Kelas : V
Tema 4 : SEHAT ITU PENTING
Subtema 3 : CARA MEMELIHARA KESEHATAN ORGAN PEREDARAN DARAH MANUSIA
Pembelajaran : 1
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!
Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!
Cara Mencegah Gangguan Kesehatan pada Jantung dan Pembuluh Darah
Siti, Dayu, dan Lina telah melakukan salah satu bentuk olahraga yang bisa memperlancar peredaran darah mereka yaitu bersepeda santai.
No | Penyakit | Cara Pencegahan |
1. | Anemia | 1. Konsumsi Makanan Tinggi Zat Besi seperti kacang-kacangan, sereal, sayuran berwarna hijau, dan daging merah tanpa lemak. 2. Konsumsi Makanan Tinggi Vitamin B12 seperti ditemukan pada susu, semua olahan susu, daging, dan produk kedelai. 3. Konsumsi Makanan Tinggi Serat |
2. | Hipotensi | 1. Cukupi cairan tubuh dengan memperbanyak konsumsi air untuk tubuh supaya terhindar dari dehidrasi. 2. Mengkonsumsi makanan bergizi tinggi, empat sehat lima sempurna. 3. Hidari tidur larut malam 4. Olahraga secara teratur |
3. | Hipertensi | 1. Mengonsumsi makanan sehat. 2. Berolahraga secara teratur. 3. Menurunkan berat badan, jika diperlukan. 4. Mengurangi konsumsi garam dan kafein. |
4. | Kanker darah | 1. Mengkonsumsi makanan sehat 2. Rutin melkukan aktivitas fisik 3. Melakukan pemeriksaan kesahatan tubuh secara rutin. 4. Perbanyak konsumsi sayuran seperti brokoli, kubis, tomat, lobak dsb. |
5. | Varises | 1. Olahraga secara teratur 2. Usahakan agar berat badan selalu tetap seimbang 3. Hindari untuk berdiri yang terlalu lama. 4. Hindari penggunaan pakaian sempit atau ketat pada bagian pinggang, paha, dan kaki. 5. Biasakan mengonsumsi vitamin C dan E. |
Mengidentifikasi ciri- ciri Pantun
Perhatikan contoh pantun berikut!Memang indah bunga selasih
Selasih bunga tanpa getah
Lingkungan asri juga bersih
Belajarnya nyaman hatinya betah
Berdasarkan pantun di atas dapat dijelaskan sebagai berikut.
1. Pantun memiliki satu bait yang terdiri atas 4 baris.
2. Suku kata pada setiap baris secara urutan berjumlah 9, 9, 10, dan 11.
3. Setiap baris terdiri atas 4 kata.
4. Baris yang menunjukkan sampiran yaitu: Memang indah bunga selasih (baris pertama)
Selasih bunga tanpa getah (baris kedua)
5. Baris yang menunjukkan isi yaitu : Lingkungan asri juga bersih (baris ketiga)
Belajarnya nyaman hatinya betah (baris keempat)
6. Pantun bersajak a-b-a-b.
7. Pantun di atas termasuk jenis pantun nasihat.
Untuk lebih jelasnya simaklah video berikut!
TUGAS untuk hari ini mengerjakan latihan di modul tematik
Muatan B.INDO hlm 77 nomor 1 s.d. 5
Muatan IPA hlm 78 nomor 1. s.d 5
Tulis dibuku latihan jawabannya saja dan sertai nama lengkap dan nomor absen.
Contoh Pengerjaan:
Nama : ...
NO. Absen : ....
B.Indonesia
1. ...
2. ...
dst..
KABAR GEMBIRA
Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda dan perayaan Maulid Nabi Muhammad S.A.W. Sekolah kita akan mengadakan lomba.
Yuk anak-anak simak pengumuman berikut ini
Anak soleh soleha dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda pada tgl 28 Oktober 2020 maka siswa kelas 5 SD Al Azhar 1 akan mengadakan lomba online Video Pengucapan Sumpah Pemuda.
Video dikirimkan paling lambat hari Rabu tgl 28 Oktober 2020.
Teknis Perlombaan Video Ucapan Sumpah Pemuda:
Peserta membuat video pembacaan teks sumpah pemuda dengan memperhatikan:
a. Intonasi
b. Lafal
c. Mimik(ekspresi)
d. kreatifitas dalam pembuatan Video.
e. Peserta adalah siswa yg bersedia mengikuti lomba saja (tidak diwajibkan)
f. Juri akan memilih 6 video peserta terbaik untuk diambil sebagai pemenang (dari 6 kelas siswa kelas 5 A s.d.5 F)
g. Video dikirimkan ke guru kelas masing-masing yang akan nanti dishare ke juri.
h. Keputusan juri tidak dapat digangu gugat.
A. Perlombaan Keagamaan
1. Lomba Sholawat ( Kelas 1 s.d 6 )
2. Lomba Tahfidz ( Kelas 1 s.d 6 )
3. Lomba Mewarnai Kaligrafi ( Kelas 1 dan 2 )
4. Lomba Adzan ( kelas 4 s.d 6 )
5. Lomba Da’I ( Kelas 4 s.d 6 )
B. Teknis Perlombaan :
1. Lomba Sholawat
Ø Peserta terdiri dari siswa atau siswi kelas 1 s.d kelas 6
Ø Masing-masing kelas hanya mengirimkan 1 orang perwakilan terbaik untuk mengikuti lomba
Ø Sholawat yang dilantuntkan berjudul “ Kisah Sang Rasul”
Ø Format Sholawat dalam bentuk video dan dikirimkan ke panitia
Ø Boleh menggunakan alat music, keyboard dan lain sebagainya
2. Lomba Tahfidz
Ø Peserta terdiri dari siswa atau siswi kelas 1 s.d 6
Ø Masing-masing kelas hanya mengirimkan 1 orang perwakilan terbaik untuk mengikuti lomba
Ø Surat yang dibaca :
- Kelas 1 : Al Fatihah
- Kelas 2 : Al ‘adiyat
- Kelas 3 : Ad Dhuha
- Kelas 4 : As Syams
- Kelas 5 : Al Infithor
- Kelas 6 : An Naba’
Ø Format Tahfidz dalam bentuk video dan dikirimkan ke panitia
3. Lomba Mewarnai Kaligrafi
Ø Peserta terdiri dari siswa atau siswi kelas 1 dan 2
Ø Masing-masing kelas hanya mengirimkan 2 orang perwakilan terbaik untuk mengikuti lomba
Ø Kaligrafi yang diwarnai akan diberikan melalui whatsapp oleh panitia
Ø Hasil kaligrafi dikirimkan dalam bentuk gambar Foto Kamera HP
4. Lomba Adzan
Ø Masing-masing kelas hanya mengirimkan 1 orang perwakilan terbaik untuk mengikuti lomba
Ø Format Adzan dalam bentuk video dan dikirimkan ke panitia
Ø Bukan adzan subuh
5. Lomba Da’i
Ø Peserta terdiri dari siswa kelas 4 s.d kelas 6
Ø Masing-masing kelas hanya mengirimkan 1 orang perwakilan terbaik untuk mengikuti lomba
Ø Format Da’i dalam bentuk video dan dikirimkan ke panitia
Ø Materi berkaitan tentang Nabi Muhammad SAW
Ø Waktu maksimal 5 menit penampilan
C. Teknis Penilaian
- Penilaian meliputi penampilan, irama dan intonasi suara serta ekspresi atau penghayatan
Ø Lomba Tahfidz
- Penilaian meliputi kelancaran, tajwid, Makhorijul Huruf
Ø Lomba Mewarnai Kaligrafi
- Penilaian meliputi Kerapihan dan keindahan
Ø Lomba Adzan
- Penilaian Meliputi Suara, Kelancaran, Tajwid, Irama
Ø Lomba da’i
- Penilaian meliputi kelancaran, intonasi, penguasaan materi
D. Juara
1. Lomba Shlowat
- Juara 1 Kelas 1
- Juara 1 Kelas 2
- Juara 1 Kelas 3
- Juara 1 Kelas 4
- Juara 1 Kelas 5
- Juara 1 Kelas 6
2. Lomba Tahfidz
- Juara 1 Kelas 1
- Juara 1 Kelas 2
- Juara 1 Kelas 3
- Juara 1 Kelas 4
- Juara 1 Kelas 5
- Juara 1 Kelas 6
3. Lomba Mewarnai Kaligrafi
- Juara 1 Kelas 1
- Juara 1 Kelas 2
- Juara 1
- Juara 2
- Juara 3
5. Lomba Da’i
- Juara 1
- Juara 2
- Juara 3
Ayo anak-anak Indonesia para pemuda penerus bangsa jaga semangat Sumpah Pemuda dengan melakukan hal-hal positif.
Tetap Semangat dan terus berkarya!
Untuk yang bersedia mengikuti lomba, info selanjutnya akan dishare kembali.
Silahkan Japri bu guru ya kids jika ingin bertanya🤗💓💓💓💓
Tidak ada komentar:
Posting Komentar