kecil.
  c. Hak seorang anak di rumah, contoh misalnya adalah anak mendapatkan kasih sayang dari orang tua dan dicukupi kebutuhannya, terutama pada kebutuhan primer/pokok. Anak juga berhak memberikan usulan demi kebaikan keluarga.
4. Sedangkan peran, kewajiban, dan hak seorang Ibu di lingkungan keluarga di rumah adalah sebagai 
    berikut ini:
a. Peran ibu, pada umumnya adalah pendamping kepala keluarga. (Ibu bisa saja menjadi kepala keluarga dalam kondisi tertentu, misalnya ketika Ayah sudah meninggal dunia)
b. Kewajiban seorang Ibu di rumah, umpamanya adalah mengasuh dan memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak-anaknya, mengatur kebutuhan keluarga, menyiapkan hidangan makanan untuk keluarga, dan mengatur rumah tangga agar terjaga kebersihan dan ketertibannya.
c. Hak seorang Ibu di rumah, adalah Seorang Ibu berhak untuk dihormati, dipatuhi, dan disayangi oleh anak-anaknya.
5. Adapun peran, kewajiban, dan hak seorang Ayah di dalam lingkungan keluarga di rumah adalah sebagai berikut ini:
a. Ayah berperan sebagai kepala keluarga, pada umumnya.
b. Adapun kewajiban seorang Ayah di dalam keluarga adalah melindungi seluruh anggota keluarga dan bertanggung jawab mencari nafkah untuk seluruh keluarganya.
c. Hak seorang Ayah di dalam keluarga adalah disayangi oleh seluruh anggota keluarga, dipatuhi, dan dihormati.

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia, adalah sebagai berikut ini.
1. Mengenal Berbagai Macam Pekerjaan/Profesi
a. Petani (Pak Tani), adalah seseorang yang setiap pagi membawa cangkul dan pergi ke sawah. Pak tani bekerjan menggarap sawah, menanaminya dengan padi, dan sangat berjasa menyediakan bahan makanan pokok untuk kita semua. Petani adalah pekerjaan yang sangat mulia dan banyak jasanya.
b. Guru (Bapak/Ibu Guru) adalah seseorang yang mengajari dan membimbing kita sebagai siswa belajar di sekolah. Pekerjaan guru ini merupakan pekerjaan yang sungguh mulia, selain mencerdaskan siswa-siswi juga membina akhlaq siswa
c. Koki atau disebut juga sebagai juru masak adalah seseorang yang bertugas menyiapkan masakan untuk dihidangkan.
d. Petugas keamanan lingkungan adalah seorang yang bertugas menjaga lingkungan tetap aman, mengamankan lingkungan, memastikan lingkungan aman dari gangguan seperti pencurian dan tindak kejahatan lainnya.

Ayo Membaca
Hari Minggu adalah hari libur. Seluruh anggota keluarga berkumpul di rumah. Seluruh anggota keluarga dapat bekerja sama dalam melakukan pekerjaan rumah tangga. Seperti yang dilakukan keluarga Siti. Pada saat hari libur, mereka bekerja sama membersihkan rumah dan merawat tanaman.

Setiap anggota keluarga, mempunyai hak dan kewajiban sesuai dengan peran masing-masing. Ayah berperan sebagai kepala keluarga. Ibu berperan sebagai pendamping kepala keluarga. Anak berperan sebagai anggota keluarga.

Kewajiban ayah bertanggung jawab mencari nafkah. Ayah juga yang melindungi keluarga. Ibu membantu ayah mengurus semua keperluan keluarga. Tugas ibu di antaranya adalah menyiapkan makanan untuk keluarga, serta mengatur rumah agar tetap bersih dan nyaman. Ada juga ibu yang bekerja untuk membantu ayah mencari nafkah.

Kewajiban anak-anak yaitu belajar dan membantu melakukan pekerjaan rumah tangga. Tugas yang dapat dilakukan anak-anak yaitu merapikan mainan setelah digunakan. Anak-anak dapat juga membantu hal lainnya, seperti menyapu, mengepel, menyiram tanaman, atau merawat tanaman.

Selain memiliki kewajiban, seluruh anggota keluarga juga memiliki hak. Contoh hak ayah dan ibu yaitu dihormati dan disayangi anak-anak. Anak-anak juga memiliki hak untuk disayangi orangtuanya dan dicukupi semua kebutuhannya.

Menjaga keseimbangan hak dan kewajiban, merupakan pengamalan sila kelima Pancasila. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia adalah bunyi sila kelima Pancasila.

Sikap melaksanakan tugas-tugas di rumah merupakan pelaksanaan dari kewajiban. Tulislah daftar tugas anggota keluargamu di rumah!

No.Anggota KeluargaTugas
1.AyahMerapikan tempat tidur
2.IbuMenyapu, mengepel
3.AkuMembantu ibu mengepel lantai
4.KakakMembantu ayah merapikan tempat tidur

Ayo Bercerita
Siti menceritakan kegiatannya sehari-hari di rumah. Ia mendapat tugas untuk menyiram tanaman setiap sore. Biasanya Siti menyiram tanaman setelah menyapu dan mengepel lantai. Apa yang menjadi tugasmu sehari-hari di rumah? Bagaimanakah perasaanmu saat melakukan tugas? Ceritakanlah pengalamanmu dalam melaksanakan tugas sehari-hari di rumah!

Aku mendapat tugas membantu ibu mengepel lantai. Lantai rumah biasanya dipel setiap tiga hari sekali atau jika lantai sudah terlihat kotor. Aku bersama ibu membersihkan seluruh ruangan yang ada di rumah. Saat mengepel lantai bersama ibu aku merasa sangat senang karena membantu meringankan tugasnya.

Ayo Menulis
Siti dan teman-temannya akan melakukan kegiatan wawancara. Mereka akan mewawancarai orang di sekitar sekolah tentang cara perawatan tanaman. Sebelum melakukan kegiatan wawancara, mereka belajar membuat pertanyaan wawancara. Siti akan membuat daftar pertanyaan tentang cara perawatan tanaman. Kita bantu Siti membuat daftar pertanyaan, yuk!

1. Apa saja jenis tanaman yang memerlukan perawatan?
2. Siapa saja yang bertugas merawat tanaman?
3. Mengapa tanaman perlu dirawat?
4. Bagaimana cara merawat tanaman dengan baik?
5. Kapan sebaiknya perawatan tanaman dilakukan?

Ayo Mencoba
Lakukanlah kegiatan wawancara. Kamu dapat melakukannya secara berkelompok.

Pada saat istirahat siti dan teman-temannya menemui tukang kebun yang ada di sekolah mereka. Siti dan teman-temanya ingin menanyakan cara merawat tanaman. Siti menghampiri Pak Udin yang sedang merawat tanaman di halaman sekolah.

Siti : Selamat siang Pak Udin !
Pak Udin : Selamat siang, anak-anak ! Ada yang bisa saya bantu?
Budi : Oh iya Pak Udin saya ingin menanyakan tentang cara merawat tanaman. Boleh kan Pak?
Pak Udin : Silahkan, tanyakan saja. Apa saja yang ingin kalian ketahui tentang merawat tanaman?
Edo : Begini Pak Udin, tanaman apa saja yang memerlukan perawatan?
Pak Udin : Menurut saya sih, semua tanaman memerlukan perawatan agar tumbuh dengan baik.
Siti : Kalau di sekolah ini siapa yang bertugas merawat tanaman Pak?
Pak Udin : Tugas merawat tenaman merupakan tugas semua warga sekolah. Namun, sayalah yang bertanggungjawab merawat tanaman yang ada di sekolah ini.
Budi : Lalu mengapa tanaman perlu dirawat Pak?
Pak Udin : Tanaman perlu dirawat agar dapat tumbuh dengan baik sehingga sekolah akan semakin indah.
Edo : Nah, kalau cara merawat
Budi : Lalu mengapa tanaman perlu dirawat Pak?tanaman mawar bagaimana caranya Pak?
Pak Udin : Agar tanaman mawar tumbuh dengan baik tentu perlu dipupuk dan disiram.
Siti : Lalu kapan tanaman sebaiknya dirawat Pak?
Pak Udin : Tanaman sebaiknya dirawat setiap hari. Misalnya saja disriam agar tanaman tidak layu.
Siti : Wah terima kasih infomasinya Pak Udin. Kami jadi lebih tahu tentang cara merawat tanaman
Pak Udin : Sama-sama nak, saya juga senang membantu kalian.
Setelah selesai mewawancarai Pak Udin ketiganya berpamitan untuk kembali masuk kelas.

Ayo Mencoba
Tanaman akan tumbuh sehat bila cukup mendapat air dan sinar matahari. Manusia akan sehat jika banyak bergerak atau berolahraga. Dengan bergerak maka peredaran darah dalam tubuh akan lancar. Peredaran darah yang lancar membantu penyebaran oksigen ke seluruh tubuh.

Permainan tapak gunung banyak melakukan gerakan. Dalam permainan ini dilakukan gerakan melompat, menekuk, dan memutar. Permainan tapak gunung membuat badan menjadi sehat.

Saat melakukan permainan tapak gunung ada beberapa sikap yang perlu kita ingat. Sikap sportif dan sabar menunggu giliran perlu dilakukan. Saat memenangkan permainan, maka kita bersyukur dan tetap rendah hati. Sebaliknya, saat kalah kita berbesar hati mengakui kehebatan lawan. Jika semua hal itu dilakukan maka bermain tapak gunung akan bertambah seru.

Melakukan Permainan Tapak Gunung
Siti dan teman-temannya berkumpul di lapangan. Kegiatan olahraga hari ini akan melakukan kegiatan tapak gunung.

Cara Bermain :
Permainan Tapak Gunung

1. Semua pemain melakukan hompimpa untuk menentukan siapa yang akan melakukan permainan pertama kali.
2. Pemain pertama melompat dengan satu kaki dari kotak 1 sampai kotak atas, kemudian kembali lagi untuk mengambil gaco di kotak satu dengan posisi kaki diangkat satu
3. Pemain melempar gaco sampai ke kotak kedua, jika sampai keluar ke kotak kedua pemain dinyatakan gugur dan diganti oleh pemain berikutnya.
Begitu seterusnya sampai semua kotak sudah dilempar dengan gaco
4. Jika semua telah dilakukan pemain, maka pemain melemparkan gaco dengan membelakangi engkleknya. Jika pas pada kotak yang dikehendaki maka kotak itu menjadi rumahnya
5. Jika semua kotak telah dimiliki oleh pemain maka permainan dinyatakan selesai
6. Pemenang adalah pemain yang paling banyak memiliki rumah dari kotak-kotak engklek yang digambar.

TugasTematik :

Menghapal Perkalian 2 sampai 6 dengan cara mata ditutup ( Memejamkan mata ) dan dividiokan dikumpul tepat waktu melalui clss room at wa bu Guru

Laporkan hasil kerjamu, dan foto kegiatan daring hari ini dalam bentuk kolase melalui WA ke ibu guru ya. Jika ada yg belum dipahami bisa ditanyakan ke ibu guru ya..

Demikian pembelajaran hari ini, semoga ilmu yang kalian peroleh hari ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan.

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar