Kamis, 03 Maret 2011

Mengapa Air Sungai Tidak asin ?

Air sungaitidak asin seperti air laut karena air sungai mengalirkan garam yang dikandungnya dilaut. Apakah ada garam juga di sungai? sebenarnya,semua air mengandung garam. Hanya saja,air laut lebih asin 220 kali daripada air- air di tempat lain. Ya,kandungan garam air laut sangat banyak. Jika garam di laut bisa diangkat ke daratan, diperkirakan akan membentuk lapisan setinggi gedung perkantoran empat puluh tingkat. Bukan main!

Kandungan garam di sungai sedikit sekali sehingga rasanya airnya tidak asin. Namun,justru sungai menjadi salah satu penyebab air laut penuh dengan garam. Diseluruh pelosok dunia, sungai mengirimkan sekitar 40 miliar ton garam ke laut setiap tahunnya.Di laut,lama kelamaan, garam itu mengendap di dasar laut. Pantas saja air laut itu asin.

Lalu, bagaimana dengan proses daur ulang air? proses itu, bisa saja menyebabkan air laut turun menjadi hujan kesungai,lalu sungai menjadi asin. Ketika proses daur ulang air dari berbagai sumber menguap, garam tidak ikut menguap. Garam tetap berada di laut. Jadi, sungai tidak berubah menjadi asin karena hujan atau proses daurr ulang air.

{sumber: bobo, 24 Mei 2007}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar