MATERI AJAR
Hari/Tanggal : Rabu, 22 September 2021
Kelas : III
Tema 3 : Benda di Sekitarku
Sub Tema 2 : Wujud Benda
Pembelajaran : 3
Assalaamualaikum...
bagaimana kabarnya hri ini anak sholeh dan sholehah,
Semoga semua selalu dalam lindungan Alloh Yaa
Ayo anak Ibu guru, segara mandi, sarapan, sholat dhuha serta murojaah yaa, setelah itu dibaca yaa penjelasan Ibu guru.
Bahasa Indonesia 3.1
Benda Padat
Salah satu wujud benda antara lain padat. Banyak contoh benda padat di sekitarmu. Batu, pensil, dan kursi merupakan benda padat. Mengapa benda-benda tersebut digolongkan sebagai benda padat? Yuk, cari tahu sifat benda padat tersebut!
Tema 3 : Benda di Sekitarku
Sub Tema 2 : Wujud Benda
Pembelajaran : 3
Assalaamualaikum...
bagaimana kabarnya hri ini anak sholeh dan sholehah,
Semoga semua selalu dalam lindungan Alloh Yaa
Ayo anak Ibu guru, segara mandi, sarapan, sholat dhuha serta murojaah yaa, setelah itu dibaca yaa penjelasan Ibu guru.
Bahasa Indonesia 3.1
Benda Padat
Salah satu wujud benda antara lain padat. Banyak contoh benda padat di sekitarmu. Batu, pensil, dan kursi merupakan benda padat. Mengapa benda-benda tersebut digolongkan sebagai benda padat? Yuk, cari tahu sifat benda padat tersebut!
Lakukan pengamatan sebagai berikut!
1. Amatilah benda-benda padat di sekitarmu!
2. Tuliskan sifat benda padat berdasarkan pengamatanmu!
Bentuk benda padat tidak dipengaruhi wadahnya. Benda padat tidak berubah bentuk jika hanya berpindah tempat. Misalnya saja, kacang goreng yang ada di piring.
Bentuk benda padat dapat diubah. Piring yang jatuh berserakan, kertas sobek, dan kacang tanah yang hancur setelah digerus, adalah contoh dari benda padat yang diubah. Perlakuan tertentu yang dilakukan oleh manusia pada berbagai benda padat itu disebut juga dengan gaya.
Ayo Mencoba
Kamu telah menuliskan pendapatmu berdasarkan pengamatan. Sekarang, lakukan percobaan untuk mengetahui sifat benda padat.
Mengetahui Sifat Benda Padat
Lakukan secara berkelompok. Kumpulkan benda-benda padat di sekitar sekolahmu.
A. Alat dan Bahan
1. Ember
2. Gelas
3. Kantong plastik
B. Langkah-Langkah Percobaan
Masukkan benda yang kamu kumpulkan ke dalam ember. Kemudian, ke dalam gelas dan terakhir ke dalam kantong plastik.
Catatlah hasil percobaanmu ke dalam tabel di bawah ini. Lihat contoh nomor 1.
Gerakkanlah kakimu dengan dua jenis gerakan.
2. Tuliskan sifat benda padat berdasarkan pengamatanmu!
Bentuk benda padat tidak dipengaruhi wadahnya. Benda padat tidak berubah bentuk jika hanya berpindah tempat. Misalnya saja, kacang goreng yang ada di piring.
Bentuk benda padat dapat diubah. Piring yang jatuh berserakan, kertas sobek, dan kacang tanah yang hancur setelah digerus, adalah contoh dari benda padat yang diubah. Perlakuan tertentu yang dilakukan oleh manusia pada berbagai benda padat itu disebut juga dengan gaya.
Ayo Mencoba
Kamu telah menuliskan pendapatmu berdasarkan pengamatan. Sekarang, lakukan percobaan untuk mengetahui sifat benda padat.
Mengetahui Sifat Benda Padat
Lakukan secara berkelompok. Kumpulkan benda-benda padat di sekitar sekolahmu.
A. Alat dan Bahan
1. Ember
2. Gelas
3. Kantong plastik
B. Langkah-Langkah Percobaan
Masukkan benda yang kamu kumpulkan ke dalam ember. Kemudian, ke dalam gelas dan terakhir ke dalam kantong plastik.
Catatlah hasil percobaanmu ke dalam tabel di bawah ini. Lihat contoh nomor 1.
No. | Nama Benda | Bentuknya Berubah Sesuai Tempat | Bentuknya Tetap Walaupun Tempatnya Berubah | Dapat Digenggam | Tidak Dapat Digenggam |
---|---|---|---|---|---|
1. | Pensil | x | √ | √ | x |
2. | Karet Penghapus | x | √ | √ | x |
3. | Kerikil | x | √ | √ | x |
4. | Kelerang | x | √ | √ | x |
5. | Rautan Pensil | x | √ | √ | x |
https://www.youtube.com/watch?v=K_Lcke4W4fE
Gerakkanlah kakimu dengan dua jenis gerakan.
Gerakan yang lemah lembut dan gerakan yang kuat!
Lakukan dengan iringan lagu di atas.
Lakukan gerakan kaki yang telah diajarkan sebelumnya!
LATIHAN
Selesaikan soal di bawah ini di buku latihanmu
1. Udin dan Beni akan berlomba lari. Jarak yang akan ditempuh 350 m.
LATIHAN
Selesaikan soal di bawah ini di buku latihanmu
1. Udin dan Beni akan berlomba lari. Jarak yang akan ditempuh 350 m.
Lomba pun segera dimulai. Saat Udin telah sampai ke garis akhir,
Beni baru menempuh 200 m.
Berapa meter sisa jarak yang harus ditempuh Beni sampai ke garis akhir!
2. Jarak rumah Edo ke sekolah 2.500 m. Jarak rumah Siti ke sekolah 4.740 m.
2. Jarak rumah Edo ke sekolah 2.500 m. Jarak rumah Siti ke sekolah 4.740 m.
Berapa meter perbedaan jarak rumah Siti dan Edo dari sekolah?
3. Udin pergi ke sekolah dengan bersepeda.
3. Udin pergi ke sekolah dengan bersepeda.
Jarak yang ditempuh Udin dari rumah ke sekolah 3 km.
Setelah menempuh jarak 2 km dari rumahnya, ban sepeda Udin bocor.
Akhirnya, Udin menuntun sepedanya sampai ke sekolah.
Berapa km jarak yang ditempuh Udin menuntun sepeda sampai ke sekolah?
4. Lani dan keluarganya pergi ke Bandung naik bus. Jarak Jakarta ke Bandung 130 km. Bus telah menempuh jarak dari Jakarta ke Bandung sejauh 50.000 m.
4. Lani dan keluarganya pergi ke Bandung naik bus. Jarak Jakarta ke Bandung 130 km. Bus telah menempuh jarak dari Jakarta ke Bandung sejauh 50.000 m.
Berapa km sisa jarak yang harus ditempuh bus tersebut!
1 Km = 1000 m
Tetap semangat semoga mendapat ilmu yang bermanfaat 😊
Wassalaamualaikum.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar