Selasa, 31 Agustus 2021

PEMBELAJARAN JARAK JAUH
(PJJ)


Hari/Tanggal : Selasa, 31 Agustus 2021
Kelas : III
Tema 2 : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
Sub Tema 3 : Menyayangi Tumbuhan
Pembelajaran : 2-3

Assalaamualaikum...
bagaimana kabarnya hri ini anak sholeh dan sholehah,
Semoga semua selalu dalam lindungan Alloh Yaa

Ayo anak ibu guru, segara mandi, sarapan, sholat dhuha serta murojaah yaa, setelah itu dibaca yaa penjelasan Ibu guru.

Bahasa Indoneia 3.5

Ayo Membaca

Membuat dan Merawat Tanaman Gantung

Siti dan Lani sedang mengamati tanam-tanaman di sekolah

Lani : “Siti, ayo kita membuat pot gantung! Tanamtanaman ini sepertinya butuh tempat baru.”
Siti : “Setuju, Lani. Kasihan tanam-tanaman itu. Potnya sudah tidak cukup.”
Lani : “Tanam-tanaman itu dapat terganggu pertumbuhannya.”
Siti : “Mari kita segera buat pot gantung itu. Apa saja yang dibutuhkan?”
Lani : “Botol plastik bekas, pita perekat, gunting, tanah, kayu pipih, tali, dan tanaman.”
Siti : “Lalu, bagaimana cara membuatnya?”
Lani : “Yang pertama, kita potong bagian bawah botol. Kemudian, rekatkan pita perekat ke sekeliling bagian yang dipotong.“
Siti : “Baik. Setelah itu?”
Lani : “Buat 4 lubang di bagian berperekat. Masukkan tanaman ke dalam botol pelanpelan. Rapikan dan sebar akar tanaman ke seluruh bagian botol. Kemudian, masukkan tanah hingga tiga perempat isi botol.”
Siti : “Sejauh ini tidak sulit. Lanjutkan, Lani.”
Lani : “Masukkan tali plastik ke dalam lubang. Gantung menggunakan paku di dinding. Tutup bagian yang terbuka dengan kayu pipih.”
Siti : “Mari kita ajak teman-teman yang lain untuk membuatnya!”

Berikut gambar cara membuat pot gantung.



PKN 3.3

Ayo Mengamati
Keluarga Dayu sedang bercakap-cakap di teras rumah. Mereka bercerita tentang kegiatan yang dilakukan hari itu. Tiba-tiba Dayu teringat kalau ia belum melakukan tugasnya. Tugas Dayu setiap hari adalah menyiram tanaman di halaman rumah.

Setiap anggota keluarga mempunyai kewajiban dan hak masing-masing. Hak dan kewajibannya tergantung dari perannya di dalam keluarga. Di dalam keluarga ada ayah, ibu, dan anak.

Kewajiban ayah melindungi anggota keluarga dan mencari nafkah.
Kewajiban ibu merawat anak-anak dan mengurus rumah tangga.
Kewajiban anak yaitu menghormati orang tua dan belajar dengan tekun.
Kewajiban anak juga termasuk tugas-tugas yang harus dilakukannya di rumah. Contohnya kewajiban Dayu, yaitu menyiram tanaman.Matematika 3.2

Siti senang mengumpulkan daun. Saat kunjungan ke hutan bakau, ia mengumpulkan daun-daun bakau. Ia mengamati bahwa panjang tiap daun tidak sama. Siti mencoba mengukur 2 buah daun dengan menggunakan garis bilangan.

Panjang kedua daun tersebut adalah 9, yaitu 4 + 5 = 9

SBDP 3.1

Ayo Berkreasi
Dayu ingin membuat gambar hiasan dengan menggunakan bentuk-bentuk tumbuhan. Kita bantu Dayu membuat hiasan dekoratif, yuk! Amatilah berbagai macam bentuk tumbuhan di sekitar kalian! Hal ini akan memudahkanmu mencari ide bentuk hiasan dekoratif! Gambarlah pada tempat yang tersedia!
Gambar dekoratif adalah berupa gambar hiasan yang dalam perwujudannya tampak rata, tidak ada kesan ruang jarak jauh dekat atau gelap terang tidak terlalu ditonjolkan. Untuk memperoleh objek gambar dekoratif, perlu dilakukan deformasi atau penstiliran alami. Bentuk- bentuk objek di alam disederhanakan dan digayakan tanpa meninggalkan bentuk aslinya.

Tugas
Kerjakan Latihan Modul Tematik  Modul Tematik Halaman 45 s/d 47 Uji Kompetensi 3 Subtema 3 Pilihan Ganda

PPKn halaman 45 no 1 s.d 5
Bahasa Indonesia halaman 46 no. 1 s.d 5
Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) Halaman no 1 s.d 5

Setelah itu hasil jawaban di foto dan di kirim ke Wa Ibu Guru

Wassalaamualaikum.Wr.Wb

Minggu, 29 Agustus 2021

PEMBELAJARAN JARAK JAUH
(PJJ)


Hari/Tanggal : Senin, 30 Agustus 2021
Kelas : III
Tema 2 : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
Sub Tema 3 : Menyayangi Tumbuhan
Pembelajaran : 1


Bagaimana kabarnya hri ini anak sholeh dan sholehah,
Semoga semua selalu dalam lindungan Alloh Yaa

Ayo anak ibu guru, segara mandi, sarapan, sholat dhuha serta murojaah yaa, setelah itu dibaca yaa penjelasan Ibu guru.

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda
selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!

Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF
apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah
mendapatkan bantuan!

Bahasa Indonesia (3.5)

Kita harus saling menyayangi sesama manusia. Selain itu, kita juga harus menyayangi tumbuhan. Tumbuhan telah memberikan banyak manfaat kepada manusia.

Perbuatan menyayangi tumbuhan, merupakan salah satu bentuk syukur kita kepada Tuhan. Apa yang harus kita lakukan untuk menjaga kelangsungan hidup tumbuhan?

Ayo Membaca
Bacalah teks di bawah ini!
Siti sangat senang dengan bunga melati. Siti membeli bibit bunga melati. Dia ingin menanamnya di dalam pot. Siti belum tahu cara menanam bunga melati.

Siti pergi ke perpustakaan sekolah. Di sana, dia menemukan buku yang dibutuhkan. Buku tentang cara menanam melati di dalam pot. Berikut petunjuk perawatan melati yang Siti baca:

1. Siapkan pecahan batu bata merah atau pecahan genting. Susun di dasar pot.
2. Campurkan pasir, tanah, dan pupuk kandang. Masing-masing dengan bagian yang sama. 
    Isikan pada sepertiga bagian pot. Letakkan di atas lapisan pecahan batu bata merah atau genting.
3. Masukkan bibit melati. Sisakan media lama yang masih menempel. Tujuannya agar tanaman dapat  
    beradaptasi dengan media baru.
4. Tambahkan campuran pasir, tanah, dan pupuk kandang. Jangan isi pot sampai penuh. Sisakan 2 cm 
    dari bibir pot untuk memudahkan penyiraman.
5. Pastikan tanaman dapat berdiri kokoh.
6. Siram tanaman dengan air secukupnya.
7. Bersihkan bagian luar pot dari kotoran.
8. Letakkan pot di tempat yang diinginkan. 

Ayo Berlatih
Buat tanda centang (√) di dalam kotak bila kalimat-kalimat di bawah ini sesuai dengan petunjuk perawatan tanaman melati



Matematika 3.2

Ayo Mengamati
Di sekolah Siti ditanam pohon sirih. Sirih adalah tanaman yang tumbuh merambat. Daunnya berbentuk jantung dengan ujung daun runcing.

Panjang daun sirih sekitar 5-8 cm dan lebar 2-5 cm. Jika daunnya diremas akan mengeluarkan bau khas. Siti dan teman-temannya akan mengukur panjang pohon sirih.

Sebelum mengukur pohon sirih, Siti dan temantemannya belajar tentang garis bilangan.
Garis bilangan dimulai dari angka 0 (nol). Setelah angka 0 secara berurutan angka 1, 2, 3, dan seterusnya.
Sekarang, kita bantu Siti melakukan pengamatan pertumbuhan pohon sirih, yuk!
Pohon sirih yang baru ditanam berada di posisi A (pada angka 0).
Setelah beberapa waktu panjang pohon sirih ada di posisi B (pada angka 2).

Dari posisi A menjadi posisi B berpindah 2 satuan. 
Kita dapat menuliskan bentuk penjumlahannya 0 + 2 = 2

Contoh lainnya
Panjang pohon sirih ada di posisi angka 3. 
Setelah beberapa waktu, pohon sirih bertambah 2 satuan. (3 + 2 = 5)

Jika panjang pohon sirih di angka 4 dan setelah beberapa waktu tumbuh 7 satuan, berapa panjang pohon sirih sekarang? ( 4 + 7 = 11)

Ayo Berlatih
Selesaikanlah penjumlahan di bawah ini menggunakan garis bilangan!


5 + 2 = 7
3 + 8 = 11
4 + 4 = 8
6 = 3 = 9
3 + 9 = 12

Garis bilangan adalah suatu garis lurus mendatar yang ditandai oleh bilangan pada tiap-tiap titiknya. Bilangan yang digunakan adalah bilangan cacah.

SBDP 3.1
Ayo Mengamati
Siti sedang membantu ibu merapikan lemari baju. Di lemari ada beberapa kain batik milik ibu. Siti memperhatikan motif yang ada pada kain batik. Ada bermacam-macam motif daun dan bunga. Siti sangat tertarik dengan motif daun dan bunga. Setelah membantu ibu, Siti menggambar hiasan dengan motif tumbuhan.


Latihan

Lakukan wawancara dengan Ibumu cara merawat tanaman di rumahmu dan tuliskan hasil wawancara di buku latihanmu!

Contoh

Nama : Mutiara
Narasumber : Ibu Aminah

Cara merawat bunga mawar
1.
2.
3.
Dst

Kirimkan hasil wawancaramu ke aplikasi wa ibu guru ya,

Selamat belajar, tetap jaga kesehatan
Wassalaamualaikum


Kamis, 26 Agustus 2021

PEMBELAJARAN JARAK JAUH
(PJJ)

Hari/Tanggal : Jumat/27 Agustus 2021
Kelas : IIITema 2 : Menyayangi Tumbuhan dan Hean
Sub Tema 2 : Manfaat Hewan Bagi Kehidupan Manusia
Pembelajaran : 6

Assalaamualaikum...
bagaimana kabarnya hri ini anak sholeh dan sholehah,
Semoga semua selalu dalam lindungan Alloh Yaa

Ayo anak ibu guru, segara mandi, sarapan, sholat dhuha serta murojaah yaa, setelah itu dibaca yaa penjelasan Ibu guru.

Bahasa Indonesia 3.8

Hari ini Beni ingin bercerita tentang dongeng yang pernah dibacanya. Beni terkenal pandai bercerita di antara temantemannya. Ia bercerita tentang Kuda dan Keledai. Kuda dan Keledai adalah hewan yang digunakan untuk mengangkut beban. Juga sering digunakan untuk alat transportasi. Apakah kalian ingin tahu ceritanya?


Simak video Kuda dan Keledai yang Sarat dengan Beban berikut ini !


Susunlah kata-kata di bawah ini sehingga menjadi sebuah pesan moral yang terdapat pada dongeng di tempat yang tersedia!

Kuda dan Keledai

Bantulah orang yang membutuhkan bantuan maka kamu juga akan terbantu

Ayo Berkreasi
Buatlah cerita bergambar berdasarkan dongeng Kuda dan Keledai yang Sarat dengan Beban


Ayo Menulis
Beni dan Edo pulang sekolah bersama-sama. Di jalan, mereka menemukan seekor kucing yang jatuh ke selokan. Beni menolong kucing tersebut dan membawanya pulang ke rumah. Edo tidak mau membawa kucing tersebut. Ia geli pada bulu kucing.

Setiap orang memiliki sifat yang berbeda-beda. Dalam satu keluarga pun memiliki sifat yang berbeda-beda. Begitu pula dengan sifat orang dalam satu lingkungan tetangga.

Di lingkungan sekitar rumahmu ada banyak tetangga. Setiap tetangga memiliki sifatnya masing-masing. Tulislah nama orang yang berada di lingkungan tetanggamu yang memiliki sifat-sifat di bawah ini.

Tulislah orang yang memiliki sifat-sifat berikut ini!

No.SfatNama Orang
1.PenolongPak Wayan, Wawan, Bu Lisna
2.DermawanPak Harun, Dewi, dan Khusnul
3.RamahBu Hardi, Siti, dan Misbakus Solihin
4.Penyayang BinatangBeni, Rudi, dan Pak Hisyam
5.LucuPak Kardun, Solehun, dan Wiwin

Ayo Bermain Peran
Peragakanlah sifat dari salah seorang tetanggamu dengan gerakan pantomim! Teman-temanmu akan menebak sifat yang kamu peragakan di depan kelas.

Ayo Berlatih
Saat liburan Beni dan sepupu-sepupunya menginap di rumah nenek. Nenek memiliki banyak binatang peliharaan. Bebek, ayam, dan kambing ada di kandang belakang rumah.

Penduduk desa tempat tinggal nenek, banyak yang memiliki hewan ternak. Beni dan sepupu-sepupunya senang berjalan-jalan di sekitar desa. Mereka melihat banyak binatang ternak. Mereka sudah mengunjungi peternakan sapi, domba, dan bebek.

Setelah berkunjung ke berbagai peternakan, Beni memiliki beberapa masalah. Ia belum bisa memecahkan masalah-masalah tersebut. Bantu Beni menyelesaikan permasalahannya, yuk!

1. a. Di sebuah peternakan terdapat 6 kandang domba. Jika di setiap kandang terdapat 10 ekor domba, berapa jumlah domba dalam kandang?
6 x 10 = 60

b. Tiap kandang sesak dengan domba karena luas kandang tidak besar. Pemilik kandang berniat membuat kandang domba lagi. Sehingga jumlah kandang domba ada 10. Berapa isi domba di tiap kandang? 6
c. 6 x 10 = 10 x 6

2. a. Di peternakan sapi terdapat 9 kandang. Tiap kandang berisi 8 sapi, berapa jumlah sapi di peternakan tersebut?
9 x 8 = 72

b. Ternyata 1 kandang sapi rusak. Kandang sapi yang bisa digunakan tinggal 8. Berapa jumlah sapi dalam tiap kandang? 9
c. 9 x 8 = 8 x 9

3. a. Paman Beni beternak burung merpati. Ia memiliki 10 kandang burung. Paman Beni menempatkan 8 ekor burung pada tiap kandang. Berapa jumlah burung merpati yang dimiliki paman Beni?
10 x 8 -= 80

b. Dua kandang rusak sehingga burung merpati ditempatkan pada kandang-kandang yang lain. Berapa jumlah burung merpati di tiap kandang sekarang? 10
c. 10 x 8 = 8 x 10

4. a. Nenek Udin bisa membuat telur asin. Hari ini telur asinnya sudah jadi. Ia ingin membagikannya kepada semua cucunya. Cucu nenek Udin ada 6. Jika tiap cucu mendapat 4 telur asin, berapa jumlah telur asin yang dibagikan?
6 x 4 = 24

b. Ada 2 cucu nenek tidak suka telur asin. Nenek membagikan telur asin mereka sama banyak kepada cucu-cucu yang lain. Berapa telur asin yang didapat tiap cucu nenek yang suka telur asin? 6
c. 6 x 4 = 4 x 6

Demikian pembelajaran hari ini selanjutnya, kerjakan Soal Pilihan GandaUji Kompetensi 2 di buku Modul Tematik (LKS) halaman 39 s.d. 41
  • Pendidkan Pancasila dan Kewarganegaraan no. 1 s/d 5 halaman 39
  • Bahasa Indonesia n0. 1 s/d 5 halaman 40
  • Matematika no. 1 s/d 5 halaman 40
  • Seni Budaya dan Prakarya no. 1 s/d 5 halaman 41
Untuk mengisi jawaban soal di atas silakan klik Link di bawah ini kemudian pilih salah satu jawaban yang paling tepat a, b, c, atau d


PEMBELAJARAN JARAK JAUH
(PJJ)


Hari/Tanggal : Kamis/28 Agustus 2021
Kelas : III
Tema 2 : Menyayangi Tumbuhan dan Hean
Sub Tema 2 : Manfaat Hewan Bagi Kehidupan Manusia
Pembelajaran : 5
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia (3.8 , 4.8), PPkN (3.3 , 4.3), Matematika (3.1 , 4.1)


Assalaamualaikum...
bagaimana kabarnya hri ini anak sholeh dan sholehah,
Semoga semua selalu dalam lindungan Alloh Yaa

Ayo anak ibu guru, segara mandi, sarapan, sholat dhuha serta murojaah yaa, setelah itu dibaca yaa penjelasan Ibu guru.



Ayo Bermain Peran

Tahukah kamu?
Domba adalah hewan yang masih satu keluarga dengan kambing.
Domba mirip kambing, namun memiliki bulu yang tebal.
Bulunya biasa dijadikan benang wol.
Daging domba dapat diambil manfaatnya.
Biasanya diolah menjadi gulai, satai, dan sebagainya.
Sekarang kita lanjutkan lagi bermain peran dongeng Anak Gembala dan Serigala.
(untuk kelompok yang belum bermain peran)

Ayo Berdiskusi
Setiap hari Beni memberikan makanan kepada ayam-ayamnya. Beni juga membantu ayah membersihkan kandang ayam. Ayam-ayamnya sudah menghasilkan telur, daging, dan suara yang indah. Beni berpikir ayam akan senang jika kandangnya bersih.

Di sekolah, Beni juga selalu berbuat baik. Ia sering membantu teman yang terjatuh supaya berdiri kembali. Kita perlu bersikap baik kepada sesama manusia. Kita akan merasa senang jika ada orang lain yang menolong kita. Orang lain pun akan merasakan senang jika kita membantu mereka.

Bersikap baik kepada sesama manusia adalah bentuk pengamalan Pancasila. Tepatnya pengamalan sila kedua Pancasila, yaitu Kemanusiaan yang adil dan beradab.

PKN 3.3
Setiap hari Beni memberikan makanan kepada ayam-ayamnya. Beni juga membantu ayah membersihkan kandang ayam. Ayam-ayamnya sudah menghasilkan telur, daging, dan suara yang indah. Beni berpikir ayam akan senang jika kandangnya bersih.

Di sekolah, Beni juga selalu berbuat baik. Ia sering membantu teman yang terjatuh supaya berdiri kembali. Kita perlu bersikap baik kepada sesama manusia. Kita akan merasa senang jika ada orang lain yang menolong kita. Orang lain pun akan merasakan senang jika kita membantu mereka.

Bersikap baik kepada sesama manusia adalah bentuk pengamalan Pancasila. Tepatnya pengamalan sila kedua Pancasila, yaitu Kemanusiaan yang adil dan beradab.

Diskusikanlah dengan temanmu, sikap baik apa saja yang telah kalian lakukan! Tulislah sikap-sikap baik yang telah dilakukan pada tempat yang tersedia.

No.Sikap-sikap baik yang telah
kamu lakukan
Sikap-sikap baik yang
temanmu sudah lakukan
1.Membantu teman yang mengalami kesulitanDitolong teman saat kesulitan mengerjakan soal
2.Menjenguk teman yang sedang sakitSemua teman mau bergaul denganku
3.Meminjamkan alat tulis kepada temanSemua teman bersikap ramah kepadaku
4.Berbagi makanan dengan temanDipinjami alat tulis saat lupa membawa alat tulis
5.Menghargai pendapat temanPendapatku selalu dihargai teman.

Matematika 3.1

Ayo Berlatih
Beni sedang mengerjakan PR matematika.
Ternyata soal-soalnya tentang perkalian.
Ia teringat tentang cara menyimpan anak ayamnya di kandang.
Ia bisa membaginya dalam beberapa kelompok.

Contoh soal pertukaran pada perkalian
... x 3 = ... x 5 
 5 x 3 = 3 x 5 = 15

4 x ... = 2 x ...
4 x 2  = 2 x 4 = 8


LATIHAN
Isilah titik-titik di bawah ini dengan memperhatikan sifat pertukaran pada perkalian seperti contoh di atas!

1.   ... × 5  =  … × 7

2.   9 × …  =  6 × …

3.   … × 5 = … × 5

4.   6 × … = 7 × …

5.   … × 3 = … × 7

6.   8 × … = 6 × …

7.   … × 9 = … × 5

8.   8 × … = 5 × …

9.   … × 7 = … × 9

10.  10 × … = 6 × …


Naah kalian sudah mempelajari pembelajaran hari ini, Ibu guru harap semua dapat memahami materi pembelajaran hari ini,
Wassalaamualaikum

Rabu, 25 Agustus 2021

PEMBELAJARAN JARAK JAUH
(PJJ)


Hari/Tanggal : Rabu/25 Agustus 2021
Kelas : III
Tema 2 : Menyayangi Tumbuhan dan Hean
Sub Tema 2 : Manfaat Hewan Bagi Kehidupan Manusia
Pembelajaran : 4
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia (3.8), PPkN (3.3)

Assalaamualaikum...
bagaimana kabarnya hri ini anak sholeh dan sholehah,
Semoga semua selalu dalam lindungan Alloh Yaa

Ayo anak ibu guru, segara mandi, sarapan, sholat dhuha serta murojaah yaa, setelah itu dibaca yaa penjelasan Ibu guru.



Hari ini di kelas Beni akan ada kegiatan bermain peran.
Mereka akan memerankan dongeng Anak Gembala dan Srigala
Anak gembala bertugas menjaga domba-domba yang diternakkan.
Jika domba sudah besar dapat dijual ke pasar.

Bacalah dongeng di bawah ini dan bermain peranlah bersama temanmu!


Anak Gembala dan Serigala

Narator:
Seorang anak gembala selalu menggembalakan domba milik tuannya di dekat hutan yang gelap dan tidak jauh dari kampungnya. Suatu hari dia menggembalakan domba di dekat hutan. Dia merasa terhibur dengan memikirkan berbagai macam rencana apabila dia melihat serigala. Dia teringat ucapan tuannya.

Tuan Anak Gembala:
"Apabila kamu melihat serigala datang dan menyerang domba, kamu harus berteriak memanggil bantuan. Orang sekampung akan datang membantumu."

Narator:
Anak gembala itu berpikir bahwa akan terasa lucu apabila dia pura-pura melihat serigala dan berteriak memanggil orang-orang. Anak gembala itu berlari ke arah kampungnya dan berteriak sekeras-kerasnya.

Anak Gembala:
"Ada serigala, serigala. Toloooong!"

Narator:
Seperti yang dia duga, orang-orang kampung yang mendengarnya berteriak, cepat-cepat meninggalkan pekerjaan mereka dan berlari
ke arah anak gembala tersebut untuk membantunya.

Orang kampung 1:
"Di mana….serigalanya? Di mana………?"
Orang kampung 2:
"Apa serigala itu melukaimu? Di mana serigala itu sekarang?"

Anak Gembala:
"Ha……ha……ha…… kalian semua tertipu. Tidak ada serigala di sini.

Orang kampung 3:
"Rupanya kamu telah menipu kami semua. Huh….!"



Narator:
Beberapa hari kemudian, anak gembala itu kembali berteriak meminta tolong.

Anak Gembala:
"Tolong…… tolong ada serigala! Tolong…… serigala memakan domba!"

Orang kampung 1:
"Mana serigalanya? Tidak terlihat serigala di sini?"

Anak Gembala:
"Ha……ha……ha……memang tidak ada serigala. Aku iseng saja berteriak minta tolong!"

Orang kampung 2:
"Hei……keberadaan serigala bukan untuk main-main. Kalau kamu berbohong terus, tidak ada yang percaya lagi padamu!"

Narator:
Pada suatu sore ketika Matahari mulai terbenam, seekor serigala benar-benar datang dan menyambar domba yang digembalakan oleh anak gembala tersebut.

Anak Gembala:
"Serigala……! Serigala ……! Tolong……ada serigala! Tolong….tolong………!"

Orang kampung 1:
"Anak gembala itu pasti bermain-main lagi!"

Orang kampung 2:
"Dia tidak akan bisa menipu kita lagi."

Narator:
Serigala itu akhirnya berhasil menerkam dan memakan banyak domba yang digembalakan oleh sang anak gembala, lalu berlari masuk ke dalam hutan kembali.

Ayo Berdiskusi
      Pesan dalam dongeng Anak Gembala dan Serigala adalah kita tidak boleh berbohong.
      Sekali berbohong, maka seumur hidup tidak akan dipercaya.

PKN 3.3

Ayo Menulis
Hewan di sekitar kita memiliki ciri khas masing-masing. Kucing berkaki empat, berbulu, dan bersikap manja pada tuannya. Kelinci berkaki empat, jalannya lompat, dan suka makan sayuran.

Bukan hanya hewan yang memiliki ciri-ciri. Manusia juga memiliki ciri-ciri, baik fisik maupun sifatnya. Misalnya, Beni memiliki sifat penyayang binatang. Edo bersifat penolong karena suka membantu teman.

Tuliskan 4 sifat dari 3 orang teman sekelasmu! Bagian tengah diisi nama teman. Bagian luar diisi dengan sifat-sifat dari teman. Contoh:

Naah kalian sudah mempelajari pembelajaran hari ini, Ibu guru harap semua dapat memahami materi pembelajaran hari ini, untuk lebih meningkatkan kemampuan kalian memahami materi hari ini maka silahkan kerjakan latihan di bawah ini!

Latihan
Kerjakan di buku latihanmu!

1. Manusia memiliki sifat yang berbeda-beda, tuliskan sifat anggota keluargamu ....
2. Walaupun memiliki perbedaan sifat kita tetap harus .....
3.

Gambar diatas termasuk mencerminkan sifat...

4. Erika memiliki kucing piaraan. Ia selalu merawat kucingnya dengan baik. Selalu memberi makan dan membersihkan kandang kucingnya setiap hari. Hal-hal yang dilakukan Erika tersebut cerminan sifat ….
5. Penolong, pemaaf dan peduli termasuk siafat yang....

Selasa, 24 Agustus 2021

PEMBELAJARAN JARAK JAUH
(PJJ)


Hari/Tanggal : Selasa/24 Agustus 2021
Kelas : IIITema 2 : Menyayangi Tumbuhan dan Hean
Sub Tema 2 : Manfaat Hewan Bagi Kehidupan Manusia
Pembelajaran : 3
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia (3.8), Matematika (3.1), SBdP (3.3)

Assalaamualaikum...
Bagaimana kabarnya hri ini anak sholeh dan sholehah,
Semoga semua selalu dalam lindungan Alloh Yaa

Ayo anak ibu guru, segara mandi, sarapan, sholat dhuha serta murojaah yaa, setelah itu dibaca yaa penjelasan Ibu guru.

Bahasa Indonesia (3.8)

Ayo Bercerita
Beni sedang membaca majalah tentang harimau. Harimau adalah salah satu hewan buas. Tempat hidupnya di hutan belantara. Jumlah harimau di dunia semakin berkurang maka harimau termasuk binatang yang dilindungi.

Ternyata di majalah itu terdapat dongeng yang bercerita tentang harimau. Bacalah dongeng berikut ini dan ceritakanlah kembali di depan teman-temanmu!

Kisah Petani dan Anak Harimau
Pengarang: Anonim

Di sebuah desa di Pulau Jawa, tinggallah seorang kakek. Ia terkenal baik hati dan ramah. Namanya Ki Maulaya. Para warga desa sangat segan dan mengagumi beliau. Sifatnya yang arif dan bijaksana sering dijadikan tempat bertanya ketika ada perselisihan.

Suatu hari Ki Maulaya pulang dari sawah. Di tengah-tengah perjalanan menuju rumahnya, Ki Maulaya terhenti oleh suara yang didengarnya. Ia pun mencari dari mana suara itu berasal. Dia menemukan sebuah lubang jebakan. Dilihatnya ada tiga ekor anak harimau yang terjebak dan tak bisa keluar.

Melihat bahwa binatang yang dia temukan bisa membahayakannya, dia pun tertegun sejenak. Setelah beberapa saat terpaku, Ki Maulaya dapat menekan rasa takutnya. “Aku percaya.. bahwa kebaikan pasti dibalas dengan kebaikan pula.”

Dikeluarkanya satu persatu anak harimau itu. Setelah semua terangkat, dia pun naik keluar dari lubang itu. Baru saja dia sampai di atas, tiba-tiba dari semak belukar keluar seekor harimau yang sangat besar. Harimau itu adalah induk dari tiga anak harimau yang dia tolong.

Ki Maulaya pun gemetar dan berkeringat dingin. Namun, dia mencoba mengendalikan rasa takutnya. Ia hanya pasrah pada kehendak Sang Pencipta. Harimau itu mendekatinya sambil mengendus-endus Ki Maulaya, lalu dia pergi membawa anak-anaknya.

Konon setelah kejadian itu, Ki Maulaya dan harimau menjadi sahabat. Harimau itu sering menunggui Ki Maulaya ketika di sawah dan menjaganya dari bahaya hewan-hewan buas. Dan apa yang diyakini Ki Maulaya terbukti. “Kebaikan pasti dibalas dengan kebaikan pula”.

SBDP 3.3
Ayo Mencoba

Kucing adalah hewan jinak yang dipelihara manusia. Banyak manfaat dari memelihara kucing. Kucing sebagai teman bermain, dapat menghilangkan stres, dan menghalau tikus. Ibu Beni suka kucing, namun tidak memelihara kucing. Kucing-kucing liar sering berkumpul di rumah Beni, sebab ibu sering memberi makan kucing-kucing yang datang ke rumah.

Beni sering memperhatikan tingkah kucing-kucing. Ada kalanya mereka bermain-main dengan tirai yang tertiup angin. Seringnya mereka bertengkar saat makan. Gerakan kucing-kucing itu lucu dan menggemaskan.

Kita menirukan gerakan kucing, yuk!
1. Gerakan kucing mencakar-cakar
2. Gerakan kucing menangkap tikus
3. Menggabungkan gerakan mencakar-cakar dan menangkap tikus.

Ayo Berlatih
Sore hari Beni memasukkan ayam-ayamnya ke kandang. Ia menemukan beberapa telur di dalam kandang. Ia sedang berpikir bagaimana jika telur itu ia simpan dalam beberapa tempat.
Kita bantu Beni menyelesaikan masalahnya, yuk! Caranya dengan menyelesaikan soal-soal di bawah ini.

Beni juga memelihara kelinci. Kelinci makan sayuran, salah satunya wortel. Beni membeli 14 batang wortel. Gambarlah wortel pada kotak yang tersedia!

Jika wortel diberikan kepada 2 kelinci, berapa wortel yang didapatkan tiap kelinci?

Jika wortel diberikan kepada 2 kelinci maka tiap kelinci mendapatkan 7 batang wortel.

Kita dapat menuliskannya dalam lambang bilangan.
2 x 7 = 14

Jika wortel diberikan kepada 7 kelinci, berapa wortel yang didapatkan tiap kelinci?

Jika wortel diberikan kepada 7 kelinci maka tiap kelinci mendapatkan 2 batang wortel.

Kita dapat menuliskannya dalam lambang bilangan
7 x 2 = 14

Maka kita dapat menuliskan bentuk perkalian dari pemberian wortel kepada kelinci.
2 x 7 = 7 x 2

Naah kalian sudah mempelajari pembelajaran hari ini, Ibu guru harap semua dapat memahami materi pembelajaran hari ini, untuk lebih meningkatkan kemampuan kalian memahami materi hari ini maka silahkan kerjakan latihan di bawah ini!


LATIHAN

Kerjakan di buku latihanmu 

1. Pesan apa yang ada di dalam dongeng "Kisah petani dan anak harimau" ....
2. Bergerak menirukan gerakan kucing dapat membuat badan kita menjadi ....
3. Selesaikan perkalian berikut!

    A.   12 x 3  =   3 x ... = 36

    B.     4 x ... = 11 x  4 = ...

Jika sudah selsai maka kirimkan tugas kalian melalui aplikasi WA ibu guru ya...
Tetap semangat sayang, semoga selalu dalam lindungan Alloh

Jaga kesehatan, selalu patuh dan membantu orangtua, sholat lima waktu dan semoga selalu dalam keadaan sehat.
Wassalaamualaikum

Senin, 23 Agustus 2021

PEMBELAJARAN JARAK JAUH
(PJJ)


Hari/Tanggal : Senin/23 Agustus 2021
Kelas : III
Tema 2 : Menyayangi Tumbuhan dan Hean
Sub Tema 2 : Manfaat Hewan Bagi Kehidupan Manusia
Pembelajaran : 1-2
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia (3.8 , 4.8), Matematika (3.1 , 4.1), SBdP (3.3 , 4.3)



Bagaimana kabarnya hri ini anak sholeh dan sholehah,
Semoga semua selalu dalam lindungan Alloh Yaa

Ayo anak ibu guru, segara mandi, sarapan, sholat dhuha serta murojaah yaa, setelah itu dibaca yaa penjelasan Ibu guru.

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda
selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!

Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF
apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah
mendapatkan bantuan!

Bahasa Indonesia 3.8

Ayo Membaca
Beni memelihara ayam. Ada ayam jago, ayam betina, dan anak-anak ayam. Setiap hari Beni dibangunkan dengan suara ayam jago. Ayam jagonya berkokok nyaring sekali setiap pagi. Ternyata Beni juga punya buku cerita tentang ayam jago. Yuk, kita baca dongeng tentang ayam jago. Bacalah dengan suara nyaring dan intonasi yang tepat!


Ayam Jago Baru
Pengarang: Anonim

Ada ayam jago baru di suatu dusun. Dia datang dari kota yang jauuh ... sekali.

Suatu ketika, Ayam Jago terjaga dari tidurnya. Matanya yang masih mengantuk perlahan terbuka. Di langit dia melihat benda bundar berwarna kuning keemasan. “Itu pasti Matahari!” pikirnya. Maka walaupun dia masih mengantuk, dia melompat ke atas pagar. “Kukuruyuk.... Hari sudah pagi!” kokoknya keras-keras.

Induk-induk ayam bergegas berlarian keluar. Mereka mulai mengais-ngais mencari makan. “Wah, betapa gelapnya hari ini!” keluh mereka.

Tiba-tiba terbang melintas seekor burung hantu. Dia hinggap di pohon dekat mereka. “Kamu siapa?” tanya si Ayam Jago Baru. “Aku, Burung Hantu!” jawabnya. “Hai, mengapa kalian ribut-ribut di tengah malam begini?”

“Si Ayam Jago tadi berkokok. Itu tanda hari sudah pagi!” ujar induk-induk ayam itu. Mereka kemudian ribut bergumam. Si Burung Hantu menepukkan sayapnya meminta mereka tenang.

“lya! Itu Matahari sudah terbit di langit!” ujar si Jago. Si Burung Hantu tertawa terbahak-bahak. “Itu bukan Matahari! Itu adalah bulan purnama!” katanya.

Induk-induk ayam kembali bergumam. Mereka kembali ke tempat masing-masing dan tidur lagi.

Si Ayam Jago Baru merasa malu. Dia berjanji besok lagi akan membuka kedua matanya lebar-lebar. Dia harus yakin yang dilihatnya adalah Matahari. Setelah itu, baru dia akan berkokok.

Sumber: www.rumahdongeng.com


Matematika 3.1

Ayo Berlatih
Ayam sangat bermanfaat bagi manusia. Telur, daging, kulit, dan bulu adalah bagian ayam yang dapat diambil manfaatnya.

Ayam-ayam Beni tinggal di kandang belakang rumah. Beni memiliki 10 anak-anak ayam. Beni ingin menempatkan anak-anak ayam secara berkelompok.

Pertama, Beni memasukkan 2 ekor anak ayam ke dalam tiap ruangan di kandang. Kedua, Beni kemudian mengubah banyak anak ayam tiap kelompok menjadi 5 ekor. Perhatikan gambar berikut ini!


Beni memiliki 12 ayam jago. Ia menempatkan ayam jago dalam kandangnya secara berkelompok.



SBDP 3.3


Ayo Mencoba
Beni senang mengamati tingkah laku ayam-ayamnya. Ia sering tersenyum saat melihat ayam mengepakkan sayapnya. Ia mencoba mengikuti gerakan ayam mengepakkan sayap.

Yuk kita melakukan gerakan seperti ayam mengepakkan sayap!


Berdiri tegak.
Tekukkan kedua siku di samping badan.
Gerakkan siku yang ditekuk ke atas dan ke bawah dengan perlahan.
Gerakkan ke atas dan ke bawah makin lama makin cepat.
Bayangkanlah gerakan kupu-kupu sedang terbang! Lakukanlah gerakan kupu-kupu yang sedang terbang dengan cepat!


3.3 Ayo Membaca
Bacalah teks di bawah ini dalam hati!
Beni memelihara ayam di rumah karena ia menyukai binatang. Ayah Beni membuatkan kandang ayam. Setiap hari, Beni memberi makan dan minum kepada ayam-ayamnya. Ayam-ayamnya sudah ada yang bertelur. Beni bertugas mengumpulkan telur-telur itu.

Ayah Beni juga menyukai binatang. Ia memelihara burung beo. Burung beo ayah bisa bicara. Ayah juga orang yang lucu. Ia mengajari burung beo kata-kata lucu. Ayah dan Beni sering tertawa mendengarnya. Kadang-kadang Beni suka menggoda burung beo ayah.

Setiap manusia memiliki sifat masing-masing. Dalam keluarga ada yang memiliki sifat sama, ada juga yang berbeda. Dari cerita di atas, kita tahu bahwa sifat Beni rajin dan menyukai binatang.

Tulislah dua sifat ayah Beni yang kamu temukan pada teks bacaan! (Sifat ayah Beni: menyukai binatang dan lucu)
Tulislah dua sifat Beni yang kamu temukan pada teks bacaan! (Sifat Beni: rajin dan menyukai binatang)

Latihan
Setelah membaca dongeng di atas, isilah teka-teki silang di bawah ini!

Mendatar
1. Benda yang dilihat Ayam Jago.
4. Suara kokok Ayam Jago.
5. Suasana malam.
7. Perasaan Ayam Jago.
8. Sikap Burung Hantu.

Menurun
1. Sikap Ayam Jago saat melihat Matahari.
2. Binatang yang mengais-ngais saat mencari makan.
3. Burung yang mencari makan di malam hari.
6. Tempat Ayam Jago berkokok.


Demikian pembelajaran hari ini, jangan lupa dibuat ya teki teki silang di buku latihanmu dengan penuh kreasi, dan kirimkan ke aplikasi WA ibu guru yaa.

Semoga kita semua selalu dalam lindungan Alloh aamiin


Kamis, 19 Agustus 2021

MATERI AJAR


Hari/Tanggal : Jumat /20 Agustus 2021
Kelas : III
Tema 2 : Menyayangi Tumbuhan dan Hean
Sub Tema 1 : Manfaat Tumbuhan Bagi Kehidupan Manusia
Pembelajaran : 6

Assalamualikum wr. wb
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah,..
Semoga semua selalu dalam lindungan Allah SWT

Ayo anak ibu guru, segara mandi, sarapan, sholat dhuha serta murojaah yaa, setelah itu siapkan untuk belajar.

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda
selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!

Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF
apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah
mendapatkan bantuan!


Bahasa Indonesia 3.8

Ayo Bercerita
Dayu senang dengan dongeng yang menceritakan kebaikan. Kali ini Dayu membaca dongeng tentang kebaikan hati seorang petani. Ayah Dayu pernah bercerita tentang pekerjaan petani. Petani menanam benih tanaman di sawah atau ladang. Setiap hari petani menyiram dan merawat tanaman yang ditanamnya. Hingga akhirnya tanaman-tanaman tersebut siap dipanen.

Yuk, kita baca dongeng berikut ini.
Setelah itu, ceritakanlah kembali dalam bentuk gambar berseri.

Petani yang Baik Hati
Suatu hari, tinggallah seorang petani yang baik dan murah hati. Pada saat petani itu pergi ke sawahnya, ia menemukan seekor burung pipit yang kakinya patah. Sang petani merasa kasihan. Ia pun membawa burung itu ke rumahnya yang sederhana. Sang petani langsung mengobati kaki burung tersebut. Setelah beberapa hari ia rawat, burung pipit itu ia lepaskan kembali ke alam bebas.

Beberapa hari kemudian, pada saat petani itu sedang mengairi sawah dan mencabuti rumput liar, ia didatangi oleh burung pipit kecil yang telah ia tolong. Burung itu membawa tiga buah biji semangka pada paruhnya. Ia memberikannya kepada petani itu. Setelah itu, burung itu pun pergi. Petani itu sangat berterima kasih kepada burung.

Besoknya, sang petani menanam biji-biji semangka itu di dekat rumahnya. Setelah ia mengurus bibit pohon semangka itu, pohon semangka itu pun tumbuh. Semakin lama pohon itu semakin besar. Akhirnya pohon semangka berbuah. Petani itu sangat senang. Ia mengambil ketiga buah semangka itu.

Pada saat ia membelah buah semangka yang pertama, keluarlah beberapa bongkah emas dan berlian yang berkilauan. Petani itu merasa sangat kaget bercampur senang, lalu ia membelah semangka yang kedua. Ternyata isinya adalah bahan-bahan bangunan. Petani itu merasa sangat bahagia, lalu ia membelah semangka terakhir. Ternyata keluarlah para pekerja yang siap membangun istana yang megah untuk ia tinggali.

Akhirnya, karena kebaikan dan ketulusan petani itu, sekarang ia menjadi orang yang sangat kaya raya. Ia selalu membagikan hartanya kepada orang yang kekurangan dan selalu menolong orang yang butuh pertolongannya.

Simak Viideo Dongeng Petani Yang Baik Hati Berkut ini.

 

PKN 3.1
Kita harus berbuat baik kepada tanaman karena tanaman juga merupakan makhluk Tuhan. Selain itu tanaman juga sangat bermanfaat bagi makhluk hidup yang lain. Manfaat tanaman antara lain sebagai berikut :

  1. Dapat menjadi pembersih udara karena tanaman mampu menyerap gas karbondioksida serta memproduksi oksigen 
  2. Tanaman dapat menyejukkan udara
  3. Tanaman merupakan sumber bahan pangan hewan dan manusia.
  4. Tanaman dapat melindungi dari terik sinar matahari
  5. Tanaman dapat digunakan sebagai bahan bangunan
  6. Tanaman dapat digunakan untuk memperindah lingkungan.
  7. Tanaman dapat digunakan sebagai bahan pakaian.
  8. Tanaman dapat digunakan sebagai bahan obat-obatan.
  9. Tanaman dapat digunakan sebagai bahan baku industri.

Saat berdoa kita tidak hanya mendoakan diri kita saja, tetapi juga harus mendoakan semua orang. Manusia dengan yang lainnya adalah bersaudara, jika saudaranya tersakiti, maka yang lain turut merasakan sakitnya.

Matematika 3.1
Dayu dan teman-temannya mengunjungi kebun manggis. Kebun manggis itu milik paman Dayu. Dayu dan Siti membantu memasukkan buah manggis ke dalam karung. Karung Dayu berisi 540 manggis. Karung Siti berisi 590 manggis. Berapakah jumlah manggis dalam karung Dayu dan Siti?

Buatlah bentuk penjumlahan dengan pertukaran!
540 + 590 = 1130
590 + 540 = 1130
540 + 590 = 590 + 540
Kita bantu Dayu mengerjakan latihan soal di bawah ini seperti contoh

1. Keranjang Lani berisi 730 buah rambutan Keranjang Edo berisi 400 buah rambutan. Berapakah jumlah rambutan di keranjang Lani dan Edo? Buatlah bentuk penjumlahan dengan pertukaran!
730 + 400 = 1130
400 + 730 = 1130
730 + 400 = 400 + 730

2. Udin dan Lani membantu panen tomat di kebun nenek Lani. Udin mengumpulkan 630 buah tomat. Lani mengumpulkan 450 buah tomat. Berapa jumlah buah tomat yang dikumpulkan Udin dan Lani?Buatlah bentuk penjumlahan dengan pertukaran!
630 + 450 = 1080
450 + 630 = 1080
630 + 450 = 450 + 630

3. Beni menyapu halaman rumah nenek yang luas. Ia mengumpulkan daun-daun kering dalam 2 kantong plastik besar. Kantong plastik hitam berisi 780 helai daun kering. Kantong plastik putih berisi 578 helai daun kering. Buatlah bentuk penjumlahan dengan pertukaran!
780 + 578 = 1358
578 + 780 = 1358
780 + 578 = 578 + 780

Selanjutnya Kerjakan Latihan dengan Mengklil Link Di bawah ini!

https://forms.gle/PeDduhBJnhVGskkGA

Jangan lupa setelah mengerjakan latihan Screen shoot nilainya dan Kirimkan ke ibu guru yaa Nak..

Selamat berakhir pekan😊😊
MATERI AJAR


Hari/Tanggal : Kamis /19 Agustus 2021
Kelas : III
Tema 2 : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
Sub Tema 1 : Manfaat Tumbuhan Bagi Kehidupan Manusia
Pembelajaran : 4-5

Assalamualikum wr. wb

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah,..
Semoga semua selalu dalam lindungan Allah SWT
Ayo anak ibu guru, segara mandi, sarapan, sholat dhuha serta murojaah yaa, setelah itu siapkan untuk belajar.

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda
selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!

Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF
apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah
mendapatkan bantuan!


Bahasa Indonesia 3.8

Hari ini kita akan belajar mengenai karakter tokoh pada sebuah cerita atau dongeng.
Karakter adalah watak tokoh dalam sebuah cerita atau dongeng. Jenis karakter tokoh yakni baik, penyayang, santun, jahat, licik, cerdik, dll.

Agar kalian lebih memahaminya bacalah dongeng di bawah ini!








PKN 3.1

Ada beberapa sikap baik yang dapat kita lakukan sehari-hari salah satunya adalah meminta maaf.
Benar, ketika kita melakukan kesalahan sebaiknya meminta maaf. Dengan meminta maaf kita akan merasa lega. Hubungan dengan orang lain akan tetap baik.
Untuk meminta maaf diperlukan keberanian. Anak-anak pemberani akan meminta maaf jika telah melakukan kesalahan.

Bersikap baik sangat dianjurkan. Bersikap baik kita lakukan kepada manusia, tumbuhan, dan hewan. Dengan bersikap baik, kita pun akan mendapatkan kebahagiaan. Jika kita bersikap baik terhadap tumbuhan maka tumbuhan akan memberikan banyak manfaat pada kita. Salah satu sikap baik yaitu mendoakan yang baik untuk orang lain. Misalnya saat Edo sakit, teman-temannya mendoakan Edo agar cepat sembuh.

Matematika 3.1

Yuk, kita coba praktikkan sikap jujur saat mengerjakan soal-soal berikut!

Contoh soal Dayu mengumpulkan biji kacang merah sebanyak 500 butir.
Biji kacang merah ia letakkan pada kotak berwarna hijau.
Siti mengumpulkan biji kacang merah sebanyak 610 butir.
Ia meletakkannya pada kantong plastik. Berapakah jumlah kacang merah Dayu dan Siti?

500 + 610 = 1110
Jumlah kacang merah Dayu dan Siti 1110 butir.

Jika tempat menyimpan kacang merah Dayu diletakkan dalam plastik.
Kacang merah Siti diletakkan pada kotak berwarna hijau.
Berapakah jumlah kacang merah Dayu dan Siti?

610 + 500 = 1110
Jumlah kacang merah Dayu dan Siti tetap 1110 butir.

610 + 500 = 500 + 610

Latihan



Selanjutnya kerjakan latihan ini di buku latihanmu!



Kirimkan tugasmu ke aplikasi WA ibu guru yaa..

Selasa, 17 Agustus 2021

MATERI AJAR

Hari/Tanggal : Rabu /18 Agustus 2021
Kelas : III
Tema 2 : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
Sub Tema 1 : Manfaat Tumbuhan Bagi Kehidupan Manusia
Pembelajaran : 2-3

Assalamualikum wr. wb

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah,..
Semoga semua selalu dalam lindungan Allah SWT
Ayo anak ibu guru, segara mandi, sarapan, sholat dhuha serta murojaah yaa, setelah itu siapkan untuk belajar.

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda
selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!

Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF
apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah
mendapatkan bantuan!

Bahasa Indonesia (3.8)

Edo, Siti, dan Beni sedang bermain di rumah Dayu. Dayu menunjukkan sebuah majalah yang di
dalamnya ada cerita dongeng. Edo, Siti, dan Beni berebut untuk membaca dongeng tersebut.
Dayu mengusulkan agar salah satu dari mereka membacakan dongeng.

Teman lainnya menyimak dongeng yang dibacakan.

Bacalah dongeng tentang pohon kelapa di bawah ini!


Asal Mula Buah Kelapa


Seorang laki-laki mendaki gunung yang tinggi. Ia ingin mengunjungi penyihir sakti. Penyihir
sakti mempersilakan laki-laki itu masuk ke pondoknya. “Wahai Penyihir sakti, ada sesuatu yang ingin
kumohon darimu,” kata laki-laki itu sambil menunduk dengan hormat. “Aku ingin diberi sesuatu olehmu, agar aku menjadi seseorang yang sangat berguna bagi setiap orang.”

“Permintaanmu cukup bagus,” sahut Penyihir sakti. Ia mengeluarkan sebuah kotak hijau yang kecil.
Dia berkata, “Kau baru boleh membukanya jika kau sudah tiba di rumah!” Laki-laki itu menerima kotak hijau tersebut dengan perasaan gembira. Setelah mengucapkan terima kasih, dia berjalan menuruni gunung.

Di tengah perjalanan dia tergoda untuk membuka kotak hijau itu. Ia ingin melihat apa isinya, namun ia tidak jadi membukanya. Saat ia ingat pada pesan Penyihir sakti. Ketika tiba di kaki gunung, lagi-lagi dia tergoda, ingin melihat isi kotak hijau tersebut. Ia lalu membuka kotak hijau itu. Tiba-tiba laki-laki itu berubah menjadi pohon yang daunnya panjang dan buahnya besar-besar.

Terdengar suara Penyihir sakti dari puncak gunung. “Karena kau tak mematuhi kata-kataku, kau berubah menjadi pohon kelapa. Namun, permohonanmu tetap terkabul. Kau sangat berguna. Tiap bagian darimu berguna bagi manusia. Daunmu, buahmu, dan batangmu dapat dimanfaatkan manusia.
Sejak saat itu, pohon kelapa cepat berkembang biak, sehingga bisa dijumpai di mana-mana. Orang menghargai pohon kelapa karena banyak
gunanya.

PKN (3.1)

Kita simak dialog di bawah ini, yuk!




SBDP (3.2)


Di samping rumah Rina banyak tumbuh pohon jagung.
Ibu Rina senang bercocok tanam.
Rina sering membantu ibu merawat pohon jagung.
Saat merawat tanaman jagung, Dayu bernyanyi lagu “jagung”.

Mari bernyanyi bersama Rina yuk!



https://www.youtube.com/watch?v=mDXbBirxa2g

Matematika (3.1)

Dayu mengunjungi pamannya, seorang petani kelapa. Dayu melihat panen kelapa di kebun pamannya. Terdapat banyak mobil truk akan mengangkut buah kelapa ke kota.

Seorang pekerja menghitung buah kelapa di truk pertama sebanyak 425 butir. Di truk kedua ada 590 butir buah kelapa.





Latihan

Nyanyikan lagu "menanam jagung" dan kirimkan videonya ke Ibu guru ya, kalian bisa minta bantuan ayah atau ibu untuk membuat video menyanyikan lagu menanam jagung, boleh berkolaborasi dengan adik atau kakak, boleh juga menggunakan alat musik yang ada di rumah atau memanfaatkan perabot rumah menjadi alat musik.

Dibuat sekreatif mungkin ya sayang, Ibu guru tunggu ya kreatifitas anak sholeh dan sholehah di rumah πŸ˜‰πŸ˜‰

Demikian pembelajaran hari ini, tetap semangat belajar di rumah hingga nanti kita bisa berjumpa di sekolah, salam sayang dari Ibu guru.





Minggu, 15 Agustus 2021

PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)

Hari/Tanggal : Senin /16 Agustus 2021
Kelas : III
Tema 2 : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
Sub Tema 1 : Manfaat Tumbuhan Bagi Kehidupan Manusia

Assalamualikum wr. wb
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah,..
Semoga semua selalu dalam lindungan Allah SWT

Ayo anak ibu guru, segara mandi, sarapan, sholat dhuha serta murojaah yaa, setelah itu siapkan untuk belajar.

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda
selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!

Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF
apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah
mendapatkan bantuan!

Tuhan menciptakan beragam jenis tumbuhan.
Tumbuhan bermanfaat bagi kehidupan manusia dan hewan. Manfaat tumbuhan di antaranya sebagai sumber makanan, bahan baku industri, peralatan
rumah tangga, bahan pakaian, pewarna alami, dan kesehatan.
Dapatkah kamu bayangkan apa yang terjadi jika
tidak ada tumbuhan di sekitar kita?

Bahasa Indonesia (3.8)

Bacalah dongeng di bawah ini dengan nyaring dan lafal yang tepat!

Pohon Apel yang Tulus

Dahulu kala, ada sebuah pohon apel besar. Ada seorang anak laki-laki bermain di sekitar pohon itu. Dia sangat menyayangi pohon itu. Pohon itu juga senang bermain bersamanya.

Waktu berlalu, anak laki-laki itu tumbuh dewasa. Suatu hari, ia datang kembali. Pohon apel
menyambutnya dengan gembira. “Ayo, bermainlah bersamaku,” ajak si Pohon Apel.
“Ah, aku tak punya waktu untuk bermain. Kami membutuhkan rumah untuk tempat tinggal.
Bisakah kau membantuku?”
“Kamu boleh memotong cabang-cabang pohonku
ini untuk membangun rumahmu.” Jadi anak lakilaki itu memotong semua cabang pohon dan pergi
dengan riang. Pohon apel itu senang melihat temannya bahagia. Tapi dia tak pernah kembali sejak saat itu. Pohon apel kembali merasa kesepian dan sedih.

Akhirnya, laki-laki itu kembali lagi. Laki-laki itu dan pohon apel sekarang sudah sama-sama tua. “Aku sudah tak bisa memberikan apa-apa,” kata Pohon Apel. “Tidak apa-apa. Aku hanya membutuhkan sebuah tempat untuk beristirahat,” jawab laki-laki itu.
“Baik! Sisa batang pohon tua adalah tempat terbaik untuk bersandar dan beristirahat. Duduklah sini bersamaku dan istirahatlah,” kata pohon apel. Laki-laki itu pun duduk bersandarkan pada batang pohon yang masih tersisa. Pohon apel pun menangis bahagia. Akhirnya mereka pun bersama lagi.

Matematika (3.1)

Setelah membaca dongeng Pohon Apel yang Tulus, Dayu ingin membantu ibu.
Dayu menyapu halaman rumah hingga bersih. Saat menyapu, Dayu mempunyai ide untuk mengumpulkan daun-daun kering.


Rencananya akan ia gunakan untuk belajar.
Setelah menyapu halaman, Dayu mengumpulkan daun-daun kering.
Dayu mengambil beberapa helai daun kering, lalu meletakkannya di sebuah kotak.
Ia mengambil lagi beberapa helai daun kering dan meletakkannya pada kotak yang lain.
Di kotak pertama ada 35 helai daun kering.
Di kotak kedua ada 15 helai daun kering.
Dayu menghitung semua daun kering.
35 + 15 = 50
Ternyata semua daun berjumlah 50 helai daun kering.

SBDP (3.2)

Hari Minggu Dayu pergi tamasya ke gunung.
Dayu pergi bersama orang tua dan saudara sepupunya. Di gunung ia banyak melihat pohon cemara.
Pernahkah kalian melihat pohon cemara?

Cemara memiliki banyak manfaat bagi manusia. Salah satunya kayu cemara digunakan untuk membuat perabot rumah tangga. Dayu dan sepupunya bernyanyi lagu Cemara selama di perjalanan.

Mari kita nyanyikan lagu cemara bersama-sama!


Agar lebih jelas silahkan simak lagu cemara di bawah ini!



https://www.youtube.com/watch?v=1tm1iQhy1JI

LATIHAN
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1. Siapa teman pohon apel?
...................................................................................
2. Apa yang dirasakan pohon apel saat bermain bersama temannya?
....................................................................................
3. Apa kebaikan yang diberikan pohon apel?
...................................................................................
4. Mengapa pohon apel merasa kesepian dan sedih?
....................................................................................
5. Di akhir cerita, mengapa pohon apel menangis?
.................................................................................

Masih dalam semangat hari kemerdekaan Republik Indonesia, ayo kirimkan foto atau video ucapan hari kemerdekan kalian dalam memperingati kemerdekaan Republik Indonesia, Ibu guru tunggu ya 😊😊

Dirgahayu Republik Indonesia "Merdeka"

Kamis, 12 Agustus 2021

PEMBELAJARAN JARAK JAUH
(PJJ)

Hari/Tanggal : Jumat / 13 Agustus 2021
Kelas : III
Tema 1 : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk hidup
Sub Tema 4 : Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan
Pembelajaran : 5 dan 6
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia (3.4 , 4.4), PPkN (3.4 , 4.4), PJOK (3.1 , 4.1)

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah,..
Semoga semua selalu dalam lindungan Allah SWT

Ayo anak ibu guru, segara mandi, sarapan, sholat dhuha serta murojaah yaa, setelah itu siapkan untuk belajar.

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda
selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!

Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF
apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah
mendapatkan bantuan!


Bahasa Indonesia (3.4)

Kegiatan merawat tanaman termasuk mencintai lingkungan. Merawat dan memelihara tanaman merupakan kewajiban kita terhadap lingkungan. Melalui kegiatan menanam, kita ikut serta menambah jumlah pohon. Semakin banyak pohon ditanam, semakin baik udara di sekitar kita.

Mencangkok

Tanaman Perkembangbiakan dapat melalui tunas dan umbi. Beberapa jenis tanaman juga dapat dikembangbiakkan dengan perkembangbiakan buatan. Perkembangbiakan buatan adalah perkembangbiakan tanaman dengan bantuan manusia. Perkembangbiakan buatan diantaranya dengan mencangkok, stek, dan menempel.



Mencangkok tanaman adalah cara paling murah dan mudah untuk mengembangbiakkan tanaman. Keuntungan mencangkok adalah tanaman tumbuh lebih cepat dari biasanya. Mutu tanaman biasanya lebih baik dari tanaman induknya. Kekurangan tanaman hasil cangkok adalah lebih mudah roboh. Tanaman yang berasal dari perkembangbiakkan dengan biji biasanya lebih kuat. Akar tanaman hasil mencangkok lebih rapuh.

Cara mencangkok tanaman bisa dilakukan dengan mudah.
Alat-alat dan bahan yang diperlukan adalah pisau, sabut kelapa/plastik, tali, dan sedikit tanah yang dicampur pupuk kandang. Langkah-langkah untuk melakukan pencangkokan yaitu:

Pilih cabang/dahan pohon dengan ukuran sedang.
Kupas dahan hingga bersih dari kulit dan lendir kira-kira sepanjang 5-9 cm.
Tutup luka pada dahan dengan tanah subur yang sudah dicampur dengan pupuk kandang.
Kemudian, bungkus tanah dengan sabut kelapa/plastik lalu diikat dengan tali.
Siram cangkokan setiap pagi dan sore. Biasanya akar akan tumbuh dalam waktu sekitar 1-2 bulan.
Setelah akarnya tumbuh banyak, potong cabang dari induknya. Kemudian, tanam di tempat yang teduh.

PKN (3.4)

Jajang dan teman-teman sedang berkunjung ke perkebunan jeruk. Perkebunan jeruk tersebut milik keluarga Jajang. Di sana mereka melihat banyak buah jeruk yang siap dipanen. Mereka sangat senang bermain di perkebunan. Pohonnya rendah namun berbuah banyak. Semuanya melalui proses pencangkokan.

Keluarga Jajang sangat rajin memelihara perkebunan. Setiap hari mereka bekerja sama menyiram dan mencabut rumput liar. Tak lupa juga memberi pupuk secara rutin. Jajang adalah anak yang patuh dan rajin membantu orang tua.

Demikian pembelajaran hari ini, silahkan kerjakan penilaian harian pada link di bawah ini!

Tema 1 subtema 4

https://forms.gle/Q7iShnqpGrZBhhwd6